Mobil station wagon adalah mobil sedan yang atapnya ditarik ke belakang
Mobil station wagon adalah mobil sedan yang atapnya ditarik ke belakang

Deretan Mobil Station Wagon yang Banyak Dicari Kolektor

20 Agt 2019 | 12:01 WIB
BAGIKAN

Pernahkah kalian mendengar jenis mobil station wagon? Jenis mobil yang satu ini memang tidak pernah salah dalam memikat mata dan hati bagi para pecinta mobil sejati. Bisa dibilang mobil station wagon di Indonesia sangat populer, bahkan saking populernya mobil station wagon hingga kini punya banderol yang cukup mahal.

Mobil station wagon merupakan mobil sedan dengan atap yang bagian belakangnya diperpanjang hingga bagasi. Kenapa model ini menjadi incaran bagi para penggila otomotif? Alasan pertama adalah jumlahnya yang tak banyak. Seringkali produsen otomotif membuat versi station wagon sebagai edisi spesial maupun edisi touring. Di benua Eropa mobil ini menjadi mobil yang kerap digunakan untuk menempuh perjalanan jauh karena punya bagasi besar.

Jumlahnya yang sedikit membuat mobil ini menjadi barang langka, alasan itulah yang membuat station wagon punya harga mahal. Sebenarnya station wagon sendiri sudah ada sejak tahun 1950-an. Chevrolet, Buick, Chrysler dan beberapa produsen Amerika lainnya adalah salah satu trendsetter station wagon di dunia.

Di Indonesia sendiri, mobil station wagon dibanderol cukup mahal. BMW e30 wagon misalnya. Model ini pernah terjual hampir Rp 1 miliar di salah satu ajang BMW yang pernah digelar. Namun, tak semua edisi station wagon punya banderol yang mahal. Nah, berikut sederet mobil-mobil station wagon yang hingga kini masih digemari para penggila otomotif. 

Mazda Vantrend

Mobil berjenis station wagon sendiri mulai booming di Indonesia berawal dari Mazda Vantrend yang muncul di tahun 1993. Seiring dengan perkembangan teknologi dan desain, Mazda akhirnya meluncurkan Mazda 6 Estate sebagai mobil station wagon andalannya.

Deretan Mobil Station Wagon yang Banyak Dicari Kolektor

Masalah desain, sepertinya Sahabat tidak perlu ragu, tampilan mobil station wagon yang mewah dibalut dengan warna andalan soul red membuat Mazda 6 Estate bisa dikatakan mobil station wagon masa kini. Namun, untuk mendapatkan mobil ini Sahabat membutuhkan biaya yang tidak sedikit, kamu membutuhkan biaya sebesar 554 jutaan.

Deretan Mobil Station Wagon yang Banyak Dicari Kolektor

Mercedes Benz E-Class

Mercedes Benz E-Class adalah salah satu mobil mewah yang menjadi pilihan banyak orang karena kesan mewah dan kualitas yang sangat mumpuni. C-Class dalam Mercedes Benz meliputi sedan, coupe dan estate atau station wagon ini. 

Deretan Mobil Station Wagon yang Banyak Dicari Kolektor

Mobil ini memiliki kemewahan dan kenyamanan khas Mercedes Benz, dengan fitur mumpuni seperti pengatur mode berkendara hingga mesin berkapasitas 1.991 cc. Mobil yang diperuntukan untuk kelas atas ini dibanderol dengan harga bekas Rp 600 jutaan hingga Rp 800 jutaan sedangkan harga barunya mencapai Rp 1,4 M. Wah, ngeri-ngeri sedap ya harganya!

Mini Clubman Estate

Salah satu mobil yang menjadi favorit banyak orang di Indonesia adalah Mini Cooper. Banyak sekali orang yang menjadikan Mini Cooper sebagai mobil impian karena desain menarik dan kepopulerannya. Kali ini Mini juga memiliki varian station wagon yang berseri Clubman Estate.

Deretan Mobil Station Wagon yang Banyak Dicari Kolektor

Ada dua seri dari mobil ini yaitu Mini S Clubman dan Mini Clubman, perbedaannya adalah dari hal mesin. Mini S Clubman mengusung mesin berkapasitas 2.000 cc dengan 4 silinder sedangkan Mini Clubman memiliki kapasitas mesin 1.500 cc dengan 3 silinder.

Deretan Mobil Station Wagon yang Banyak Dicari Kolektor

Untuk desain eksterior dan interior tak perlu diragukan lagi, karena Mini Clubman menyajikan desain funky dan retro bagi para penggemarnya. Harga baru Mini Clubman ini mulai Rp 680 jutaan hingga Rp 850 jutaan lho.

Chevrolet Estate

Salah satu merek Amerika yang pernah meramaikan pasar Indonesia hingga kini pun masih cukup banyak berseliweran di jalanan Indonesia yaitu Chevrolet. Versi Estate dari Chevrolet ini harga bekasnya sudah murah yaitu sekitar Rp 65 jutaan hingga Rp 85 jutaan aja untuk keluaran tahun 2007 hingga 2009.

Deretan Mobil Station Wagon yang Banyak Dicari Kolektor

Mobil ini bisa kamu pilih sebagai mobil keluarga dengan desain ala station wagon yang menarik. Desain Chevrolet Estate ini basisnya berasal dari sedan Chevrolet Optra. Dengan mesin 1.600 cc dan fitur seperti airbag, power steering, tilt steering hingga bagasi yang luas, mobil ini layak kamu pertimbangkan.

BMW E30 Touring

Mobil dengan desain station wagon atau touring yang menjadi incaran bagi pecinta otomotif di Indonesia. BMW E30 versi wagon juga menjadi salah satu model yang cukup diincar. Selain memiliki desain yang cukup aneh, BMW E30 versi touring ini juga mempunyai banderol cukup mahal. Di mata kolektor, BMW E30 versi wagon ini menjadi kelebihan tersendiri.

Deretan Mobil Station Wagon yang Banyak Dicari Kolektor

Foto: Internet

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 20 Agt 2019 | 12:01 WIB
BAGIKAN