Bisa Berbahaya, Ini Dia Penyebab Oli Rembes ke Mesin
Bisa Berbahaya, Ini Dia Penyebab Oli Rembes ke Mesin

Dampak Oli Mobil Rembes yang Perlu Diperhatikan

14 Sep 2023 | 23:57 WIB

Oli mobil memegang peranan penting dalam mekanisme pelumasan yang baik agar mesin bisa bekerja tanpa terganggu oleh gesekan dan membantu meminimalisir korosi. Saat kamu berkendara di jalanan yang rusak, ada kemungkinan terjadi kebocoran dan oli rembes dari blok mesin mobil.


Sahabat sebagai pemilik kendaraan harus mengetahui apa saja kemungkinan yang menyebabkan oli mobil rembes, pahami juga bagaimana cara mengatasinya. Oleh karena itu, pemeriksaan menyeluruh sangat penting dilakukan supaya mobil kesayangan kamu bisa digunakan dengan baik.


Jika mobil Sahabat mengalami oli yang merembes biasanya memiliki beberapa penyebab dan tidak sedikit memberikan dampak buruk terhadap komponen lainnya. Lalu, apa saja penyebab oli mesin bisa rembes? kamu bisa mengetahuinya dengan cara dibawah ini.


Bisa Berbahaya Jika Oli Rembes ke Mesin

Bisa Berbahaya Jika Oli Rembes ke Mesin


1. Kerusakan Klep Mesin

Saat ingin membawa mobil kesayangan berkendara lalu merasakan lemahnya tarikan mesin mobil. Kemungkinan besar telah terjadi kerusakan pada pada seal klep mesin. Untuk memastikan apakah benar klep mesin rusak, Kamu bisa melihatnya dari sisi ujung knalpot. Apabila oli merembes, bisa dipastikan bahwa seal klep mesin rusak. 


2. Robeknya Seal Gearbox

Oli yang merembes pada area bawah radiator mesin mobil menjadi pertanda bahwa seal gearbox robek. Suara mesin mobil yang mulai berisik saat dinyalakan juga bisa menjadi peringatan bagi Sahabat untuk langsung membawa mobil ke bengkel. Apabila hal ini terjadi, jangan lagi menunda melakukan servis supaya tidak ada kerusakan berlanjut pada komponen yang lainnya.


Segera Ganti Suku Cadang Mobil Yang Asli

Segera Ganti Suku Cadang Mobil Dengan Yang Asli


3. Kerusakan Pada Crank Self

Apabila kalian melihat adanya kebocoran di sekitar area radiator, maka oli yang merembes disebabkan karena adanya kebocoran di bagian seal crankshaft. Selain itu akan terlihat bahwa oli akan merembes dari arah depan hingga bagian belakang kolong mesin mobil. Kebocoran seal crankshaft adalah alasan mengapa Sahabat perlu membawa mobil ke bengkel untuk di servis. Ini terjadi karena seal crankshaft sudah terlalu lama dipakai tanpa dilakukan pengecekan yang layak. 


4. Kebocoran Pada Oli Gardan

Perembesan yang terlihat dari arah belakang mesin mobil atau wheel drive menandakan bahwa adanya kebocoran pada oli gardan. Kebocoran pada bagian ini umumnya hampir tidak pernah terjadi, namun bisa saja terjadi karena baut pengisian yang tidak tertutup rapat. 


5. Kerusakan Seal Kompresor

Terakhir, oli yang merembes dari arah depan mesin mobil hingga ke bagian belakang, ini menandakan adanya kerusakan pada seal kompresor. Seal kompresor yang rusak tidak hanya berpengaruh pada oli, tetapi juga kinerja pendingin pada kabin mobil atau AC mobil.


Oli Rembes Bisa Menimbulkan Kerusakan Yang Parah di Dalam Mesin

Oli Rembes Bisa Menimbulkan Kerusakan Yang Parah di Dalam Mesin


Setelah mengetahui penyebabnya, merembesnya oli mobil dapat memberi dampak yang serius apabila dibiarkan terus menerus. Akan timbul masalah lagi yang perlu perhatian khusus. Berikut ini adalah dampak oli mobil rembes yang perlu diperhatikan.


  • Merusak Komponen Lain

Oli mobil memiliki fungsi yang sangat penting untuk melumasi dan mendinginkan bagian-bagian mesin mobil. Jika terjadi kebocoran atau rembesan pada sistem oli mobil, maka dapat mengakibatkan penurunan kualitas pelumasan pada mesin.


Hal ini dapat mempercepat ausnya komponen mesin seperti piston, ring piston, dan bearing. Dalam jangka waktu lama, komponen mesin mobil akan menjadi lebih cepat rusak.


Segera Bersihkan SIsa Genangan Cairan Oli

Segera Bersihkan SIsa Genangan Cairan Oli


  • Menurunkan Performa Mobil

Kebocoran atau masalah oli mobil rembes juga dapat mempengaruhi performa mobil secara keseluruhan. Pasalnya, oli yang berkurang dapat membuat mesin mobil overheat dan mengalami kerusakan


Selain itu, berkurangnya oli akibat kebocoran juga dapat membuat transmisi mobil terganggu, sehingga mobil tidak dapat berakselerasi dengan baik dan mengalami penurunan tenaga.


  • Mencemari Lingkungan Sekitar

Terakhir, oli mobil yang bocor dan merembes juga dapat berdampak ke lingkungan. Misalnya yaitu mengotori jalan, area parkir, atau mencemari lingkungan sekitar seperti tanah dan perairan di sekitarnya.


Itulah Sahabat, penyebab oli rembes dari blok mesin mobil. Apabila kamu melihat adanya cairan oli pada kolong mobil, ini sudah jadi pertanda bahwa ada sesuatu yang salah dari mesin mobil. 


Dampak Oli Mobil Rembes yang Perlu Diperhatikan


Untuk menghindari berbagai dampak di atas, sangat penting untuk selalu melakukan perawatan dan pengecekan rutin. Sahabat bisa melakukan booking servis secara mobile via website di www.Garasi.id untuk melakukan perawatan mobil di bengkel terpercaya.


Kamu bisa nikmati promo terbaik servis berkala September Petir Promo Melintir berikan diskon hingga 250ribu. Sikat juga promo potongan harga lainnya yang cocok untuk mobil kesayangan kamu. Informasi lengkap silahkan hubungi Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 15 Sep 2023 | 10:07 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifgantioliolibocorolirembesperawatanmobilservisberkalaSolusipuasberkualitas
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family