Takaran Volume Air Aki Memiliki Aturan Khusus
Takaran Volume Air Aki Memiliki Aturan Khusus

Fatal Akibatnya, Salah Takaran Volume Air Aki

13 Nov 2023 | 13:53 WIB

Accumulator atau aki merupakan komponen yang sangat penting keberadaannya bagi mobil. Karena aki berfungsi sebagai menyuplai kelistrikan ke fungsi-fungsi lain seperti indikator pada dashboard, sistem penguncian pintu dan jendela elektronik, maupun untuk kepentingan suplai listrik ke fitur-fitur elektronik lain.


Selain itu keperluan utama listrik dari aki tersebut dipakai untuk menyalakan mobil. Jika aki rusak, maka ketika Sahabat hendak melakukan starter mobil akan ngadat dan mesin susah dinyalakan. Oleh karena itu, sudah sepatutnya Sahabat selalu rutin memperhatikan sekaligus merawat aki mobil.


Sederhananya kamu bisa mengecek takaran volume air aki mobil kesayangan kamu. Jika takaran volume air aki di atas ataupun di bawah batas, maka bisa berakibat serius pada mobil.


Rutin Mengecek Volume Air Aki

Rutin Mengecek Volume Air Aki


Bagaimana Sahabat, apakah kamu pernah mengalami kesalahan dalam mengisi air pada aki mobil?  Selain bisa berakibat buruk, dampak yang diperlihatkan cukup beragam. Apa saja? Sahabat perhatikan beberapa dampaknya berikut ini.


  • Timbul Korosi

Salah satu dampaknya yaitu korosi. Penting untuk Sahabat ketahui bahwa korosi bisa muncul apabila isi air aki tanpa batas. Air yang terisi melewati batas upper seringkali jadi meluber. Akibatnya akan mengenai komponen di sekitarnya menjadi karatan dan tampilan mobil kamu jadi kurang menarik.


Apabila Sahabat termasuk yang memperdulikan soal tampilan, kesan berkelas juga menurun seketika. Maka hal ini jelas bisa jadi masalah sehingga wajib kamu perhatikan takaran volume air aki mobil dengan baik.


Takaran Volume Air Aki Memiliki Aturan Khusus

Takaran Volume Air Aki Memiliki Aturan Khusus


  • Komponen Mobil Rusak

Selain mengganggu tampilan, karat juga membuat komponen mudah aus. Komponen mobil yang sudah berkarat, tentu tak sekuat sebelumnya. Komponen tak awet dalam jangka panjang karena rentan rusak, rapuh, ataupun patah.


Jika sudah begini, mau tak mau Sahabat harus melakukan penggantian komponen. Hal tersebut jelas membuat boros pengeluaran. Sebaiknya kamu lakukan penggantian komponen dengan mempercayakan pada tempat service mobil terpercaya. Jangan sampai kondisinya semakin parah dan merembet ke komponen lain.


Lakukan Perawatan Aki Secara Berkala

Lakukan Perawatan Aki Secara Berkala


  • Aki Soak

Selain karat, takaran volume air yang salah juga bisa membuat aki soak. Dampak yang satu ini bisa terjadi apabila Sahabat melakukan pengisian air aki ada di bawah low. Aki yang aus tentu tidak bisa menjalankan fungsinya secara optimal.


Maka dari itu, apabila terdeteksi ada kerusakan pada bagian aki, segera cek airnya. Jangan berhenti untuk menuangkan air ke aki apabila belum mencapai batasnya. Sama hal dengan dampak sebelumnya, efek ini juga bisa membuat Sahabat mengeluarkan biaya lagi.


Jangan Anggap Sepele Jika Aki Mobil Rusak

Jangan Anggap Sepele Jika Aki Mobil Rusak


  • Ganti Aki Mobil

Dampak fatal terakhir jika kondisi aki sudah terlalu parah, dana yang harus Sahabat siapkan jauh lebih besar karena perlu membeli aki baru. Sebaiknya kamu pahami takaran volume air aki mobil sebelum mengisi. Hal ini berguna untuk mendapatkan takaran yang pas sehingga kamu tidak perlu melakukan pembelian aki mobil yang baru.


Jadi kesimpulannya, aki adalah salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor. Sahabat wajib mengecek setidaknya seminggu sekali dan segera lakukan penambahan air apabila sudah mulai berkurang.


Fatal Akibatnya, Salah Takaran Volume Air Aki


Jika Sahabat sudah terlanjur mengalami masalah dengan aki yang rusak dan berencana untuk membeli aki mobil yang baru. Kamu bisa cek www.Garasi.id  yang bekerjasama dengan partner terpercaya Bengkel Fast berikan promo pembelian aki diskon pasti 150ribu. Promo ini berlaku sampai dengan 10 Desember 2023. Informasi lengkap tim Clara dari Garasi.id siap membantu Sahabat pada hari Senin sampai dengan Sabtu di jam kerja pukul 08:00 - 17:00.


Catat Sahabat, dengan melakukan perawatan dan perbaikan aki mobil yang tepat, kamu dapat memperpanjang umur pakai aki mobil dan menghemat biaya perbaikan di bengkel. Selamat merawat aki mobil kesayangan Sahabat Garasi.id!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 13 Nov 2023 | 14:29 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstrikakimobilakisoaktimbulkorosiakirusakgantiakiperawatanakiperawatanmobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family