Jangan Salah Pilih Bengkel Perbaikan Bodi Mobil
Jangan Salah Pilih Bengkel Perbaikan Bodi Mobil

Fakta Menarik! Perbandingan Bengkel Resmi Body Repair dengan Bengkel Cat Pinggir Jalan

29 Jun 2023 | 10:00 WIB

Seiring waktu dan pemakaian, bodi mobil bisa rusak baik karena usia atau tergores karena senggolan di jalan. Bila sudah begini, mau tidak mau Sahabat terpaksa harus melakukan perbaikan body dan cat ulang. Banyak bengkel cat dan bodi yang bisa melakukan perbaikan dan mengecat bodi mobil. Mulai dari bengkel cat pinggir jalan sampai bengkel resmi menyediakan jasa body repair. Namun, Sahabat harus tahu kualitas pengerjaan dan harga yang mereka tawarkan.


Jangan sampai, hasil cat pada bodi mobil terlihat asal-asalan. Bengkel yang bisa memberikan jaminan kualitas dengan harga yang masuk akal, tentunya bakal diserbu oleh konsumen. Tentunya, biaya perbaikan body sebenarnya tergantung dari tingkat kerusakan dan seberapa luas body yang penyok. Sebelum melakukan body repair dan cat mobil, yuk kita hitung dulu estimasi biaya yang dibutuhkan.


Lihat Dengan Seksama Kesamaan Warna Cat Pada Seluruh Mobil

Lihat Dengan Seksama Kesamaan Warna Cat Pada Seluruh Mobil


Biaya Cat Body Mobil Bengkel Cat Pinggir Jalan

Bengkel cat kelas pinggir jalan biasanya langsung melakukan perbaikan di tempat setelah melakukan negosiasi harga. Pengecatannya pun hanya disemprot biasa memakai spray dengan tekanan angin kompresor, bukan cat oven yang membuat proses pengeringan cat lebih sempurna.


Keberadaan tukang cat pinggir jalan bisa dikenali dengan mudah karena mereka memajang tulisan ‘Cat Duco’ dan menawarkan jasanya kepada setiap pengendara yang lewat. Tukang cat ini biasanya langsung mengecat mobil di trotoar atau gang dan parkiran.


Hati-Hati Memilih Bengkel Cat Bodi Mobil

Hati-Hati Memilih Bengkel Cat Bodi Mobil


Lalu, mengenai biaya cat mobil per panel dan full bodi di bengkel resmi dan non resmi pastinya berbeda-beda. Berikut ini Sahabat bisa ketahui estimasi biaya pengecatan mobil di bengkel cat pinggir jalan:


  • Harga Per panel Rp 300.000 – Rp 450.000
  • Kap Mesin & Bagasi Rp 400.000 – 600.000
  • Atap Mobil Rp 500.000 – Rp 800.000
  • Kabin Atas Rp 650.000,-
  • Pintu Per-Panel Rp 350.000,-
  • Fender Per-Panel Rp 350.000,-
  • Bemper Depan Rp 350.000,-
  • Bemper Belakang Rp 350.000,-


Proses Pengeringan Cat Dengan Oven Lebih Sempurna

Proses Pengeringan Cat Mobil Dengan Oven Lebih Sempurna


Biaya Cat Siram Mobil Full Body Bengkel Resmi

Perlu Sahabat ketahui, biaya pengecatan per panel di bengkel resmi lebih mahal. Selain mahal, proses pengerjaan butuh waktu cukup lama karena antrian kendaraan yang masuk bengkel cukup banyak. 


Hal sederhana yang bisa jadi pertimbangan awal memilih bengkel cat yaitu riwayat kerja bengkel resmi. Semakin lama bengkel itu berdiri, seharusnya semakin banyak pengalaman teknik pengecatan yang dimiliki. Ini juga menandakan bila bengkel tersebut senantiasa dipercaya dan biasanya punya pelanggan tetap.


Bengkel Resmi Body Repair VS Bengkel Cat Pinggir Jalan

Perhatikan Dengan Seksama Saat Pengerjaan Cat Bodi Mobil


Sekarang, mari Sahabat hitung estimasi biaya pengecatan full body mobil dengan metode cat oven. Berikut ini estimasi biaya yang dibutuhkan untuk cat siram full body di bengkel resmi:


  • Biaya pengecatan mulai dari Rp 700.000 per panel
  • Atap mobil Rp 1.800.000
  • Siram full body harga mulai dari Rp 4.000.000 -  Rp 9.000.000

(Tergantung kondisi body dan pilihan warna)


Harga cat mobil di bengkel resmi memang tergolong lebih mahal dibandingkan dengan bengkel non resmi, selisih harga cat mobil tersebut bisa berkisar Rp 200-300 ribu. Tentu saja Sahabat hasilnya tidak perlu ditanyakan lagi, selain memuaskan tapi juga bergaransi.


Perhatikan Warna Cat Bodi Mobil

Pilih Merk Cat Mobil Dengan Kualitas Bagus


Saat pertama kali harus mengecat mobil, Sahabat pasti bingung memilih di bengkel mana yang memberikan hasil terbaik dengan harga wajar. Selain harus hati-hati saat memilih bengkel cat mobil atau body repair, jangan hanya tergiur dengan harga murah. Tidak jarang, hasil pengecatan malah belang karena hanya mengejar harga murah dan cepat selesai.


Jadi, Sahabat bakal pilih bengkel mana untuk cat mobil kesayangan? Bengkel resmi body repair atau bengkel cat pinggir jalan? Ingat selalu merawat mobilmu dengan baik dan selamat memulai petualangan baru Sahabat!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 30 Jun 2023 | 00:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

ragamotomotifcatmobilbodyrepairbiayacatmobilbengkelresmibengkelcatpinggirjalan
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family