Ganti karet wiper mobil
Ganti karet wiper mobil

Ganti Karet Wiper Tidak Perlu Ke Bengkel, Begini Caranya

09 Agt 2020 | 12:57 WIB

Karet wiper mobil setidaknya harus diganti setiap tahun, karet yang terletak diluar ini memang memiliki usia pakai 1 tahun dimana kalau lebih dari 1 tahun maka karet menjadi getas atau mengeras. Karet wiper yang getas kehilangan elastisitasnya akan berakibat pada tidak maksimalnya sapuan dalam menyeka air hujan. Bahkan akibat yang lebih buruk karet wiper yang mengeras dapat menggores kaca mobil sehingga menggangu visibilitas dan keindahan mobil.

Ganti Karet Wiper Tidak Perlu Ke Bengkel, Begini Caranya


Nah bagaimana cara ganti karet wiper mobil tanpa harus kebengkel, sebenarnya hal ini cukup mudah yakni Sahabat tinggal membeli karet wiper mobil, usahakan cari yang original (di bengkel resmi) dan tentunya jangan sampai salah ukuran. Jika terpaksa membeli karet wiper aftermarket usahakan membeli wiper dengan ukuran yang sama dan membawa contoh karet wiper mobil yang akan diganti.

Tahap Mengganti Karet Wiper Mobil

Ganti Karet Wiper Tidak Perlu Ke Bengkel, Begini Caranya


Salah satu tanda karet wiper mobil minta diganti adalah jika setelah menyeka dia menyisakan kotoran atau bercak air di kaca mobil, kemudian tandanya lagi karet wiper berbunyi decit saat menyeka, sapuan air tidak sempurna, karet wiper pecah-pecah dan karet mengeras. Nah jika terdapat tanda-tanda tersebut meskipun belum 1 tahun Sahabat seharusnya mengganti karet wiper mobil tersebut. Yuk simak tahapan mengganti karet wiper mobil di rumah.

Angkat Wiper Mobil

Ganti Karet Wiper Tidak Perlu Ke Bengkel, Begini Caranya


Saat ingin ganti wiper mobil di rumah, angkat wiper mobil dari kaca mobil dan letakkan kain halus/handuk pada bagian kaca. Tujuannya adalah untuk menghindari baretan yang diakibatkan dari benda-benda yang terjatuh saat melepas wiper mobil.

Lepaskan Karet Wiper Mobil

Ganti Karet Wiper Tidak Perlu Ke Bengkel, Begini Caranya


Setelah wiper mobil terangkat, lepaskanlah bilah karet wiper dari rumah wiper. Cara melepas karet wiper yang baik dan benar adalah tekan pengunci yang terletak di bagian tengah batang wiper dan dorong ke arah bawah untuk melepas wiper dari tangkainya. Lakukan secara perlahan dan berhati-hati karena jika tangkai penggerak wiper mobil rusak, nantinya wiper mobil kamu tidak akan bekerja dengan sempurna.

Pasang Karet Wiper Mobil Baru

Setelah melepas wiper mobil, masukkan wiper mobil baru dengan cara mendorong ke arah atas hingga terdengar bunyi 'klik' yang menandakan bahwa wiper mobil sudah terkunci dengan baik. Lalu Sahabat bisa letakkan kembali wiper mobil ke posisi semula. 

Ganti Karet Wiper Tidak Perlu Ke Bengkel, Begini Caranya


Bagaimana Sahabat mudah bukan? Ingat, yang terpenting adalah memastikan wiper mobil baru memiliki ukuran yang sama dengan wiper yang akan diganti. Lalu, kapan dan bagaimana ciri karet wiper mobil yang perlu diganti ? Yuk simak di bawah ini.

Karet wiper mobil yang sudah aus/getas

Musim Hujan Tiba, Periksa Kelayakan Kondisi Wiper Mobil

Jika kamu menemukan kondisi karet wiper mobil yang sudah aus/getas, sebaiknya kamu mengganti dengan karet yang lentur. Karet yang mengeras, selain menyebabkan sapuannya terhadap air di permukaan kaca tak merata, juga berpotensi menyebabkan kaca mobil baret. Bila kondisi itu terjadi, biaya pemulihannya cukup mahal lho Sahabat. Jadi lebih baik mencegah daripada mengobati bukan.

Gerakan Wiper Mobil Tidak Normal

Fenomena gerakan karet wiper yang tidak normal atau lambat biasanya disebabkan karena ada bagian di dalam sistem penggerak wiper yang kotor. Hal ini berdampak pada arus listrik dan biasanya membuat engkol wiper terhambat. Cara untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan tahanan koil tersebut.

Musim Hujan Tiba, Periksa Kelayakan Kondisi Wiper Mobil

Selain itu alasan wiper mobil lambat yakni lantaran ada yang berkarat di elemen wiper tersebut. Alhasil membuat kinerja tidak optimal, sapuannya melambat. Cara untuk mengatasinya, bersihkan engkol dari karat dan semprot bagian itu dengan cairan anti karat. Bila sudah parah harus dilas atau menggantinya.

Dinamo Wiper Mobil (motor wiper) Rusak

Musim Hujan Tiba, Periksa Kelayakan Kondisi Wiper Mobil

Seperti dinamo pada umumnya kerusakan yang sering terjadi pada dinamo wiper mobil juga masalah kumparan yang terbakar. Biasanya disebabkan oleh hubungan singkat arus listrik pada mobil. Kalau sudah begini wiper mobil dinyatakan rusak total dan harus diganti.

Jasa dan Servis Garasi.id Solusi Perawatan Mobil Kesayangan

Untuk kamu yang ingin melakukan perawatan mobil dengan aman selama masa transisi ini, Garasi.id juga memiliki layanan rawat mobilmu #PilihanAman berkendara jadi nyaman.  Kami menyediakan voucher untuk semua kebutuhan perawatan mobil kesayanganmu seperti perawatan mobil, servis mobil, cuci mobil, spooring mobil, balancing mobil, ganti oli, sampai dengan servis rutin bulanan.

Tips Beli Mobil Bekas Ala Garasi.id

Untuk tetap jadi #PilihanAman perawatan kendaraanmu, kami juga menambahkan layanan home service dengan pembayaran kartu kredit cicilan 0%. Layanan yang Garasi.id berikan juga sudah mengacu kepada standarisasi protokol kesehatan.

Itulah tips membeli mobil bekas menguntungkan yang perlu kamu coba agar tidak menyesal nantinya. Untuk info lebih lanjut, Sahabat bisa menghubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di clara@garasi.id.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 09 Agt 2020 | 12:57 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbeliwiperkaretgantibersihotomotiftriktipsjakartadepokbekasitanggerang