Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Mobil Matic
Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Mobil Matic

Gejala Kampas Kopling Mobil Matic Habis

09 Nov 2023 | 00:00 WIB

Saat ini pabrikan mobil sudah banyak mengeluarkan kendaraan dengan dukungan spesifikasi berkelas dan bersaing. Mulai dari dukungan kapasitas mesin, fitur hingga varian transmisi manual dan matic. Jika Sahabat memilih mobil dengan transmisi matic, salah satu kemudahaannya adalah kamu tidak perlu mengoperasikan pedal kopling.


Akan tetapi mobil dengan transmisi matic juga memiliki beberapa kekurangan yang harus kamu waspadai ya Sahabat. Karena jika tidak, nantinya akan berakibat fatal pada kondisi mobil matic yang kamu miliki. Kendala mobil matic bisa dikatakan cukup sering dibandingkan dengan mobil dengan transmisi manual, maka dari itu perawatan mobil matic harus kamu perhatikan dengan ekstra.


Masalah Yang Sering Terjadi Pada Mobil Matic

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Mobil Matic


Salah satu masalah yang sering terjadi pada sebuah mobil matic adalah pada kampas kopling. Karena sudah banyak pemilik mobil dengan transmisi matic yang mengeluhkan kerusakan pada sektor ini. Bagaimana Sahabat, apakah kamu juga pernah mengalaminya? Berikut ini beberapa gejala-gejala kampas kopling yang mulai menipis, seperti apa gejalanya? Sahabat bisa simak berikut ini.


  • Mobil Bergetar

Sahabat dapat merasakan kampas kopling sudah mulai terganggu performanya, ketika kamu mengendarai mobil dan menghasilkan banyak getaran. Jika kampas kopling ini sudah habis benar atau sudah bersih, kopling ini bisa jadi gosong dan bikin mobil jadi bergetar kencang, ciri-ciri ini menjadi tanda untuk segera melakukan pergantian kampas kopling mobil.


Lakukan Perawatan Rutin Pada Mobil Matic

Lakukan Perawatan Rutin Pada Mobil Matic


  • Perpindahan Gigi Terasa Kasar

Ketika kampas dari mobil matic sudah mulai menurun kualitasnya, akan muncul tanda-tanda saat Sahabat melakukan perpindahan gigi mobil dan menjadi kasar. Muncul suara krek dengan durasi yang lumayan panjang daripada biasanya. Ini sangat berbahaya jika sering terjadi dan tidak segera ditangani. Gigi mobil akan menjadi terkunci dan tidak bisa dipindahkan posisinya.


  • Kopling Selip dan Akselerasi Melemah

Gejala atau ciri kampas kopling matic aus atau habis selanjutnya adalah kopling yang menjadi selip. Selip kopling ini biasanya terjadi karena oli yang sudah tidak fresh atau tidak diganti dalam waktu lama. Dampak lainnya adalah akselerasi dari mesin mobil jadi lemah, ini menjadi salah satu tanda penunjang kalau kopling matic mobil aus atau habis. Akibatnya jika kampas aus, otomatis mobil matic bisa jadi kehilangan tenaganya serta juga akselerasinya jadi cenderung lamban.


  • Tercium Bau Hangus

Gejala atau ciri kampas kopling mobil matik aus selanjutnya adalah adanya bau hangus. Bau hangus ini sebetulnya tipis saja, dan tercium saat Sahabat mengendarai mobil. Jika kampas kopling mobil sudah benar-benar habis, Sebaiknya kamu harus segera bawa ke bengkel untuk perbaikan.


Konsumsi BBM Kebih Boros

Konsumsi BBM Lebih Boros


  • BBM Boros

Gejala selanjutnya adalah BBM mobil kesayangan Sahabat menjadi boros. Ini menjadi salah satu tanda yang cukup merepotkan, karena disaat kamu menginginkan konsumsi bbm menjadi irit. Masalah kampas kopling ini justru menyebabkan BBM lebih boros daripada biasanya. Kamu akan menyadarinya ketika berkendara dalam jarak jauh namun bensin cepat habis. Kampas kopling pada mobil matic yang habis ini bisa membuat kita menekan pedal gas jadi lebih dalam daripada biasanya dan ini yang membuat konsumsi BBM jadi sangat tinggi.


Nah Sahabat, itulah beberapa ciri-ciri dan gejala kampas kopling mobil matic habis. Beberapa gejala diatas wajib di perhatikan jika ingin mobil matic kesayangan kamu jauh dari kerusakan. Lakukan perawatan rutin mobil secara keseluruhan ya Sahabat, agar tidak merugikan kamu ketika berkendara dengan keluarga tersayang.


Gejala Kampas Kopling Mobil Matic Habis


Manfaatkan layanan jasa servis hanya di www.Garasi.id. Nikmati semua promo terbaik untuk mendapatkan mobil yang sehat dan optimal, termasuk kondisi kopling dalam kondisi yang sangat baik. Informasi lengkap silahkan hubungi tim Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 10 Nov 2023 | 14:25 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifkampaskoplinggantikoplingmobilbergetarmesinkasarbbmboroskoplingselipgigikasarperawatanmobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family