Mobil matik
Mobil matik

Cegah Mobil Matik Mogok, Periksa Komponen Berikut Agar Berkendara Semakin Nyaman

14 Nov 2020 | 11:01 WIB

Penyebab mobil mogok bukan hanya perkara kehabisan bahan bakar. Mobil bisa mati mendadak karena berbagai hal. Setiap penyebab atau masalah pun bisa muncul karena berbagai faktor. Apapun itu, semuanya jelas mimpi buruk bagi seorang pengemudi.

Cegah Mobil Matik Mogok, Periksa Komponen Berikut

Untuk mengantisipasi peristiwa yang kerap bikin panik ini, sebaiknya rawatlah kendaraan Sahabat  dengan rutin dan hindari kebiasaan buruk yang berpotensi mengganggu kinerja atau performa kendaraan. Pelajari juga artikel berikut untuk menambah pengetahuan kamu tentang penyebab mobil mogok. Dengan demikian, jika mobil tiba-tiba berhenti di tengah perjalanan dan tidak mau dinyalakan, Sahabat sudah tahu apa yang harus dilakukan. 

Mobil Matik, Berbeda dengan Mobil Biasa

Menyetir mobil matik jelas berbeda dengan menyetir mobil manual. Dulu, mobil matik menjadi pilihan bagi lansia yang masih aktif menyetir karena lebih mudah pengoperasiannya. Tanpa perlu mengatur kopling untuk memindahkan transmisi, Anda hanya perlu mengatur pedal gas dan rem saat berkendara.

Cegah Mobil Matik Mogok, Periksa Komponen Berikut

Namun kini, tren mobil matik sudah merambah ke segala usia dan latar belakang. Selain tidak lelah ketika harus menyetir di tengah kemacetan, perawatan mobil matik juga cenderung lebih mudah. Namun, tetap saja ada kemungkinan mobil matik mogok kapanpun dan dimanapun.

Tune Up

Cegah Mobil Matik Mogok, Periksa Komponen Berikut

Tune up kendaraan sebaiknya dilakukan agar menyegarkan kondisi mesin mobil, agar nyaman dan aman ketika berkendaraan jauh. Jangan sampai kenyamanan dan keamanan berkendara terganggu karena performa mesin yang pincang, terutama pada saat melintasi jalanan yang tidak rata dan tanjakan.

Ganti Oli

Cegah Mobil Matik Mogok, Periksa Komponen Berikut

Ganti oli merupakan satu hal yang harus dilakukan bila tidak ingin mobil matik mogok. Salah satu alasannya adalah untuk mengurangi resiko overheating pada mesin. Kenaikan temperatur mesin kendaraan menjadi lebih lama apabila menggunakan oli yang baru. Semakin tinggi beban mesin kendaraan, semakin tinggi resiko mengalami overheating dan bisa membuat mobil matik mogok.

Suspensi Kendaraan

Dalam rangkaian mencegah mobil matik mogok selain mesin, suspensi kendaraan juga penting untuk diperhatikan ketika berkendara jauh. Karena saat melakukan perjalanan jarak jauh atau mudik, kendaraan sangat memerlukan suspensi yang bekerja dengan baik.

Cegah Mobil Matik Mogok, Periksa Komponen Berikut

Terutama bila kapasitas penumpang penuh, yang akan sangat membebankan suspensi, terutama suspensi belakang. Hal yang perlu diingat adalah suspensi belakang berfungsi untuk menahan berat kendaraan dan suspensi depan untuk pengendalian kendaraan, dan untuk mendapatkan stabilitas berkendara yang baik, kondisi suspensi harus benar-benar prima.

Ban

Cegah Mobil Matik Mogok, Periksa Komponen Berikut

Untuk memastikan kendaraan memiliki handling yang baik untuk berkendara jarak jauh, pastikan kendaraan telah melewati proses spooring dan balancing. Tekanan pada ban juga perlu diperhatikan, karena ban tidak hanya berfungsi untuk handling namun juga sebagai suspensi.

Rem

Cegah Mobil Matik Mogok, Periksa Komponen Berikut

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah rem. Rem merupakan hal yang sangat penting untuk keselamatan berkendara. Sahabat harus pastikan rem berfungsi dengan baik. Ganti minyak rem dengan yang baru, pastikan kondisi kampas rem, sistem caliper, sil dan master rem dalam kondisi baik. Sebaiknya gunakan minyak rem dengan DOT grade 4 karena memiliki daya cengkram yang lebih stabil untuk semua temperature. Tetapi selain minyak rem, kampas rem pun harus dalam kondisi baik, karena percuma punya rem dengan daya cengkram bagus tapi kampas remnya habis.

Perawatan Mobil Terlengkap Hanya di Garasi.id

Agar mobil matik kamu tetap optimal selama digunakan kamu bisa mendapatkan perawatan di Garasi.id. Apalagi di akhir tahun biasanya banyak yang merencakan untuk pergi berlibur jadi Sahabat harus mempersiapkan mobil yang kamu miliki dengan baik. Mulai dari persiapan kondisi mesin mobil, ban, kebersihan interior agar semakin nyaman dan tentunya eksterior agar tampilan mobilmu tetap optimal.

Selain itu, buat Sahabat yang ingin membeli mobil untuk berlibur atau kebutuhan hari-hari, Sahabat bisa cari di Garasi.id. Karena di Garasi.id Sahabat bisa membeli Mobil Pilihan dengan Kredit Kilat dan dapatkan DP hanya 25%, pada saat promo #RayakanPerjuangan periode waktu 1 Oktober - 15 November 2020. Tidak hanya DP 25%, pada promo #RayakanPerjuangan ini Sahabat juga bisa mendapatkan benefit lainnya seperti gratis Voucher Fogging dan juga Proteksi Kemerdekaan dari BCAinsurance.

4 Pilihan Mobil Keluarga Yang Harganya Pas Di Kantong

Mobil Pilihan

Mencari mobil bekas berkualitas memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar apalagi itu dilakukan seorang diri. Dengan adanya Mobil Pilihan Garasi.id pastinya akan membantu kamu untuk menghemat waktu. Karena Mobil Pilihan Garasi.id adalah koleksi mobil yang mempunyai kualitas terbaik seperti halnya usia mobil muda, kilometer rendah, Inspeksi menyeluruh, dan juga bebas banjir dan bebas tabrakan. 

Kredit Kilat

Dengan fitur ini kamu bisa mengajukan pembiayaan kredit mobil lebih mudah. Hebatnya lagi, kamu hanya memerlukan waktu kurang dari 2 menit untuk bisa mengetahui kredit kamu memenuhi kriteria atau tidak. Dengan keunggulan tersebut, Garasi.id menjadi satu-satunya marketplace jual beli mobil bekas yang berani memberikan kredit mobil tercepat.

Bagaimana Sahabat, tenang dan mudah bukan membeli mobil bekas di Garasi.id. Tunggu apalagi, segera temukan mobil idaman kamu di Garasi.id melalui promo Rayakan Perjuangan dan dapatkan mobil bekas berkualitas dengan DP 25%. Untuk informasi lebih lanjut Sahabat juga bisa hubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di [email protected]

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 16 Nov 2020 | 09:10 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelibaukabinkopicukabakingsodatipstrikotomotifperawatan