Asap knalpot mobil mencirikan kondisi mesin mobil
Asap knalpot mobil mencirikan kondisi mesin mobil

Asap Knalpot Mobil Warna Hitam atau Putih? Kenali Penyebabnya

29 Mei 2020 | 16:41 WIB

Halo Sahabat Garasi, kali ini kita akan membahas sedikit mengenai mendeteksi kerusakan mesin mobil hanya dengan melihat warna asap knalpot mobil yang keluar. Pernahkah kalian melihat ada kendaraan yang mengeluarkan asap knalpot yang berwarna hitam, putih, biru atau abu. Hal tersebut terjadi karena terjadi pembakaran yang tidak sempurna di bagian mesin sehingga menyebabkan mobil mengeluarkan asap knalpot yang tidak wajar.

Asap Knalpot Mobil Warna Hitam atau Putih? Kenali Penyebabnya

Selain mengeluarkan warna asap knalpot yang tidak wajar, kamu juga bisa mencium bau asap knalpot yang terlalu menyengat. Berbeda dengan kerusakan komponen lainnya yang bisa dengan mudah untuk direparasi, asap knalpot mobil yang berwarna mengindikasikan adanya kerusakan pada komponen mesin bagian dalam. Nah, apa saja sih indikasi kerusakan komponen mesin jika dilihat dari warna asap mobil? Yuk simak di bawah ini.

Asap knalpot mobil hitam 

Jangan samakan kerusakan mesin mobil dengan asap yang dikeluarkan oleh mobil mesin diesel ya Sahabat. Jika terjadi kerusakan pada mesin dan asap knalpot mobil tampak hitam pekat itu mengindikasikan bahwa mobil mengalami masalah pada sistem pembakarannya. Bahan bakar yang bersirkulasi di ruang pembakaran terlalu banyak sehingga banyak yang tidak terbakar sempurna. Alhasil, asap knalpot mobil berwarna hitam. 

Asap Knalpot Mobil Warna Hitam atau Putih? Kenali Penyebabnya

Selain itu, asap knalpot mobil hitam pun dapat mengindikasikan permasalahan pada saringan udara, injektor, karburator atau mesin mengalami kebocoran kompresi. Untuk itu, segera atasi permasalahan ini dengan membawa mobil sesegera mungkin ke bengkel untuk menghindari kerusakan komponen lainnya.

Asap knalpot mobil putih

Selain asap knalpot mobil hitam, kerap kali ditemukan mobil yang mengeluarkan asap berwarna putih. Untuk gejala seperti ini, ada 2 indikasi yang bisa diketahui sesuai dengan ketebalan asapnya.

Asap Knalpot Mobil Warna Hitam atau Putih? Kenali Penyebabnya

Jika asap knalpot mobil putih yang tampak tipis, permasalahan ada pada bagian kondensasi dalam kanal knalpot. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kerusakan tersebut bukanlah hal yang terlalu serius. Berbeda dengan asap knalpot mobil berwarna putih yang keluar cukup pekat dan tebal. Hal itu mengindikasikan ada oli yang ikut terbawa masuk ke ruang pembakaran dimana yang seharusnya hanya bahan bakar yang dibakar di ruang pembakaran mesin. 

Warna asap knalpot mobil abu

Mobil yang dalam kondisi baik tentu tidak akan mengeluarkan asap knalpot yang berwarna. Jika ditemukan kendaraan yang mengeluarkan asap knalpot mobil abu-abu berarti ada sesuatu yang salah dengan mobil tersebut.

Asap Knalpot Mobil Warna Hitam atau Putih? Kenali Penyebabnya

Dikutip situs Suzuki.co.id, asap knalpot mobil abu-abu yang keluar dari knalpot mobil khususnya mobil bertransmisi matik, mengindikasikan adanya kerusakan pada oli transmisi. Bisa jadi jumlah oli di dalam tangki berlebih atau mengalami rembes sehingga oli di dalam sistem transmisinya berkurang. 

Sementara itu pada mobil pada umumnya, warna asap knalpot mobil abu-abu menandakan adanya kerusakan pada katup positive crankcase ventilation (PCV). Katup tersebut bisa jadi mengalami kemacetan sehingga uap dan gas yang masuk dari ruang mesin tak dapat terkontrol.

Warna asap knalpot mobil biru

Asap Knalpot Mobil Warna Hitam atau Putih? Kenali Penyebabnya

Ternyata asap knalpot mobil tidak hanya berwarna putih, abu-abu, dan juga hitam. Ada pula asap knalpot mobil yang berwarna kebiru-biruan. Hal ini ternyata menandakan bahwa ada oli yang ikut terbakar di dalam mobil mesin Sahabat. Namun untuk warna asap knalpot biru, biasanya terjadi pada mesin mobil yang menggunakan turbo. Hal tersebut bisa menjadi indikasi bahwa terjadi kerusakan pada ring piston yang sudah aus, blower turbo yang sudah lama, hingga gasket yang sudah kadaluarsa.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 29 Mei 2020 | 16:41 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasasapknalpotngebulberbahayaracuntipstrikhilangkanhitam