Manfaat fogging mobil
Manfaat fogging mobil

Fogging Mobil Manfaatnya Banyak Banget! Gini Penjelasannya

05 Jul 2022 | 11:00 WIB

Pernah mendengar fogging mobil? Kegiatan ini marak dilakukan setelah wabah Covid-19 terjadi di seluruh dunia. Sebenarnya apa fogging mobil itu dan seperti apa cara melakukannya? 

Fogging mobil adalah salah satu upaya yang dilakukan demi menjaga kebersihan kabin mobil. Jika Sahabat jarang memperhatikan kebersihan interior mobil, kini sudah saatnya untuk memulai. 

Banyak yang bilang bahwa fogging mobil bisa membunuh virus Covid-19 dan bakteri di dalam kabin mobil. Nah, untuk tahu lebih lengkap mengenai fogging mobil ini Sahabat bisa simak indo selengkapnya berikut ini. 

Fogging Mobil Manfaatnya Banyak Banget! Gini Penjelasannya


Apa Itu Fogging Mobil? 

Sesuai dengan namanya, fogging mobil adalah kegiatan untuk mengasapi interior mobil sehingga semua komponen di dalamnya tetap terjaga kebersihannya. Baik itu AC, seluruh kursi mobil, setir, sabuk pengaman, dashboard dan lainnya. 

Proses pengasapannya sendiri memanfaatkan cairan khusus yakni antiseptik atau desinfektan dengan mesin fogging. Cairan antiseptik ini memiliki kandungan benzalkonium chloride 0,1 persen yang mampu membunuh protein dalam virus. 

Pada saat dilakukan fogging, AC mobil perlu dinyalakan sehingga sirkulasi udara dalam kabin dapat bekerja normal. Sahabat bisa langsung merasa nyaman setelah fogging mobil karena kabin jadi bersih dan udara terasa lebih segar. 

Jadi jika Sahabat rutin mencuci mobil dua minggu atau sebulan sekali maka usai dibersihkan lakukanlah fogging. Bagi Sahabat yang setiap hari menghabiskan waktu lebih lama di dalam mobil maka fogging mobil adalah kegiatan rutin yang perlu dilakukan. 

Fungsi dan Manfaat Fogging Mobil 

Apa saja yang akan didapatkan pengemudi dan penumpang dari kegiatan fogging ini? Bukan hanya satu atau dua saja, tapi ada banyak manfaat fogging mobil yang diperoleh. 

Berikut ini fungsi serta manfaat fogging mobil yang bisa Sahabat dapatkan. 

  • Menciptakan Kebersihan dan Kenyamanan Kabin Mobil 

Siapa saja pasti akan merasa nyaman ketika masuk ke dalam ruangan yang berbau segar dan bersih. Termasuk ketika masuk ke kabin mobil. Kebersihan dapat menciptakan kenyamanan untuk semua penumpang termasuk pengemudi. 

  • Mengatasi Masalah Bakteri dan Jamur 

Fungsi utama fogging mobil adalah mematikan bakteri serta virus. Bakteri dan virus ini mudah bersarang baik itu di jok mobil yang berasal udara dan sampah menumpuk di mobil. Melalui fogging jamur pun yang jadi sumber penyakit dapat diatasi. 

  • Penggunaan Mobil Lebih Efektif 

Fungsi fogging mobil selanjutnya adalah soal penggunaan kendaraan yang jauh lebih efektif. Sahabat tidak perlu takut harus berkendara di dalam kabin kecil dalam mobil karena ruangan sudah dipastikan bersih. 

  • Kesehatan jadi Lebih Terjaga 

Sahabat salah satu orang yang rewel soal kebersihan, sebaiknya rutin fogging. Bukan hanya bersih tapi dampaknya juga sangat baik bagi kesehatan. Sahabt tidak perlu takut terserang virus atau bakteri. 

Waktu yang Tepat untuk Fogging Mobil dan Biayanya 

Perlu diperhatikan bahwa bakteri dapat dibunuh ketika Sahabat rutin melakukan fogging. Namun soal virus Covid 19,  fogging mobil adalah kegiatan yang tidak cukup membunuh virus tersebut. 

Namun setidaknya dengan fogging ini Sahabat bisa mencegah terjadinya penyebaran virus dengan menguranginya. Rutin fogging jadi keputusan yang bijaksana bagi Sahabat pemilik kendaraan, tapi kenali juga waktu yang tepat melakukannya. 

Sebaiknya fogging ini dilakukan setiap 45 hari hingga 60 hari sekali. Soal harga bervariasi tergantung dengan ukuran mobil Sahabat. Ada juga yang sudah memberikan paket fogging khusus sehingga Sahabat bisa memilihnya. 

Rata-rata biaya yang harus dikeluarkan adalah mulai dari Rp. 300.000 sampai Rp. 450.000. Kalau ingin fogging mobil dengan biaya ekonomis, Sahabat bisa cek Garasi.id, di Garasi.id fogging mobil dimulai dari harga 150.000. 

Proses fogging mobil adalah kegiatan penting yang sebenarnya tidak hanya dilakukan selama pandemi Covid 19. Selama Sahabat ingin memiliki mobil yang bersih maka lakukan fogging dengan rutin. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 05 Jul 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifmobilfogging
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family