Jaga Kebersihan Interior Mobil Selalu
Jaga Kebersihan Interior Mobil Selalu

Gawat! Penyebab Interior Mobil Kamu Cepat Rusak

11 Nov 2021 | 14:15 WIB

Interior mobil merupakan salah satu bagian yang menentukan kenyamanan pengendaranya ya Sahabat Garasi. Bahkan, tidak sedikit orang rela merogoh kocek dalam untuk mempercantik interior mobil kesayangannya. Namun, masih banyak pemilik kendaraan kerap menomorduakannya karena dianggap tidak terlalu penting.

Jaga dan Bersihkan Selalu Interior Mobil

Jaga dan Bersihkan Selalu Interior Mobil


Berbeda dengan bagian body luar, menjaga kualitas interior mobil perlu perawatan ekstra agar tidak mudah rusak dan selalu nyaman saat digunakan. Sayangnya, hal-hal ini yang sering kali tidak kamu sadari malah merusak interior mobilmu. Berikut ulasannya:

1. Jarang Bersihkan Interior Mobil

Meskipun terlihat kinclong bukan berarti Kamu tidak perlu membersihkan interior mobil. Agar tidak cepat rusak, sebaiknya bersihkan interior secara rutin untuk menghilangkan debu atau sisa remah makanan yang dapat menggores kulit jok.

Selain menjaga tampilannya tetap berkilau, rutin membersihkannya juga meminimalisir penumpukan debu yang berbahaya bagi pernapasan, terlebih jika jok mobil berbahan dasar kain.


Jangan Makan dan Minum Di Mobil

Jangan Makan dan Minum Di Mobil


2. Makan dan Minum dalam Mobil

Mobilitas yang padat membuat banyak orang menjadikan mobil mereka sebagai rumah kedua. Banyak aktivitas dilakukan di dalamnya termasuk makan dan minum. 

Namun, remah makanan atau minuman yang sering tumpah dapat merusak interior mobil. Apalagi jika makanan atau minuman mengandung asam, berkuah, dan berminyak. Karena itu, rajinlah membersihkan bagian dalam mobil agar tidak merusak jok dan tidak menimbulkan bau tak sedap.

3.Ceroboh di Dalam Mobil

Meletakan benda-benda bersudut tajam dapat menggores bahkan merobek jok mobil Anda. Tidak hanya itu, barang yang terbuat dari vinyl dan plastik yang mengandung wax juga dapat merusak interior ketika menempel saat mobil dijemur di cuaca panas.

Untuk mencegah kerusakan sebaiknya alasi jok dengan kardus atau kain sebelum meletakan barang bersudut tajam atau mudah luntur.

4. Jemur Mobil Terlalu Lama

Hati-hati, kebiasaan satu ini tanpa disadari dapat merusak interior mobil Kamu. Saat memarkirkan mobil di tempat terbuka dengan cuaca panas, suhu kabin dapat meningkat dan lama-lama mampu membuat jok yang terbuat dari kulit mengelupas.

Jika sedang bepergian, usahakan parkir mobil di tempat yang teduh. Sementara, jika garasi rumah Kamu tidak tertutup, selalu ingat untuk menutup mobil dengan pelindung khusus.

5. Semprotkan Hand Sanitizer

Di tengah pandemi, membersihkan benda-benda yang dapat menjadi media penyebaran virus memang penting. Namun, cairan antiseptik atau hand sanitizer dengan kandungan alkohol dapat merusak lapisan jok yang berbahan kulit sintetis.

Karena itu untuk membersihkannya, pemilik kendaraan dapat menggunakan deterjen cair yang dicampur dengan air lalu simpan dalam botol spray.

Interior mobil dapat mengalami gangguan atau kerusakan, terlebih jika mobil sering digunakan. Kamu tidak boleh hanya fokus ke bagian eksterior mobil saja. Begitu pula saat pemeriksaan mobil sebelum digunakan berpergian jauh. Masih banyak yang cenderung memilih untuk tidak melakukan pemeriksaan pada bagian interior mobil. 

Banyak yang menganggap interior mobil tidak terlalu penting dalam pemeriksaan karena risiko adanya kerusakan lebih kecil. Interior mobil memang tidak bersinggungan langsung dengan gangguan dari luar seperti jalanan yang rusak, air, hingga cuaca. Namun, bukan berarti komponen-komponen yang menyusun interior mobil tidak dapat rusak.

Bagaimanapun juga, interior mobil pun digunakan saat berkendara. Kamu jelas akan menyalakan AC saat berkendara, duduk di jok mobil, menyimpan barang di dashboard, hingga menginjak karpet pelapis di dasar kabin. Sudah pasti ada debu dan kotoran yang menempel di sana.

Penggunaan komponen interior secara terus-menerus ini bukan tidak mungkin akan memunculkan permasalahan. Untuk itu, pemeriksaan juga perlu dilakukan pada bagian interior mobil.

Idealnya, pemeriksaan memang dilakukan menyeluruh pada seluruh komponen interior mobil, termasuk permukaan dashboard mobil. Ini komponen-komponen interior mobil yang harus dirawat:

1. Air Conditioner (AC)

AC adalah komponen interior vital pada sebuah mobil. Tanpa adanya AC, berkendara akan terasa kurang nyaman. Oleh karenanya, pastikan Kamu memeriksa AC sebelum bepergian jauh. Cek apakah AC terasa dingin atau tidak.

Waspadalah jika AC sering mati mendadak. Mesin yang berderit saat mobil dihidupkan juga bisa menjadi indikator adanya kerusakan pada komponen penyusun AC. Jika hal ini terjadi, segera bawa mobil Kamu ke bengkel.

Bersihkan Head Unit Mobil

Bersihkan Head Unit Mobil


2. Head Unit

Head unit adalah komponen pada mobil yang berfungsi sebagai penerima seluruh sinyal audio di dalam mobil. Bentuknya berupa layar untuk mengatur seluruh audio pada mobil, baik itu melalui Bluetooth, Radio FM/AM, maupun CD atau DVD.

Pada beberapa jenis mobil, head unit juga dapat digunakan sebagai GPS. Periksa head unit sebelum bepergian jauh. Jika menggunakan touch screen, periksa apakah sensitivitasnya masih baik.

3. Kemudi (Steering Wheel)

Bagian interior mobil berikutnya adalah kemudi. Periksa apakah setir sejalan dengan gerak ban. Jangan lupa juga untuk mengecek power steering bekerja dengan baik. 

Selain setir, periksa juga panel indikator yang terletak di depan setir. Lihat speedometer dan indikator lainnya, apakah bekerja dengan baik atau justru ada gangguan.

4. Jok dan Karpet

Terakhir, jangan lupa memeriksa bagian jok dan karpet mobil. Jok memiliki peranan penting dalam kenyamanan berkendara, khususnya bagi alas kaki. Untuk itu, periksalah komponen tersebut sebelum bepergian.

Pastikan jok dalam kondisi baik dan nyaman untuk diduduki. Untuk karpet, Kamu harus rutin membersihkan bagian ini karena bersinggungan langsung dengan dunia luar. Cuci karpet pelapis saat terlihat kotor dan tidak sedap dipandang dengan cairan pembersih khusus mobil.

Pemeriksaan mobil ternyata tidak hanya pada eksterior, bagian interior mobil pun harus diperiksa dengan saksama. Ini karena bagian dalam mobil juga bisa mengganggu keselamatan dan kenyamanan jika tidak lekas diperbaiki dan dalam keadaan tidak bersih. Jika Sahabat Garasi ingin membuat interior mobil kesayangan kamu terlihat bersih dan kinclong, Garasi.id sedang ada promo interior mobil diskon hingga 50%, coba cek www.garasi.id atau klik link ini.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Nov 2021 | 14:15 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifinteriormobil