Ganti Oli Mobil Hal Wajib Perawatan Rutin Agar Mobil Selalu Prima
Ganti Oli Mobil Hal Wajib Perawatan Rutin Agar Mobil Selalu Prima

Ganti Oli Mesin Mobil Pasca Mudik Lebaran

26 Apr 2023 | 10:00 WIB

Masih dalam suasana mudik Lebaran 2023. Perlu Sahabat perhatikan, sebelum melakukan mudik lebaran, akan lebih baik oli mesin diganti baru walaupun belum memasuki jadwal ganti. Karena mengganti oli mesin lebih cepat itu ada alasannya. Saat mengalami kemacetan saat mudik, mesin akan terus bekerja dan oli mesin akan semakin menurun kemampuannya. Waktu tempuh kendaraan yang semakin lama membuat oli mesin harus extra bekerja keras.


Oli mesin punya peran penting pada kendaraan. Pemilihan oli mesin dapat menentukan performa kendaraan. Oleh karena itu, Sahabat wajib mengetahui hal-hal mendasar seputar oli mesin agar dapat memberikan pelumas yang terbaik pada kendaraannya.


Fungsi oli mesin melumasi komponen mesin yang bergerak agar tidak terjadi aus atau kerusakan dini. Oli mesin berperan membantu meredam suhu yang tinggi pada komponen mesin yang bergerak. Suhu yang tetap terkontrol memungkinkan kendaraan bekerja dengan optimal.


Oli Mobil Yang Menghitam Perlu Diganti Secepatnya
Oli Mobil Yang Menghitam Perlu Diganti Secepatnya

Baca juga: Skema Contra Flow & One Way Mudik Lebaran 2023



Pemilik kendaraan juga wajib mengerti kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mesin. Cara sederhana mengetahui waktu ganti oli adalah dengan mengikuti petunjuk di buku manual kendaraan. Bengkel resmi mobil biasanya menetapkan waktu ganti oli mesin yang ideal adalah 5.000-10.000 KM atau enam bulan sampai satu tahun sekali.


Sahabat bisa lihat dari tipenya, ada beberapa tipe oli mesin yang harus dipahami pemilik kendaraan yaitu oli sintetis, oli gabungan sintetis, oli jarak tempuh tinggi dan oli konvensional. Oli sintetis dibuat secara kimia agar dapat memiliki performa yang baik dibanding oli konvensional. Oli jenis ini dapat bekerja dengan baik di berbagai situasi. Sedangkan oli gabungan sintetis kerap digunakan untuk mobil SUV.


Oli jenis ini dibuat dari kombinasi antara sintetis dan organik yang mampu melindungi dari oksidasi dan tetap bekerja optimal di berbagai suhu dan membuat kendaraan hemat bahan bakar. Harga oli gabungan ini relatif lebih murah dibandingkan oli sintetis.


Periksa Batas Normal Oli Mobil Dengan Tongkat Pengukur Oli
Periksa Batas Normal Oli Mobil Dengan Tongkat Pengukur Oli

Baca juga: Cek Tekanan Angin Ban Mobil Saat Mudik Lebaran



Kemudian oli jarak tempuh tinggi digunakan untuk mobil jenis baru yang memiliki bahan tambahan untuk mengurangi kebakaran dan kebocoran pada oli. Kemudian oli konvensional cocok digunakan untuk mobil dengan desain mesin sederhana dan untuk driver yang memiliki gaya mengemudi yang konservatif. Ingat Sahabat, selain ganti oli mesin kamu juga wajib mengganti filter oli mesin. Filter oli mesin diganti baru agar endapan kotoran tidak menyumbat pelumasan. Itulah pentingnya ganti oli mesin baru sebelum melakukan perjalanan mudik. Sahabat bisa nikmati potongan harga untuk jasa servis ganti oli untuk mobil kesayangan. Informasi lengkap silahkan hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id. Selamat mudik Sahabat Garasi!



Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 05 Mei 2023 | 11:31 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobilservisberkalagantiolifilterolimudiklebaran
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family