Kaca film mobil
Kaca Film Mobil 3m

Ini Manfaat Kaca Film Mobil Yang Belum Kamu Tahu

09 Okt 2019 | 16:29 WIB
BAGIKAN

Hampir bisa dipastikan, saat ini kaca mobil dilapisi dengan film. Tapi, tak jarang pemilik mobil belum mengenal fungsi film tersebut. Umumnya mereka memasang kaca film mobil hanya agar mobilnya terlihat keren.

Nah, sebenarnya apa si fungsi kaca film mobil itu Sahabat Garasi? Kali ini Garasi.id akan menjelaskan fungsinya berdasarkan informasi yang diberikan pakarnya. Kaca film mobil itu bahwasannya ada tiga fungsi.

Ini Manfaat Kaca Film Mobil Yang Belum Kamu Tahu

"Fungsi utamanya untuk penahan panas, tapi tidak menahan panas secara full sih. Jadi, mengurangi hawa panas dari luar yang masuk ke dalam kabin. Kedua, agar isi dari mobil itu tidak terlalu kelihatan, jadinya tidak mengundang kriminal juga kan. Ketiga, tentu saja untuk gaya," Ucapnya, melansir dari jawapos.com, beberapa waktu lalu. 

Sahabat juga perlu tau kalau usia pakai film pada kaca mobil itu berbeda-beda. Menurutnya, ada dua jenis kaca film mobil. Yaitu kaca film biasa dan yang bergaransi. "Beda-beda tiap kaca film mobil. Cuma untuk kaca film yang biasa, tiap 3 tahun harus diganti. Tapi, untuk kaca film mobil yang bagus atau bergaransi, bila telah 5 tahun harus diganti. Jadi, sesuai masa garansinya. Kenapa? Walaupun secara umur masih panjang, tapi secara kualitas atau kemampuannya sudah menurun," bebernya panjang lebar.

Kaca film mobil tidak membutuhkan perawatan berkala. Menurutnya, yang terpenting kaca film mobil itu harus dijaga dari kerusakan fisik. Misalnya goresan. Kerusakan juga bisa diakibatkan karena proses pemasangan kaca film mobil di kaca mobil tidak benar. Akibatnya terdapat bagian kaca film mobil yang menggelembung. Ada 2 penyebab yang mengakibatkan film kaca mobil menggelembung.

"Kaca film mobil yang menggelembung itu karena kesalahan pemasangan atau cacat produk, bukan dari umurnya. Makanya, kalau yang bergaransi, bila ada yang bergelembung tinggal dikembalikan dan pasti diganti dengan yang baru. Untuk kaca film yang tidak bergaransi, ya keluar uang lagi untuk mengganti kaca film," tutupnya.

Mempunyai manfaat melindungi dari panas matahari saat berkendara siang hari, ternyata kaca film mobil ada juga yang bisa menolak sinar infrared loh Sahabat.

Pilih kaca film mobil yang bisa tolak infrared

Dalam memilh kaca film mobil, Sahabat Garasi harus ingat. Pilihlah kaca film mobil yang mampu menolak Ultra Violet (UV) ya, dan yang lebih penting lagi untuk tidak lupa juga untuk memilih kaca film mobil yang bisa menolak infrared ya.

Karena nyatanya banyak dari brand kaca film mobil, yang ada dipasaran hanya menjamin mampu menolak sinar ultra violet (UV). Bahkan hampir 99 persen brand kaca film mobil menjamin mampu menolak sinar ultra violet, tapi tidak menyebutkan mampu menolak sinar infrared.

Ini Manfaat Kaca Film Mobil Yang Belum Kamu Tahu

Sahabat Garasi dijamin pasti bertanya dong, apa sih manfaat kaca film mobil yang mampu menolak infrared buat kita sebagai pengendara? Jawabannya, pernah tidak Sahabat Garasi merasa gerah atau panas saat masuk ke dalam mobil? Hal ini bukan disebabkan sinar ultra violet (UV) yang masuk ke dalam mobil Sahabat Garasi, tapi hawa panas yang masuk ke dalam mobil adalah sinar infrared.

Nah jadi lebih baik, Sahabat Garasi memilih kaca film mobil yang ada teknologi terbaik yang mampu juga menolak sinar infrared. Atau penjelasannya, pilihlah kaca film mobil yang mampu menolak sinar matahari, sehingga kalau sinar matahari datang dari luar, kaca film bisa membelokkan cahaya panas matahari itu.

Dan saat ini sudah ada produsen kaca film mobil yang percaya mampu menolak UV dan sinar Infrared dengan memiliki kualitas terbaik, yang menggabungkan partikel logam seperti Perak, Indium, dan diperkuat dengan emas.

Berbicara teknologi kaca film mobil yang mampu menolak sinar infrared karena mengandung partikel logam seperti perak, indium, dan emas, tidak luput dari komplainan konsumen karena terhalangnya sinyal handphone karena penggunaan kaca film mobil. 

akibat penggunaan material tersebut pada kaca film mobil. Dilansir dari Liputan6.com, seorang pemilik mobil melontarkan komplain lantara sinyal handphone miliknya hilang karena terhalang kaca film mobil.

Ini Manfaat Kaca Film Mobil Yang Belum Kamu Tahu

Hal ini sempat menjadi isu hangat di kalang para pecinta mobil tanah air. Namun, rumor tersebut langsung ditampik oleh Lianto Winata V, Business Development Director PT V-Kool Indo Lestari.

"Kaca film kita, memang menggunakan metal tapi tidak memengaruhi sinyal handphone. Mobil itu tidak seperti kaleng, dan signal hp bisa masuk dari mana saja, termasuk celah-celah mobil," jelas Lianto.

Pria ini juga menyatakan bahwa sinyal pasti tetap bisa masuk. Hal itu disebabkan oleh material kendaraan beserta aksesori mobil yang tak hanya metal, tetapi juga plastik atau karet.

"Signal hape juga tidak sekuno itu, misalkan celah untuk masuk signal dikit signal juga dikit. Kalau sudah ada celah untuk masuk, ya sama saja jumlahnya. Mempengaruhi, tapi bukan hilang sepenuhnya," pungkasnya.

Nah Sahabat Garasi, pernah merasakan gangguan yang serupa? kalau iya, jangan keburu berprasangka buruk dulu ya terhadap kaca film mobil yang digunakan. Karena sekarang jaman sudah canggih, begitu juga dengan sinyal selular kamu.

Kaca film mobil rekomendasi untuk kamu

Memasang kaca film pada mobil memang sudah jadi kebutuhan umum. Selain membuat tampilan mobil menjadi keren, kaca film pada mobil juga bisa melindungi panas. Tidak hanya itu, kaca film pada mobil juga mempunyai beberapa kelebihan lainnya.

Ini Manfaat Kaca Film Mobil Yang Belum Kamu Tahu

Mau tau apa saja kelebihan kaca film, berikut ulasannya :

    1. Mengurangi Cahaya Matahari yang Masuk

    Tugas dan fungsi utama dari sebuah kaca film, jelas untuk mengurangi sinar matahari yang akan masuk kedalam kabin. Dimana dikatakan cahaya matahari bisa menimbulkan paparan gelombang infra merah dan ultraviolet (UV) pada kulit. Kaca film membantu mengurangi efek paparan cahaya matahari bagi penumpang mobil.

    2. Meningkatkan Penampilan

    Tampil beda dan bergaya kini ikut menjadi peran penting dalam memilih kaca film. Kaca film dianggap dapat memberikan nilai eksklusif pada mobil. Kaca film juga tersedia dalam berbagai warna dan tingkat kegelapan untuk menyesuaikan dengan warna dan karakter mobil.

    3. Efisiensi Energi

    Saat ini kaca film dapat mengurangi cahaya matahari yang masuk ke kabin, sehingga mencegah kenaikan temperatur dalam mobil serta membantu menjaga aktifitas pendingin ruangan tidak berlebihan. Dan membuat mobil semakin irit dalam mengkonsumsi bahan bakar.

    4. Menjaga Privasi

    Privasi kini menjadi unsur penting disaat Sahabat berkendara. Dan kaca film dapat menjaga privasi pengendara dan penumpang yang berada didalam kabin. Dimana orang-orang di luar mobil tidak bisa leluasa melihat isi mobil maupun aktivitas penumpang di dalam mobil karena terhalang kaca film.

    5. Mengurangi Resiko Kejahatan

    Kaca film dapat mengurangi risiko kejahatan, karena dapat menghalangi pandangan orang dari luar terhadap barang-barang yang berada di dalam mobil.

    Hal ini mempersulit orang yang berniat mengambil barang berharga di dalam mobil atau melakukan sesuatu terhadap penumpang di dalam mobil.

    6. Mengurangi Pantulan Cahaya pada Kaca

    Cahaya dari luar mobil akan terpantul sebagian pada kaca. Karena kaca film mengurangi cahaya matahari yang masuk, maka lebih sedikit pantulan cahaya pada kaca, terutama pada kaca depan yang memiliki peran penting dalam berkendara. Dan ini bisa meningkatkan kenyamanan mengemudi dan mengurangi kelelahan mata.

    7. Meningkatkan Keamanan

    Kaca film biasanya terdiri dari lapisan berbahan polyester, logam, dan perekat khusus. Fungsinya 'memegang' kaca ketika mengalami benturan.

    Ketika terjadi benturan kaca tidak langsung pecah tapi tetap merekat pada kaca film, sehingga mengurangi kemungkinan melukai penumpang di dalam kabin.

    Nah Sahabat, menjawab semua kelebihan kaca film untuk mobil kesayangan Sahabat. Kini di Garasi.id Sahabat bisa pesan pemasangan kaca film dari 3M Indonesia.

    Ini Manfaat Kaca Film Mobil Yang Belum Kamu Tahu

    Sahabat hanya perlu memilih jenis kaca film mobil terbaik yang akan dipasang dan menentukan ukuran mobil Sahabat. Setelah pembayaran selesai, pihak perwakilan dari 3M Indonesia akan menghubungi Sahabat untuk lokasi dan jadwal pemasangan. 

    Jadi buat Sahabat yang tertarik dengan pemasangan kaca film mobil 3M, Sahabat bisa langsung cek Jasa dan Servis Garasi.id atau Sahabat bisa hubungi Customer Service Garasi.id di email Clara@garasi.id atau 0817-0250-888 pada hari Senin-Sabtu di jam kerja 08:00 - 17:00.

    Foto : Garasi.id

    Ditulis oleh ANJAR
    Terakhir diupdate: 09 Okt 2019 | 16:29 WIB
    BAGIKAN