Tie Rod
Tie Rod Mobil

Fungsi dan Ciri Kerusakan Tie Rod Mobil yang Perlu Diketahui

06 Agt 2020 | 09:59 WIB

Tie rod pada sistem kemudi memegang peranan yang sangat penting agar kendaraan bisa melaju dengan stabil dan mudah untuk dikendalikan. Tie rod mobil terletak di antara steering gearbox (steering rack) dengan knuckle roda depan dan menjadi penghubung di antara keduanya. 

Bentuk dan nama tie rod mobil sendiri tergantung dari sistem kemudi yang digunakan. Pada sistem kemudi yang menggunakan steering rack, maka akan dikenal dua macam tie rod ; rack end (ling tie rod) dan tie rod end.

Fungsi dan Ciri Kerusakan Tie Rod Mobil yang Perlu Diketahui

Long tie rod dipasang dan terhubung pada bagian ujung dari steering rack, sedangkan untuk tie rod end dipasang dan terhubung dengan knuckle tempat roda mobil berada. Kedua tie rod ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi sistem kemudi. Lalu, apa fungsi sebenarnya tie rod mobil pada sistem kemudi ini? Berikut Garasi.id paparkan menurut sumber yang berhasil dikumpulkan.

Menggerakan putaran kemudi ke roda depan

Fungsi tie rod yang pertama adalah untuk meneruskan putaran kemudi ke roda depan. Gerakan memutar pada batang setir yang dilakukan oleh pengemudi saat memutar roda kemudi, akan mengalir menuju steering gear box dan berubah menjadi gerakan menarik atau mendorong. 

Fungsi dan Ciri Kerusakan Tie Rod Mobil yang Perlu Diketahui

Gerakan ini kemudian diteruskan oleh tie rod mobil untuk menarik atau mendorong sebagian sisi roda depan sehingga roda depan bisa bergeser arah dan berbelok sesuai dengan arah putaran roda kemudi.

Mengatur jarak roda depan

Fungsi dan Ciri Kerusakan Tie Rod Mobil yang Perlu Diketahui

Toe sendiri terbagi menjadi 2; Toe-in dan Toe-out. Toe ini berfungsi untuk mengatur agar roda depan bisa berotasi lurus dan stabil, selain itu juga dapat mencegah keausan yang tidak merata pada ban. Pengaturan toe ini bisa dilakukan pada sambungan antara long tie rod dan tie rod end, yaitu dengan memanjang-pendekan ulir antara long tie rod mobil dengan tie rod end agar mendapatkan sudut toe yang dibutuhkan. 

Peredam getaran

Fungsi tie rod mobil yang terakhir adalah untuk meredam getaran dari roda agar tidak sampai ke setir (roda kemudi). Ya, seperti sudah kita ketahui bahwa long tie rod dan tie rod end merupakan sebuah ball joint yang bisa bergerak ke beberapa arah. 

Ball joint ini akan memutus gerakan naik turun maupun kanan dan kekiri dari roda agar gerakan tersebut tidak merembet sampai ke kemudi. Long tie rod (rack end) akan meredam getaran roda keatas dan kebawah, sedangkan tie rod end berfungsi untuk meredam getaran ke kanan dan ke kiri yang terjadi pada roda.

Fungsi dan Ciri Kerusakan Tie Rod Mobil yang Perlu Diketahui

Dengan begitu, maka roda dapat bebas bergerak namun tidak mengganggu fungsi sistem kemudi sehingga roda kemudi bisa sepenuhnya dapat dikendalikan dengan mudah dan nyaman. 

Seiring pemakaian, komponen tie rod mobil tentunya akan mengalami penurunan performa. Gejala yang ditimbulkan akibat kerusakan tie rod sebenarnya dapat dirasakan dan diketahui pengendara baik saat berjalan normal atau pada kecepatan rendah. Apa saja gejalanya? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Getaran saat kemudi dibelokkan

Fungsi dan Ciri Kerusakan Tie Rod Mobil yang Perlu Diketahui

Kerusakan pada tie rod mobil bisa kamu rasakan saat kamu akan membelokkan kemudi. Getaran ini akan sangat terasa pada tangan kamu yang memegang kemudi. Hal ini disebabkan karena simpul-simpul tie rod mobil mengalami keausan sehingga getaran dari roda tidak bisa diatasi.

Bunyi di bagian kaki-kaki mobil

Saat simpul-simpul tie rod mobil mulai aus, maka getaran sedikit pada roda saja bisa menimbulkan bunyi mengganggu pada kaki-kaki. Memang bunyi  ini bisa mengartikan kerusakan lain. Tetapi kalau berbunyi saat ban berbelok mungkin saja ada kerusakan pada tie rod.

Kemudi tidak lurus

Ciri lain dari kerusakan tie rod mobil lainnya adalah mobil sering membuang kesalah satu arah. Ini disebabkan karena ban mobil berotasi ke kanan-kiri dengan sudut yang lumayan besar. Sehingga ada potensi ban mobil belok sendiri ke salah satu arah meski tidak terasa. Ini bisa dirasakan ketika kamu berjalan lurus, kalau biasanya mobil mampu bergerak lurus tapi kali ini pergerakan mobil sedikit melenceng. Ini bisa disebabkan karena kerusakan tie rod mobil yang sudah cukup parah.

Fungsi dan Ciri Kerusakan Tie Rod Mobil yang Perlu Diketahui

Nah, itulah yang perlu kamu ketahui mengenai permasalahan tie rod mobil yang rusak dan ciri-cirinya. Jika kamu menemukan indikasi di atas pada mobil, alangkah baiknya untuk segera membawa mobil ke bengkel. Lakukan pengecekan di bagian kaki-kaki mobil agar mobil kembali berjalan normal dan bunyi mengganggu bisa segera teratasi.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 06 Agt 2020 | 09:59 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tierodmobiltipsandtrikmobilgarasiidsolusipuas