Ketahui Hal-Hal Penting Terkait Komponen Pendingin
Ketahui Hal-Hal Penting Terkait Komponen Pendingin

Fungsi Oil Cooler pada Sistem Pelumasan

04 Nov 2023 | 23:52 WIB

Ketika Sahabat memiliki mobil, terdapat berbagai sistem pendingin yang bertugas untuk mengatur suhu supaya tidak mengalami overheating. Fungsi oil cooler juga demikian, menjadi penting karena memegang peran dalam pengaturan suhu.


Perlu Sahabat ketahui, ada berbagai sistem pendingin pada mobil, termasuk oil cooler. Fungsi dari komponen ini yaitu untuk mendinginkan suhu dari oli mesin dengan cara melepaskan panas ke cairan pendingin atau ke udara bebas.


Jika oli mesin memiliki suhu yang lebih dingin berkat fungsi oil cooler, maka oli tersebut akan lebih kental jika dibandingkan dengan oli yang memiliki suhu lebih panas. Dengan kekentalan yang baik ini, maka oli mesin dapat menjalankan fungsi dengan lebih optimal.


Ketahui Fungi Oil Cooler

Ketahui Fungsi Oil Cooler


Selain berguna untuk memaksimalkan sistem pelumasannya, oil cooler juga bisa menambah usia pakai dari oli mesin. Oli pun akan menjadi tidak cepat aus dan lebih awet, sehingga dapat memberikan kamu keuntungan. Bagaimana Sahabat, apakah kamu pernah menggunakan oil cooler untuk mobil kesayangan kamu? Kamu bisa ketahui secara lengkap berikut ini.


Jenis-jenis Oil Cooler

Pendingin pelumas mesin ini terbagi menjadi dua jenis yaitu pendingin udara dan pendingin air. Perbedaan dari kedua jenis ini terletak pada media yang digunakan untuk mendinginkan oli mesin. Sahabat bisa simak penjelasan lebih lanjut tentang kedua jenis oil cooler.


  • Pendingin Udara

Jenis pertama yaitu oil cooler yang berupa pendingin udara. Sesuai dengan namanya, ini merupakan oil cooler dengan memanfaatkan udara untuk melepaskan panas.Komponen pendingin yang satu ini memiliki bentuk yang mirip dengan radiator. Terdapat sirip-sirip udara serta core yang menjadi tempat untuk mengalirnya oli. Di bagian ini fungsi oil cooler bekerja dengan membuat oli mengalami proses pendinginan supaya suhunya tetap terjaga dan stabil.


  • Pendingin Air

Selanjutnya, ada oil cooler yang berupa pendingin air. Masih sesuai dengan namanya, oil cooler yang kedua ini memakai air pendingin dalam prosesnya. Air tersebut berfungsi untuk melepaskan panas dan menjaga suhu supaya tetap stabil. Untuk pendingin jenis ini, biasanya diletakkan pada sebuah tabung untuk air pendingin. Dengan begitu, saat oil cooler berada di posisi terendam, air pendingin mesin akan menyelimutinya.


Cara Kerja Oil Cooler Pada Mesin Mobil

Pahami Cara Kerja Oil Cooler Pada Mesin Mobil


Cara Kerja Oil Cooler

Setelah memahami jenis-jenis oil cooler, maka selanjutnya penting untuk Sahabat mengetahui cara kerja dari oil cooler. Oil cooler memang terbagi menjadi dua jenis, dengan media yang berbeda dalam prosesnya untuk melepaskan panas. Namun, jika melihat dari cara kerjanya, kedua jenis tersebut memiliki prinsip yang sama, hanya medianya saja yang berbeda.


Suhu panas yang ada dan mengendap di bagian oli mesin, akan dipindahkan menuju ke udara bebas atau ke bagian cairan pendingin mesin. Dengan begitu, maka suhu oli mesin yang dialirkan menjadi lebih rendah atau bisa disebut lebih dingin.


Kemacetan Bisa Mengakibatkan Mesin Mobil Panas

Kemacetan Bisa Mengakibatkan Mesin Mobil Panas


Suhu yang sudah lebih dingin tersebut, selanjutnya akan dipompa untuk masuk ke dalam mesin. Oli pun akan melumasi mesin mobil sekaligus menyerap panas yang dihasilkan oleh berbagai komponen.


Setelah melalui sirkulasi mesin dan keluar, maka suhu oli bisa menjadi kembali panas. Untuk mengurangi panasnya lagi, maka oli kembali masuk ke dalam pendingin. Begitulah seterusnya, sehingga sirkulasi oli bisa tetap melumasi sekaligus mendinginkan mesin.


Pada dasarnya, berbagai sistem pendinginan diperlukan untuk menjalankan mesin mobil, salah satunya oil cooler. Kondisi komponen ini perlu dijaga dengan baik, supaya kinerjanya tetap optimal.


Fungsi Oil Cooler pada Sistem Pelumasan


Jika Sahabat sudah menggunakan oil cooler dan tidak lagi berjalan baik, maka bisa jadi pertanda bahwa kondisi mesin mobil mengalami kerusakan atau kurang baik. Sebaiknya Sahabat segera bawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan perawatan.


Kamu tidak perlu khawatir, karena e-commerce otomotif terpercaya www.Garasi.id berikan solusi terbaik untuk mobil kesayangan Sahabat. Nikmati semua promo jasa servis dari bengkel terbaik yang bekerjasama dengan Garasi.id. Jika ada kendala, Sahabat bisa hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 05 Nov 2023 | 16:16 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

ragamotomotifolimesinoilcoolermesinmobilpendinginudarapendinginairservisberkalaperawatanmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family