VW Indonesia
Koleksi Mobil Volkswagen

Mengenal Mobil VW Hingga Ke Designernya Asal Indonesia

26 Agt 2020 | 15:22 WIB

Salah satu mobil buatan Jerman yang sudah terkenal di berbagai negara, Volkswagen atau lebih dikenal dengan VW. Didirikan oleh Serikat Buruh Jerman (Deutche Arbeitsfront) pada tahun 1937. Desain mobil yang satu ini memang terkenal unik, hal tersebut membuat VW memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap orang.

Tahukah Sahabat, Volkswagen pernah dinobatkan sebagai World Car of The Year 2012 pada New York International Auto Show. Mungkin bukan berita besar bagi Sahabat. Namun, tahukah Sahabat ada orang Indonesia di balik model-model mobil Volkswagen (VW)?

Adalah Christian Lesmana yang menjadi satu dari tiga perancang VW Up. Namanya melejit karena dia berasal dari Indonesia. Melansir Astralife, desainnya VW Up berhasil menyisihkan 34 mobil lainnya hingga akhirnya menyabet penghargaan tersebut.

Chris Lesmana, Desainer VW Terbaik dari Indonesia

Chris Lesmana, Desainer VW Terbaik dari Indonesia

Membanggakannya lagi, VW Up bukanlah satu-satunya mobil yang Chris rancang. Pria asal Bandung itu juga merancang VW New Beetle 2011 yang dijuluki The Beetle. Ceritanya, Chris adalah penggemar mobil VW sejak masih berusia remaja. Kegemarannya ini berawal dari ayahnya Tony Lesmana yang juga penggemar mobil VW.

Bahkan dia memiliki bengkel las mobil di Bandung. Saat Chris berusia 17 tahun, Tony memberikan hadiah mobil VW hitam seri 1303 yang membuat Chris getol mengoleksi Volkswagen. Mobil VW kodok itu lah yang menjadi eksperimen pertamanya. Chris mengoprek tampilan mobil VW kodok tersebut. Dia merubah interior dan mengecat ulang eksterior. Kemampuannya ini juga dia pelajari dari sang Ayah.

Siapa sangka, impian Chris menjadi desainer mobil sejak kecil tercapai. Chris rela melepas kuliahnya di jurusan desain produk Institut Teknologi Bandung (1988-1991) untuk mengejar cita-citanya.

Chris meninggalkan kuliahnya di ITB untuk belajar bahasa Jerman agar bisa sekolah di Sekolah Tinggi Desain Fakultas Desain Industri jurusan desain transportasi di Pforzheim, Jerman.

Saat semester 6 di Pforzheim, Chris praktik selama 6 bulan di pabrik Volkswagen, di Wolfsburg. Karena puas dengan hasil kerja Chris, VW pun menawari pria yang pernah praktek di pabrik Audi selama dua bulan itu untuk perpanjangan masa praktik selama satu semester lagi dan menyelesaikan jenjang diplomingenieur atau setingkat master.

Mengenal Mobil VW Hingga Ke Designernya Asal Indonesia

Setelahnya, manajemen VW menawari Chris bergabung. Tahun 1997, Chris resmi menjadi karyawan VW. Tahun 2007, Chris bersama tim, Boris Grell perancang interior asal Slovakia dan Susanne Garken asal Jerman yang merupakan perancang warna mobil, terpilih untuk mendesain The Beetle.

Mereka mengalahkan tujuh proposal lainnya. "Pokoknya mobil ini mesti kelihatan cool," kata Chris dalam wawancara dengan majalah intern VW, Magazine 02.8.

Hasilnya? Patut untuk dikagumi. Mobil VW yang bergaya retro tersebut menjadi bintang di lantai pameran Auto Show Frankfurt dan di The Beetle Premiere berlin pada 2011. Kini Chris bekerja di VW selama 40 jam seminggu dengan waktu istirahat selama 45 menit setiap harinya. Chris juga masih menyimpan VW seri lama, yakni 1962, 1967, dan 1971.

Memang luar biasa desainer mobil VW asal Indonesia, tidak hanya mobil VW Beetle, bila ditelaah lagi kamu para pecinta mobil VW pasti setuju bila rata-rata desain dan performa mobil VW itu jempolan.

Mengenal Mobil VW Hingga Ke Designernya Asal Indonesia

Nah bila Sahabat tertarik untuk meminang mobil asal Jerman ini, tidak usah jauh-jauh ke Jerman. Sahabat cukup buka Garasi.id dari Aplikasi atau website dan cari di Koleksi Mobil Volkswagen. Sahabat bisa menentukan mobil VW seperti apa yang mau dibeli, VW Polo, VW Golf, VW Tiguan, VW Beetle, Scirocco, Caravelle, dan masih banyak lagi. Yuk buruan Sahabat temukan mobil Volkswagen idaman di Garasi.id, untuk info lebih lanjut Sahabat bisa hubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di [email protected].

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 26 Agt 2020 | 15:22 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilvvkoleksimobilvolkswagengarasiidotomotifjualbelimobilbekas
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family