Lakukan Gurah Mesin Untuk Meningkatkan Performa Mobil
Lakukan Gurah Mesin Untuk Meningkatkan Performa Mobil

Gurah Mesin Lebih Efektif Dibandingkan Turun Mesin

01 Mar 2023 | 10:00 WIB

Gurah mesin mobil dilakukan sebagai salah satu solusi untuk mengembalikan performa mobil. Sederhananya, dengan prosedur gurah mesin, maka tumpukan deposit atau kerak karbon di ruang bakar mobil akibat pemakaian dapat berkurang. Jika dibandingkan, gurah mesin lebih hemat daripada biaya turun mesin mobil. Meski begitu, cara ini bisa menimbulkan sejumlah risiko.


Gurah mesin mobil merupakan sebuah proses untuk membersihkan kerak karbon atau biasa disebut dengan carbon cleaner engine. Hal ini biasa dilakukan untuk mobil yang menggunakan bahan bakar bensin. Dengan melakukan gurah mesin mobil, maka diharapkan akan membersihkan ruang bakar mesin dari kerak dan endapan yang bisa mengganggu performa mesin mobil.


Metode yang dilakukan untuk kegiatan service mobil ini adalah dengan memberikan cairan kimia khusus dan cairan yang ditujukan untuk membersihkan karbon. Kedua cairan tersebut akan dimasukkan ke dalam mesin lewat saluran oli. Lalu, bersama oli, cairan akan diputar dan kemudian dilakukan pengurasan.


Gurah Mesin Merupakan Pekerjaan Khusus Pada Kendaraan

Gurah Mesin Merupakan Pekerjaan Khusus Pada Kendaraan


Seperti yang sudah disebutkan di atas, banyak bengkel yang menyediakan jasa gurah mesin mobil, sehingga memang gurah mesin dilakukan di bengkel umum maupun resmi. Bahkan, hampir semua bengkel resmi akan sering merekomendasikan gurah apabila mobil yang mereka tangani sudah membutuhkan servis tersebut.


Berbeda dengan ganti oli yang biasa dilakukan setiap beberapa kilometer, gurah mesin dilakukan sesuai dengan kondisi mobil. Jadi, apabila Sahabat direkomendasikan oleh bengkel untuk melakukan gurah mesin mobil, segera lakukan.


Langkah Gurah Direkomendasi Tergantung Kondisi Mesin Mobil
Langkah Gurah Direkomendasi Tergantung Kondisi Mesin Mobil

Metode Gurah Mesin Mobil Sendiri

Sebenarnya gurah mesin mobil bisa dilakukan sendiri, namun apabila Sahabat tidak pernah melakukannya atau bukan ahli bidang ini, maka disarankan dilakukan di bengkel saja karena membutuhkan keahlian khusus. Jika Sahabat penasaran bagaimana proses gurah mesin mobil, berikut langkah-langkahnya secara singkat:


  1. Memanaskan mobil hingga mencapai suhu kerja normal, ditandai dengan kipas radiator berputar. Dengan begini makan cairan gurah akan lebih mudah merontokkan karbon-karbon yang menempel. Setelah mesin panas, matikan mesin mobil.


  1. Melepaskan semua terminal negatif aki untuk keamanan mobil. Selain itu, semua busi juga dibuka. Saat busi dilepas, busi direndam dengan cairan gurah dengan wadah sendiri untuk merontokkan kotoran di busi.


  1. Lewat lubang busi tersebut, cairan gurah yang sudah disiapkan dimasukkan. Cairan gurah yang dimasukkan harus cukup untuk gurah semua mesin mobil.


  1. Mendiamkan cairan gurah yang sudah masuk ke dalam mesin mobil dalam beberapa menit. Sembari menunggu, busi yang direndam sebelumnya tersebut bisa disikat hingga bersih.


  1. Selanjutnya adalah menyedot cairan gurah yang ada di dalam mobil hingga tidak ada lagi yang tersisa.


  1. Lakukan berulang, yaitu memasukkan cairan gurah dan mengeluarkannya lagi hingga cairan yang disedot sudah benar-benar bersih dan tidak ada kotoran yang bisa dilihat.


Ketahui Seputar Gurah Mesin Mobil
Ketahui Seputar Gurah Mesin Mobil


Manfaat Gurah Mesin Mobil

Banyak orang yang bertanya apakah gurah mesin mobil efektif? Gurah mesin mobil memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengembalikan performa mesin mobil.


Gurah mesin akan dilakukan jika bagian bahan bakar sudah banyak kotoran yang menyebabkan performa mesin menurun. Kerak karbon yang mengendap ini dikarenakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan mesin mobil, atau kualitas bahan bakar yang tidak baik. Kemudian, untuk kendaraan-kendaraan yang sering terjebak macet juga berpotensi mengalami penumpukan karbon di mesinnya.  


Gurah mesin mobil dinilai lebih efektif dibandingkan dengan turun mesin, yang memiliki proses lebih lama dan biaya lebih mahal. Selain itu, ada beberapa manfaat yang bisa Sahabat rasakan setelah mobil selesai dilakukan gurah, di antaranya adalah:


  • Power dan torsi mobil akan kembali seperti baru sehingga laju mobil lebih mulus.


  • Mengurangi polusi gas buang, sehingga Anda lebih sedikit menyumbang pemanasan global dibandingkan sebelum melakukan gurah.


  • Menghilangkan efek knocking pada mobil Anda.


  • BBM yang digunakan setelah melakukan gurah mesin mobil lebih hemat.


  • Biaya perawatan mesin pun juga ikut lebih hemat.


Setelah mengetahui manfaat dari gurah mesin mobil di atas, maka disarankan Sahabat melakukan kegiatan service mobil ini secara teratur, terutama jika bengkel sudah merekomendasikan hal tersebut.


Gurah Mesin Lebih Efektif Dibandingkan Turun Mesin


Sekarang Sahabat sudah mengetahui apa itu gurah mesin. Langsung lakukan servis mobil kesayangan Sahabat sekarang karena partner Bengkel Fast berikan Promo Diskon Hingga 50% dengan pilihan servis tune up, gurah mesin, spooring hingga balancing agar setiap komponen mobil tetap terjaga kondisinya.


Langsung saja jadwalkan kedatangan Sahabat melalui Clara di Garasi.id. selain itu  juga bisa berkonsultasi apabila memiliki pertanyaan atau kendala yang berhubungan dengan mobil kesayangan Sahabat. Segera hubungi tim Clara di Whatsapp sekarang juga dan manfaatkan layanan service yang sudah tersedia melalui cara yang sama yaitu dengan mengunjungi www.Garasi.id.


Dapatkan juga berbagai informasi lengkap tentang Kumpulan Artikel Tips, Event, Review dan Berita Otomotif Terupdate menyesuaikan dengan perkembangan mobil, situasi strategi bisnis, kemajuan teknologi dari sumber terpercaya di website terbaik www.Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 11 Sep 2023 | 08:48 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifgurahmesinturunmesinperawatanmobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family