Tips berkendara jauh yang aman
Tips berkendara jauh yang aman

Hendak Berkendara Jauh? Ini Dia 11 Tips Aman Dan Nyaman Berkendara

18 Mar 2022 | 12:00 WIB

Bila hendak melakukan perjalanan jauh dengan mobil, Sahabat perlu melakukan persiapan khusus agar perjalanan Sahabat jadi aman dan nyaman. Hal ini perlu dilakukan karena perjalanan jauh itu akan sangat melelahkan sehingga perlu ketahanan fisik terutama bila Sahabat mengemudikan kendaraan sendiri.

Banyak hal yang perlu diperhatikan terutama dari faktor pengemudi hingga kondisi kendaraan yang Sahabat gunakan. Berkendara jarak jauh tentunya akan rawan terjadi masalah seperti kecelakaan dan lainnya bila Sahabat tidak mengetahui cara yang aman berkendara dalam jarak yang jauh. Untuk itu berikut beberapa tips berkendara jauh yang aman dan nyaman.

Periksa Kondisi Mobil

Langkah awal yang perlu Sahabat lakukan untuk berkendara jauh adalah mempersiapkan mobil. Pastikan kondisi mobil Sahabat dalam kondisi yang prima dan optimal. Untuk mengetahuinya Sahabat bisa melakukan pengecekan sebagai berikut :

1. Oli mesin

Pastikan kondisi oli mesin Sahabat berada pada volume yang cukup. Untuk mengeceknya, Sahabat dapat memeriksa level volume dengan menggunakan stik oli. Perhatikan batas oli yang menempel pada stik oli tersebut. Kondisi volume oli yang baik adalah jika berada pada garis tanda L atau F ataupun berada sedikit dibawah level F. Bila kondisi oli mobil kurang, tambahkan hingga secukupnya.

2. Air radiator dan air reservoir

Bagian lainnya yang perlu Sahabat periksa kondisinya adalah air radiator dan air reservoir. Pastikan kondisi air radiator Sahabat dalam keadaan yang penuh. Sedangkan untuk air reservoir berada dalam kondisi yang tidak terlalu penuh ataupun sampai pada batas levelnya. Selain itu periksa pula bagian selang radiator dan selang yang menghubungkan ke reservoir. Perhatikan kondisi dari selang tersebut, bila selang menggelembung ataupun retak, sebaiknya segera ganti agar di tengah perjalanan selang tersebut tidak mengalami kerusakan atau pecah. Pastikan pula kondisi sambungan selang ke radiator dan mesin rapat agar tidak mengalami kebocoran.

3. Kipas Pendingin

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi putaran kipas pendingin. Apabila kipas pendingin diputarkan oleh belt maka Sahabat dapat memeriksa kondisi fisik dari belt tersebut. Bila kondisi belt sudah retak, maka sebaiknya ganti dengan belt yang baru. Periksa pula ketegangan tension belt supaya putaran kipas pendingin dapat bekerja optimal. Bila kipas pendingin diputar dengan motor listrik, periksalah kondisi dari motor listrik.

Jangan lupa untuk memperhatikan sistem pendinginan dari mesin mobil, caranya adalah dengan memperhatikan jarum penunjuk temperatur. Bila jarum tersebut berada melebihi garis tengah, hal itu menandakan bahwa kondisi mesin masih cukup panas dan aman digunakan. Namun bila kondisinya melebihi dari setengah, sebaiknya Sahabat segera berhentikan kendaraan dan tunggu hingga kondisi mobil dingin. Kemudian periksa kondisi dari air pendingin dan kipas pendingin.

4. Filter dan Selang Bensin

Pastikan kondisi dari filter dan selang bensin dalam keadaan yang baik, selang bahan bakar tidak mengalami keretakan dan kebocoran. Pastikan pula kondisi dari filter bensin dalam kondisi yang tidak tersumbat. Selain itu pastikan pula filter bensin dalam keadaan yang bersih.

5. Timing Belt

Untuk kondisi dari timing belt diperlukan penggantian yang berdasarkan pada jarak tempuh yang sudah dilalui dari kendaraan tersebut. Sahabat dapat mengecek speedometer mobil. Bila timing belt sudah digunakan hingga jarak 50.000 km maka Sahabat harus segera menggantinya dengan timing belt yang baru meskipun belum terdapat kerusakan pada timing belt tersebut.

6. Filter Udara

Sebelum berkendara jauh, sebaiknya Sahabat membersihkan terlebih dahulu filter udara pada kendaraan. Penggunaan filter udara didasarkan pada jarak tempuh yang sudah dilalui kendaraan yaitu sekitar 10 ribu km.

7. Aki mobil

Seperti yang Sahabat ketahui bahwa aki mobil merupakan bagian yang penting dalam sebuah kendaraan karena berkaitan dengan sistem starter kendaraan. Karena Sahabat ingin menggunakannya untuk berkendara jauh, akan lebih baik jika Sahabat memeriksa bagian aki mobil. Pastikan kondisi aki bersih dari kotoran dan kerak yang menempel sebelum digunakan untuk berkendara jauh. Periksa pula kondisi dari level air aki. Bila volume air aki berkurang maka Sahabat dapat menambahkannya dengan air aki murni

8. Rem Mobil

Rem mobil merupakan komponen yang mendukung keamanan dalam berkendara. Tentunya kondisi rem harus dalam keadaan yang baik agar Sahabat merasa aman dan nyaman ketika melakukan perjalanan jauh. Periksalah volume dari oli rem yang ada di reservoir. Bila kondisi nya kurang dari batas minimal, maka tentunya terjadi kebocoran pada rem mobil Sahabat. Periksa apakah terjadi kebocoran pada master rem, selang, dan bagian lainnya. Kondisi kampas rem juga perlu diperhatikan. Sahabat tidak harus mengganti kampas rem dengan yang baru ketika akan melakukan perjalanan jauh, cukup bersihkan kampas rem dari kotoran-kotoran yang melekat. Dan pastikan ketebalan dari kampas rem masih layak untuk digunakan.

9. Ban Mobil

Kondisi ban mobil juga perlu diperhatikan, periksalah kondisi ban mobil apakah ada benda yang tajam yang menempel sehingga dapat merusak ban mobil. Periksa pula kondisi dari tapak ban dan tekanan angin ban. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek kondisi ban mobil cadangan Sahabat.

10. Lampu mobil

Terkait dengan keamanan mengemudi tentunya kondisi lampu mobil menjadi faktor yang penting di dalam kendaraan. Pastikan semua bagian dari lampu mobil dapat berfungsi dengan maksimal. Bila terdapat kondisi lampu yang mati sebaiknya segera lakukan penggantian dengan yang baru.

11. Wiper Kaca Mobil

Wiper mobil merupakan salah satu bagian yang penting terutama bila Sahabat menggunakannya pada saat cuaca hujan. Pastikan kondisi wiper mobil dapat bekerja maksimal agar perjalanan Sahabat semakin aman.

Pemeriksaan kendaraan dapat Sahabat lakukan sendiri di rumah ataupun di bengkel-bengkel resmi terdekat untuk memastikan kondisi mobil Sahabat dalam keadaan yang prima untuk digunakan. Nah untuk Sahabat yang ingin service mobil dengan diskon hingga 50%, Sahabat bisa membeli voucher service mobil di Garasi.id.

Bilas Sahabat sudah memeriksa kondisi kendaraan yang akan di gunakan, tips selanjutnya yang bisa membantu Sahabat berkendara jauh dengan aman dan nyaman adalah sebagai berikut :

Istirahat yang cukup

Untuk berkendara jauh, Sahabat perlu beristirahat dengan cukup. Istirahat yang cukup akan membuat badan Sahabat tidak akan merasa lemas dan ngantuk ketika mengemudi. Jika Sahabat terasa lemas dan mengantuk, tentunya hal ini akan mempengaruhi konsentrasi ketika mengemudi.

Mengkonsumsi suplemen

Sahabat juga dapat mengkonsumsi suplemen ataupun minuman energi yang dapat membuat Sahabat lebih berenergi, namun jangan berlebihan ya Sahabat.

Posisi Mengemudi

Hal lainnya yang mampu membantu kenyamanan Sahabat ketika berkendara jauh adalah posisi mengemudi. Pastikan kondisi mengemudi Sahabat terasa nyaman. Sahabat dapat mengubah posisi jok pengemudi ataupun sandaran punggung dan kepala hingga Sahabat merasa nyaman. Kondisikan spion mobil juga perlu diatur dengan pas agar Sahabat bisa melihat dengan jelas bagian kanan,kiri, dan belakang mobil.

Selain itu, Sahabat juga harus mengetahui cara mengemudi kendaraan yang benar. Cara mengemudi mobil yang tepat adalah dengan memperhatikan kondisi dari sekitar mobil Sahabat. Jagalah pengaturan pengereman mobil Sahabat dengan benar, jangan melakukan pengereman yang mendadak karena hal ini akan sangat berbahaya. Jaga jarak mobil Sahabat dengan kendaraan yang ada di depan. Jangan lupa untuk menyalakan lampu sein mobil ketika Sahabat ingin berpindah jalur.

Sebisa mungkin untuk tidak menerima telpon pada saat berkendara. Hal ini penting dilakukan saat Sahabat berkendara jauh maupun dekat. Menelepon sambil berkendara tentunya akan membuat konsentrasi Sahabat berkurang di jalanan.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 18 Mar 2022 | 12:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifberkendararoadtrip
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family