Alasan Penting Mengapa Engsel Pintu Mobil Perlu Perawatan
Alasan Penting Mengapa Engsel Pintu Mobil Perlu Perawatan

Engsel Pintu Mobil Macet Saat Dibuka? Begini Cara Perawatannya

16 Nov 2023 | 00:00 WIB

Engsel pintu mobil memainkan peran penting dalam menjaga fungsionalitas dan kenyamanan mobil kesayangan Sahabat. Oleh karena itu, penting untuk kamu selalu melakukan pengecekan dengan melumasinya secara berkala sebagai bentuk perawatan rutin.


Tanpa alasan, pelumas dapat mempengaruhi kinerja pintu mobil Sahabat agar tidak macet dan lebih mudah dibuka. Selain itu, masih banyak lagi alasan lainnya mengapa kamu perlu melumasi komponen engsel pada pintu mobil.


Segera Atasi Pintu Mobil Yang Macet

Segera Atasi Pintu Mobil Yang Macet


Lalu, mengapa engsel pintu mobil harus diberi pelumas? Meski jarang diperhatikan, pintu mobil sebenarnya membutuhkan perawatan khusus agar bisa bekerja dengan baik, salah satunya yaitu melalui pelumasan. Inilah alasan penting kenapa Sahabat perlu melakukan perawatan engsel pada pintu mobil, yaitu.


1. Penumpukan Debu dan Kotoran

Melumasi engsel pintu pada mobil kesayangan Sahabat secara rutin efektif untuk mencegah penumpukan debu dan kotoran di dalam kunci dan mekanisme engsel lainya. Sebab debu dan kotoran yang terakumulasi dapat mengganggu kinerja dan mekanisme penguncian.


2. Sistem Penguncian Mobil

Engsel pintu yang kering dan tidak dilumasi akan lebih cepat aus dan bisa menyebabkan gesekan berlebihan pada sistem penguncian pintu mobil. Oleh karena itu Sahabat, penting untuk melumasi komponen terkait secara teratur.


Lakukan Perawatan Pintu Mobil Secara Berkala

Lakukan Perawatan Pintu Mobil Secara Berkala


3. Masa Pakai Mekanisme Penguncian

Dengan melumasi engsel pintu mobil secara teratur, Sahabat dapat memperpanjang masa pakainya. Karena pelumasan ini akan membantu mengurangi gesekan yang berlebihan dan resiko aus pada komponen kunci.


4. Mencegah Bunyi Berdecit

Salah satu masalah umum yang dihadapi oleh mobil yang engselnya kering adalah suara berdecit saat membuka atau menutup pintu. Dengan Sahabat mengaplikasikan pelumas, suara tersebut tidak akan terdengar karena engselnya lebih mulus dan tidak macet.


5. Menjaga Gerakan Pintu Tetap Mulus

Rutin melumasi engsel pintu juga dapat membantu memastikan sistem penguncian mobil tetap berfungsi secara efektif dan lancar. Sehingga, Sahabat tidak perlu khawatir dengan resiko pintu yang macet atau engsel yang tidak bergerak dengan mulus.


Perhatikan Kebersihan Engsel Pintu Mobil

Perhatikan Kebersihan Engsel Pintu Mobil


Perlu Sahabat ketahui, engsel pada pintu mobil terdiri atas dua bagian penting.  Ada engsel utama pemegang pintu yang biasanya terletak di atas dan bawah pintu, dan engsel stopper di tengah pintu, yang berfungsi untuk mengendalikan gerakan pintu agar tidak terbuka terlalu lebar.


Nah, agar fungsi dan mekanisme pengunciannya tetap berjalan dengan baik, Sahabat juga perlu mengetahui bagaimana cara melumasi engsel pintu mobil kesayangan kamu dengan benar. Kamu juga bisa mengaplikasikannya dari rumah loh. Begini caranya.


  • Lakukan Pembersihan

Pertama-tama, bersihkan engsel dari kotoran dan sisa-sisa pelumas lama. Gunakan cairan penetran untuk membantu melunakkan kotoran yang menempel. Kemudian, Sahabat bisa gunakan sikat gigi atau lap untuk membersihkan bagian-bagiannya dengan lembut.


  • Aplikasikan Cairan Pelumas

Setelah engsel bersih, aplikasikan cairan pelumas baru dalam bentuk grease semprot. Jenis pelumas yang umum direkomendasikan adalah White Lithium Grease atau Multi Grease Spray. Semprotkan pelumas tersebut secara merata ke seluruh bagian engsel pintu, baik itu engsel utama dan engsel stopper. Kemudian, Sahabat biarkan pelumas meresap ke dalam celah-celah engsel selama beberapa saat.


Pentingnya Melumasi Pintu Mobil Secara Rutin

Pentingnya Melumasi Pintu Mobil Secara Rutin


  • Ulangi Penyemprotan Grease

Setelah meresap, lakukan penyemprotan pelumas sekali lagi, lalu biarkan beberapa saat hingga meresap. Sahabat bisa ulangi langkah ini beberapa kali untuk memastikan pelumas meresap sepenuhnya.


  • Gerakkan Pintu Mobil

Langkah terakhir, cobalah Sahabat menggerakkan pintu mobil seperti gerakan membuka dan menutup. Jika masih terasa kesat, ulangi langkah sebelumnya hingga pelumas rata dan gerakan pintunya terasa lancar.


Engsel Pintu Mobil Macet Saat Dibuka? Begini Cara Perawatannya


Melumasi engsel pintu mobil harus dilakukan secara rutin agar kinerja sistem penguncian pintu mobil kesayangan Sahabat tetap terjaga. Untuk perawatan mobil secara menyeluruh, kamu bisa kunjungi e-commerce otomotif terpercaya www.Garasi.id. Nikmati Promo Gebyar November yang berikan diskon hingga 80% untuk layanan perawatan mobil, ganti oli, servis AC, cuci mobil, spooring & balancing serta uji emisi agar mobil kesayangan Sahabat kembali optimal. Pilih bengkel favorite kamu sesuai kota tercinta kamu dibawah ini.



Dapatkan juga informasi lebih lanjut terkait perawatan mobil atau tips dan trik otomotif di Kumpulan Artikel, Event, Review dan Berita Otomotif Terupdate lainnya hanya di Garasi.id.

Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 16 Nov 2023 | 00:32 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifpintumobilengselpintupelumaspintupintumacetperawatanmobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family