Efek Nyata Sering Mencampur BBM
Efek Nyata Sering Mencampur BBM

Dampak Negatif Mencampur BBM Pada Mobil

24 Okt 2023 | 13:05 WIB

Menggunakan jenis BBM yang berbeda-beda pada mobil bukanlah hal yang sepele. Selain berefek negatif terhadap performa mesin, mencampur bensin sembarangan dapat mengurangi tenaga yang dihasilkan oleh mobil.


Ketidaktahuan pemilik mobil mencampur bensin, biasanya tak jarang membawa petaka. Ini penting Sahabat, mencampur BBM merupakan praktik yang harus dihindari dan bahkan sama sekali tidak disarankan. Karena ada berbagai dampak negatif yang mungkin muncul setelah kamu sering mencampur BBM. 


Gunakan BBM Sesuai Jenis Mobil

Gunakan BBM Sesuai Jenis Mobil


Bagaimana, Sahabat pernah tanpa disadari mencampur BBM untuk mobil kesayangan? Hal ini sebaiknya menjadi perhatian dan pertimbangan kamu ya. Berbagai dampak negatif bisa timbul bermacam-macam, mulai dari dampak pada lingkungan, kesehatan, hingga mesin mobil. Apa saja dampaknya? Yuk, pelajari di bawah ini.


  • Sistem Bahan Bakar Terganggu

BBM biasanya mengandung deterjen yang bermanfaat dalam membersihkan kerak dan deposit. Jika BBM dicampur, justru deterjen tidak dapat bekerja secara semestinya. Jadi, kinerja mesin bahan bakar juga tidak maksimal. Biasanya, sistem bahan bakar yang akan terganggu akibat bagian pompa BBM terdapat banyaknya kerak dan deposit akan membuat pompa tersebut macet. 


  • Kerusakan Mesin  

Ada beberapa mesin kendaraan yang bahan dasarnya adalah logam seperti katup dan piston. Campuran BBM dapat mengakibatkan terjadinya korosi logam pada komponen-komponen tersebut. Apabila katup dan piston berkarat atau mengalami masalah lain, suhu dan tekanan dalam mesin akan meningkat.


Mencampurkan BBM Berbahaya Untuk Mesin Mobil

Mencampurkan BBM Berbahaya Untuk Mesin Mobil


Kalau sudah parah, proses pembakaran pada katup dan piston tersebut tidak akan berjalan dengan baik dan bisa saja tiba-tiba rusak. Tidak hanya itu saja Sahabat, masih ada beberapa komponen mesin lain yang terbuat dari logam sehingga bisa memicu risiko kerusakan dan gangguan di bagian komponen lain.


  • Performa Mobil Menurun

Mulai dari kerusakan sistem hingga mesin tentunya pencampuran BBM akan membawa dampak yang berkelanjutan pada performa kendaraan. Akibatnya, pembakaran yang tidak optimal pada mesin akan menurunkan daya mesin. Jika daya mesin tidak optimal, performa kontrol kecepatan dan respons kendaraan juga akan menurun. Padahal, optimasi performa ini sangat dibutuhkan saat Sahabat sedang berada di jalan yang menanjak.


  • Katalisator Rusak

Selain itu, biasanya kendaraan memiliki komponen katalisator. Komponen satu ini dapat mengurangi emisi gas berbahaya yang akan dihasilkan mesin. Zat tambahan yang muncul dari pencampuran BBM dapat mencemari katalisator. Jika katalisator sampai mengalami kerusakan akibat pencemaran tersebut, mesin mobil kesayangan Sahabat dapat menghasilkan emisi gas berbahaya.


Sensor Dapat Mendeteksi Adanya BBM Yang Tidak Sesuai

Sensor Dapat Mendeteksi Adanya BBM Yang Tidak Sesuai


  • Penurunan Efisiensi Bahan Bakar

Banyak orang yang mencampur BBM karena alasan lebih hemat. Padahal, saat mesin pembakaran BBM sudah tidak dapat bekerja optimal, efisiensi bahan bakar juga akan menurun. Jadi, bukannya lebih hemat, justru mesin akan memakan lebih banyak BBM. Hal ini juga disebabkan oleh sifat fisik BBM seperti viskositas dan densitas. Jika sifat ini mengalami perubahan, aliran bahan bakar juga bisa terganggu. 


  • Gangguan kesehatan

Jika Sahabat simak sebelumnya, oplosan BBM dapat menimbulkan gas berbahaya. Nah, gas berbahaya ini biasanya meliputi kandungan karbon monoksida (CO) atau nitrogen oksida (NOx). Kandungan berbahaya tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan dan cukup rentan sehingga dapat menimbulkan gangguan saluran pernapasan, efek toksik dan karsinogenik, efek kesehatan mata, dan ancaman kesehatan pada anak-anak dan lansia.


Polusi Bisa Mengganggu Kesehatan

Polusi Bisa Mengganggu Kesehatan


  • Pencemaran lingkungan

Selain memiliki dampak pada kesehatan tubuh, gas-gas berbahaya yang dihasilkan juga dapat menyebabkan efek negatif pada lingkungan seperti polusi. Polusi yang berlebihan dapat menimbulkan dampak yang serius pada pemanasan global karena adanya peningkatan emisi gas rumah kaca. Selain itu, efek tersebut akan semakin riskan jika Sahabat tidak sengaja menumpahkan hasil oplos BBM tersebut karena campuran BBM juga dapat mencemari air dan tanah. 


Dampak negatif mencampur BBM menunjukkan bahwa larangan oplos BBM bukan hal yang tidak mendasar. Dengan mengikuti aturan yang ada, maka Sahabat turut mencegah hal-hal yang tidak diinginkan mulai dari pencegahan kerusakan mesin, menjaga kesehatan, dan turut mengurangi pencemaran lingkungan.


Dampak Negatif Mencampur BBM Pada Mobil


Supaya mesin mobil kesayangan Sahabat bisa lebih optimal lagi, kamu juga perlu layanan jasa servis mobil yang berkualitas. Kamu bisa kunjungi www.Garasi.id dan nikmati promo Sumpah Pemuda yang berikan diskon hingga 80% untuk layanan jasa perawatan mobil, ganti oli, servis AC, cuci mobil serta spooring & Balancing.



Jika Sahabat mengalami kendala, kamu bisa hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id. Rawat mobil dengan baik dan dia tidak akan pernah memberikan satu masalah pun setelahnya. Selamat merawat mobil kesayangan Sahabat Garasi.id!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 24 Okt 2023 | 13:12 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstrikbensinmobilbbmdampaknegatifsistembahanbakarmesinrusakefisiensibahanbakarperawatanmesin
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family