Ban Second
Pilih Ban Second

Ganti Ban Second Tebal, Teliti Tanggal Produksinya

17 Agt 2019 | 16:01 WIB

Ban second masih bagus jadi dambaan banyak orang yang berbudget ketat. Pasalnya, ban tebal diasumsikan masih bisa dipakai karena masih punya grip. Mobil pun bisa melaju stabil.

Ganti Ban Second Tebal, Teliti Tanggal Produksinya

Budget juga jadi faktor yang menguntungkan. Soalnya, ban second harganya bisa setengahnya atau bahkan sepertiga dari harga barunya. Tapi ada satu masalah yang mengintai.

Baca Juga : Cara Memilih Ban yang Tepat

Masalah itu menurut teknisi Jakarta Ban, Suroto yang dilansir dari laman otosia, bisa diketahui dengan melihat keterangan di dinding ban, yaitu tahun produksi ban tersebut.

"Tahun produksi jangan terlalu lama karena tingkat kekenyalan ataupun elastisitasnya sudah berkurang," kata dia.

Jadi, sekalipun ban masih terlihat tebal, elastisitasnya sudah habis dimakan masa. Apalagi jika kenyataannya, usia ban sudah sampai lima tahun lewat.

Baca Juga : Mobil Bekas dan Jarang Dipakai, Cek Ban Jangan Lupa!

"Kadang ada ban masih tebal, tetapi karena tahunnya sudah melebihi expired, melebihi masa pakai pabrikan, itu biasanya konstruksi di dalamnya berkarat," kata dia.

Untuk diketahui, ban bukan hanya dibuat menggunakan material karet yang sudah diolah. Namun, konstruksinya menggunakan benang-benang khusus berbahan logam. Akibatnya, benang-benang itu pun bisa saja berkarat.

"(Jika sudah berkarat) menimbulkan getas, bisa langsung pecah," kata dia.

Nah buat Sahabat yang ingin menganti ban kendaraanya dengan ban second, coba lebih diperhatikan lagi tahun produksinya ya.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 01:42 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbelibanrekondisisecondtanggalproduksiteabltelitipirantiotomotifjakartadepokbekasitanggerangbandungsurabayabali
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family