Garasi.id menawarkan fitur lengkap untuk perawatan mesin mobil Sahabat
Filter oli perlu diperiksa ketika kita mengganti oli

Efek Buruk Jika Sahabat Lupa Ganti Filter Oli

23 Jun 2019 | 08:00 WIB
BAGIKAN

Apakah Sahabat tahu bahwa mengganti filter oli sama pentingnya dengan mengganti oli mesin? Lalu apa yang terjadi jika kamu lupa mengganti filter oli? Filter oli sendiri merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membersihkan atau menyaring agar kotoran tidak tercampur dengan oli mesin. Kotoran yang dimaksud adalah kotoran yang berasal baik dari dalam atau dari luar mesin. Misalnya seperti reaksi kimiawi dalam ruangan mesin dan juga hasil pergesekan antara mesin yang berupa serpihan logam halus. Mengganti filter oli sama pentingnya dengan penggantian oli secara rutin karena oli yang bercampur dengan kotoran akan berakibat pada kinerja oli yang kurang maksimal.


Baca juga: Membedakan oli asli dan palsu


Ketika Sahabat lupa mengganti filter oli, berbagai masalah akan timbul, seperti saringan atau filter oli yang penuh dan tersumbat yang akan mengganggu sirkulasi oli sehingga kerja oli jadi terhambat. Tidak hanya itu, mesin kendaraan pun jadi terkontaminasi dengan kotoran yang tidak dapat disaring sempurna oleh filter oli. Fungsi oli sebagai pelindung, pembersih serta pendingin tidak dapat berfungsi secara maksimal. Tidak cukup sampai disitu hal yang paling tidak diinginkan oleh pengendara adalah kerusakan mesin permanen yang membutuhkan biaya yang mahal untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Padahal jika oli mesin bekerja dengan sempurna, perawatan mesin akan menjadi semakin terjaga sehingga resiko mesin kendaraan rusak menjadi lebih kecil. Fungsi oli yang lain selain sebagai pelumas juga akan terganggu karena terkontaminasi dengan kotoran. Sangat disayangkan jika hal tersebut terjadi hanya karena filter oli yang tidak diganti.

Seperti yang dilansir di deltalube.com, filter oli yang berfungsi dengan baik dapat menampung berbagai kotoran yang dihasilkan baik dari dalam atau dari luar. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kualitas filter oli agar dapat berfungsi secara maksimal. Untuk mengganti filter oli sebaiknya bersamaan saat akan mengganti oli. Namun ada pendapat lain yang mengatakan bahwa, cukup untuk mengganti filter oli setiap 2 kali penggantian oli mesin.

Jika kamu akan mengganti oli setiap 10.000 km, berarti penggantian filter oli dilakukan ketika jarak tempuh sudah mencapai 15.000 km. Tetapi sangat disarankan untuk tetap menggantinya setiap mengganti oli mesin, karena penggantian filter oli sendiri tidak memakan biaya yang banyak. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kerusakan permanen pada mesin.

Masih banyak pengendara yang tidak memperhatikan penggantian filter oli. Padahal kenyataannya hal-hal kecil ini juga memiliki peran yang besar dalam menjaga kualitas kendaraan. Oleh karena itu, alangkah baiknya kamu selalu memperhatikan setiap bagian mobil dan melakukan perawatan sesuai anjuran, agar kendaraan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang dengan performa maksimal.


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 07 Agt 2019 | 10:47 WIB
BAGIKAN