Fitur Ini Memiliki Microchip Unik Yang Ditanam Pada Kunci Mobil
Fitur Ini Memiliki Microchip Unik Yang Ditanam Pada Kunci Mobil

Fitur Immobilizer Yang Harus Sahabat Ketahui

12 Sep 2023 | 23:53 WIB

Aktivitas Sahabat sehari-hari pasti tidak lepas dari bepergian dengan kendaraan, baik kendaraan pribadi maupun umum. Kejadian di jalanan tidak ada yang bisa menduga, bisa saja tiba-tiba mengalami pencurian dan menyebabkan kerugian besar. Oleh karena itu, ketika Sahabat memiliki mobil dengan sistem keamanan tinggi tentu akan memberikan dampak positif. Namun akan lebih baik lagi jika ditunjang dengan keamanan saat berkendara.


Immobilizer merupakan fitur sistem keamanan pada mobil untuk menghindari kasus pencurian yang bisa terjadi dimana saja. Fungsi immobilizer yaitu untuk membantu mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti pencurian mobil.


Ketahui Fitur Immobilizer Pada Mobil

Ketahui Fitur Immobilizer Pada Mobil


Mengapa immobilizer penting? Lalu, apakah Sahabat mengetahui apa itu immobilizer? Mari Sahabat simak lengkapnya disini. Pada dasarnya immobilizer adalah sistem anti maling pada kunci mobil, yang menggunakan perantara gelombang radio sebagai identitas kunci mobil.


Jika Sahabat menggunakan immobilizer, maka hanya satu kunci kontak saja yang dapat digunakan untuk menyalakan mesin, meskipun lubangnya dapat dimasuki oleh seluruh kunci. Jadi dengan menggunakan sistem ini dapat mencegah mesin untuk hidup karena kunci kontak yang tidak sesuai.


Komponen di Dalam Fitur Immobilizer

Komponen di Dalam Fitur Immobilizer


Perlu Sahabat ketahui, agar immobilizer dapat bekerja secara optimal, terdapat tiga komponen agar sistem dapat bekerja, yaitu:


1. Transmitter, yang berfungsi untuk mengirim gelombang radio dengan frekuensi tertentu yang menuju ke bagian control module. Prosesnya, saat kunci kontak dimasukkan kedalam lubang, transmitter akan secara otomatis mengirim gelombang radio ke Theft Deterrent System, agar diidentifikasi oleh Transponder.


2. Transponder, yang berfungsi menerima sinyal dari gelombang radio yang telah dikirim ke control module untuk diidentifikasi. Komponen transponder berada di dalam Theft Deterrent Control System. Sehingga jika frekuensi telah sesuai, maka transponder akan mengirim data ke engine control module.


3. Theft Deterrent System, yaitu berfungsi mengelola gelombang radio yang diterima sesuai dengan identifikasi dari transponder. Kemudian komponen Theft Deterrent System akan bekerja dengan mengaktifkan relay fuel pump. Setelah itu kunci kontak akan terhubung dan dikenali oleh ECU mobil, dan kamu dapat memutar kunci kontak ke posisi start engine, dan kamu dapat langsung menyalakan serta mengendarai mobil.


Immobilizer Fitur Keamanan Pada Mobil

Immobilizer Fitur Keamanan Pada Mobil


Sudah jelas Sahabat, ketiga komponen ini bekerja menjadi satu, untuk mencegah pencurian.   Setelah kamu mengetahui fungsi dan cara kerja dari immobilizer, berikut ini adalah kekurangan dan kelebihan dari immobilizer yang harus diketahui.


KELEBIHAN IMMOBILIZER


  • Menjaga Mobil Agar Tetap Aman

Kelebihan utama dari immobilizer yaitu dapat menjaga mobil agar tetap aman. Karena mesin mobil hanya dapat dinyalakan jika menggunakan satu kunci kontak yang sudah dikenal saja. Sehingga meskipun kunci lain dapat masuk kedalam lubang kunci, namun tidak dapat membuat mesin mobil menjadi hidup. Kemudian mobil kamu dapat terhindar dari maraknya kasus pencurian.


  • Memiliki Fitur Canggih

Pada immobilizer terdapat fitur yang sangat canggih, yaitu fitur blocking. Fitur ini dapat berguna untuk mencegah penyusupan gelombang frekuensi tidak dikenal. Selain itu dapat membuat kunci immobilizer tidak dapat sembarangan di duplikat. Jika ingin menduplikat kunci immobilizer, dibutuhkan budget cukup banyak dan persiapan dokumen terkait identitas diri dan mobil. Sehingga mobil Sahabat akan lebih aman karena kuncinya yang tidak dapat di duplikat sembarangan.


Jangan Sampai Kunci Immobilizer Hilang

Jangan Sampai Kunci Immobilizer Hilang


KEKURANGAN IMMOBILIZER


  • Gangguan Pada Gelombang

Gelombang dapat terganggu jika kamu sedang berada pada lokasi yang mengganggu transmisi gelombang. Contoh lokasi tersebut yaitu jika kamu memarkir mobil di dekat pemancar telepon seluler. Jika terjadi gangguan pada gelombang, akan membuat Sahabat kesulitan untuk menyalakan mesin mobil. Solusi yang dapat kamu lakukan jika mengalami kondisi seperti ini yaitu dengan tetap menginjak pedal rem serta menekan tombol start engine sampai mesin menyala.


  • Perbaikan yang Rumit

Perbaikan kunci terbilang rumit, karena permasalahannya dapat terjadi pada bagian baterai maupun komponen yang didalam immobilizer. Jika terjadi gangguan pada komponen, akan melibatkan pemrograman ECU. Sehingga Sahabat harus melakukan servis dengan cara membongkar keseluruhan dan melakukan reset ulang kode. Budget yang dibutuhkan untuk perbaikan immobilizer berkisar 2 jutaan, tergantung dari seberapa besar kerusakan yang terjadi.


Fitur Immobilizer Yang Harus Sahabat Ketahui


Itu dia Sahabat Informasi fungsi fitur immobilizer untuk keamanan mobil kesayangan. Semoga bisa membantu atau setidaknya menambah pengetahuan Sahabat seputar fitur yang ada pada mobil. Simak juga Kumpulan Artikel Tips, Event, Review dan Berita Otomotif Terupdate hanya di www.Garasi.id.


Nikmati semua promo terbaik untuk layanan jasa servis yang cocok buat mobil kesayangan Sahabat agar selalu nyaman saat dikendarai. Hanya Garasi.id yang memberikan solusi perawatan serta kenyamanan berkendara yang optimal.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 12 Sep 2023 | 23:54 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

ragamotomotifkuncimobilsistemkeamananfiturcanggihimmobilizerfungsiimmobilizerkelebihanimmobilizerkekuranganimmobilizer
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2023 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family