Coating Mobil Mencegah Warna Cat Mobil Kusam Dan Pudar
Coating Mobil Mencegah Warna Cat Mobil Kusam Dan Pudar

Coating Mobil dan Manfaatnya

12 Mei 2023 | 09:17 WIB

Coating merupakan salah satu perawatan bodi mobil yang fungsi utamanya sebagai proteksi cat mobil dari baret-baret halus sekaligus dapat menciptakan water repellent atau efek seperti daun talas. Material yang digunakan pada lapisan coating ini menggunakan bahan silika yang juga dipakai sebagai bahan dasar kaca dalam wujud cairan bening. Semakin tinggi angkanya, maka semakin kuat proteksi lapisan coating dalam menahan baret harus, jamur, maupun sinar UV.


Manfaat Nano Ceramic

Menerapkan lapisan seperti nano ceramic adalah cara yang baik untuk melindungi cat kendaraan Sahabat dari zat berbahaya yang dapat merusaknya dan menyebabkan oksidasi, korosi, dan akhirnya menimbulkan karat. Nah ini dia, beberapa manfaat dari pemberian nano ceramic pada mobil Sahabat.


Aplikasikan Coating Untuk Perlindungan Mobil

Aplikasikan Coating Untuk Perlindungan Mobil


Memblokir Noda Kimia

Noda kimia tidak sedap dipandang dan cukup sulit untuk dihilangkan dari permukaan cat seperti kotoran burung atau hewan . Dengan tambahan lapisan nano ceramic, noda mobil Sahabat dari kotoran dapat dengan mudah dihilangkan.


Mengurangi Kerusakan & Oksidasi UV

Mencegah kerusakan akibat sinar UV dan oksidasi dini adalah pelapis keramik roti dan mentega. Lapisan ini secara khusus dibuat untuk memantulkan sinar ultraviolet dan memungkinkan mantel terlihat lebih baik dan tetap terlindungi dengan lebih baik dari sinar matahari yang keras.


Meningkatkan Kemampuan Membersihkan

Dengan tambahan lapisan nano-ceramic pada kendaraan, akan menambahkan efek super hidrofobik dari pengurangan waktu pembersihan. Berkat hasil akhir hidrofobik yang sangat mengkilap dari formulasi nanopartikel keramik , kotoran dan kotoran dengan mudah terangkat dari permukaan dan terlindungi  daripada permukaan yang tidak dilapisi nano coating. 


Trend Body Coating Mobil

Trend Body Coating Mobil

Tingkat kekerasan nano ceramic coating

Tingkat kekerasan sebenarnya tidak ditentukan dengan jumlah banyaknya layer atau lapisan coating, tetapi ditentukan oleh kualitas produk tersebut, beberapa produk nano ceramic mencantumkan tingkat kekerasan dalam satuan H (hardness) seperti 6H,7H,8H,9H dan 10H.
semakin tinggi tingkat kekerasan atau "H" suatu produk, maka semakin baik memberikan proteksi perlindungan cat kendaraan kalian terhadap, bercak jamur, sinar ultraviolet yang berasal dari matahari, hujan asam, debu dan kotoran jalanan.

Mungkin ada beberapa produk yang dengan 1 layer saja sudah cukup untuk melindungi seluruh permukaan cat kendaraan karena dari produsennya mampu menjamin kekerasan 10 H (setara berlian), ada pula yang membutuhkan 2, atau 3 layer untuk menyempurnakan hasil karena hanya 8 H, atau 9H, namun disatu sisi terkadang apabila kita hanya mengutamakan kekerasan (hardness) saja tetapi kemampuan untuk mengeluarkan warna asli cat dasar dan kilau mutiara kurang maksimal, yah sama saja atau bahkan karena salah mencampurkan bahan coating menyebabkan mobil bukan nya malah glowing, tetapi malah kusam, dan kekuning-kuningan.

Coating Mobil Solusi Alternatif Agar Tampilan Warna Cat Mobil agar Tampak Bening
Coating Mobil Solusi Alternatif Agar Tampilan Warna Cat Mobil agar Tampak Bening

Oleh karena itu diperlukan formula yang bagus untuk dapat mencapai hasil yang maksimal agar durabilitas dan performa tinggi, efek glowing dan hydrophobic tetap keluar.

Selain itu, Nano ceramic coating juga memberikan perlindungan terhadap goresan ringan (kuku), meminimalisir bahaya oksidasi dari dalam cat yang dapat menyebabkan karat, perlindungan terhadap uap garam, maupun material kimia yang bersifat korosif, tidak semua bahan memiliki kemampuan tersebut, hanya beberapa yang melalui penelitian selama bertahun-tahun yang dapat membuat formula khusus tersebut.

Tabel Skala Kekerasan Pada Material

Tabel Skala Kekerasan Pada Material

Untuk membantu mengukur standar tingkat kekerasan suatu material diperlukan alat ukur kekerasan atau biasa disebut Hardness tester, agar kita dapat mengetahui mutu dan kualitas produk yang kita gunakan.


Nah itu tadi pembahasan tentang nano ceramic yang bisa diketahui. Jika Sahabat Garasi berminat untuk melakukan perawatan coating atau detailing bisa klik di link ini atau bisa cek ke www.garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 12 Mei 2023 | 09:17 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifcoatingmanfaatcoatingperawatanmobilbodimobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family