Disinfektan kendaraan
Disinfektan mobil

Hilangkan Virus Dimobil Dengan Disinfektan, Awas Jangan Terlalu Sering!

21 Mei 2021 | 11:14 WIB

Di masa pandemi covid-19 ini, protokol kesehatan menjadi hal yang wajib dilakukan. Bahkan, cairan desinfektan pun marak digunakan untuk mobil agar membersihkan kuman hingga virus. Yang jadi pertanyaan, seberapa efektif penggunaan cairan desinfektan untuk membersihkan mobil?

Jangan sembarangan semprot desinfektan

Guna mencegah penyebaran virus covid-19 atau korona, kamu disarankan sering membersihkan mobil di beberapa bagian tertentu. Seperti, handle pintu, starter mobil, setir, tuas transmisi, seluruh tombol dan kenop di dashboard, dan segala hal yang sering disentuh lantaran tangan.

Tapi ingat, saat membersihkan kabin mobil dengan disinfektan harus benar-benar diperhatikan. Cairan disinfektan yang biasa digunakan untuk membersihkan lantai rumah biasanya mengandung klorida atau klorida yang bersifat korosif. Sebenarnya, bisa membuat disinfektan sendiri dengan menggunakan alkohol 70 persen, seperti halnya membuat cairan pembersih tangan. Menggunakan cairan ini relatif baik karena hampir seluruh permukaan interior mobil bisa dibersihkan dengan menggunakan isopropil alkohol.

Sering Semprot Disinfektan Bagian Interior Mobil? Ini Bahayanya

Akan tetapi, jangan terlalu sering menggunakan cairan alkohol di atas 70 persen, khususnya pada bagian material berbahan kulit, karena hal tersebut justru dapat merusak nya. Yang tak disarankan adalah menggunakan hidrogen peroksida atau lebih dikenal dengan cairan pemutih ketika membersihkan interior mobil karena cairan itu bahaya bagi jok mobil kamu.

Selain itu, penggunaan cairan berbasis amonia juga tidak disarankan untuk membersihkan layar sentuh karena justru bisa membuatnya tak sensitif ketika disentuh. Cara yang paling aman untuk membersihkan mobil atau pun motor adalah dengan menggunakan cairan pembersih yang direkomendasikan untuk interior mobil.

Sering Semprot Disinfektan Bagian Interior Mobil? Ini Bahayanya

Bisa juga Sahabat manfaatkan campuran air dan sabun bayi atau sabun antiseptik karena mengandung pH yang aman untuk lapisan interior mobil. Gunakan botol semprot, dan kamu pun siap membersihkan kendaraan kesayangan. Tak perlu banyak-banyak menyemprotkannya agar tidak kesulitan saat akan membilas. Sebaiknya gunakan lap berbahan microfiber untuk membersihkan permukaan setelah menyemprotkan campuran air dan sabun.

Perawatan interior mobil agar terhindar dari Covid-19

Kebersihan bagian interior mobil sangat mempengaruhi kondisi ketahanan dan keawetan dari semua bagiannya. Percaya tidak percaya, interior mobil yang terawat bisa meningkatkan harga jual mobil yang kamu miliki lho Sahabat. Selain itu, perawatan interior mobil juga akan membantu menjaga kesehatan Sahabat dan keluarga saat berada di dalam mobil.

Sering Semprot Disinfektan Bagian Interior Mobil? Ini Bahayanya

Nah, apa saja sih cara perawatan interior mobil agar selalu terjaga kebersihannya dan selalu terawat kondisinya? Mari simak tips perawatan interior mobil sederhana yang bisa Sahabat lakukan dirumah baik itu di akhir pekan atau di waktu yang senggang. 

Perawatan interior mobil di bagian jok

Perawatan interior mobil yang paling penting adalah  jok (kursi mobil) yang wajib dibersihkan setiap hari. Selalu bersihkan sebelum dan sesudah digunakan agar timbul rasa nyaman dan jauh dari virus, debu dan kotoran.

Sering Semprot Disinfektan Bagian Interior Mobil? Ini Bahayanya

Cara membersihkan nya cukup mudah, gunakan kemoceng atau lap basah untuk membersihkan bagian permukaan jok. Setelah itu gunakan vacuum cleaner untuk mengangkat semua debu yang bersarang di sela-sela jok tempat duduk dan jok sandaran. Lakukan secara berulang hingga Sahabat merasa jok di mobil sudah bebas dari debu dan kotoran.

Bersihkan kaca depan dan samping

Perawatan interior mobil selanjutnya adalah menjaga kebersihan dan kekinclongan kaca mobil. Kebersihan kaca depan, samping kanan dan juga samping kiri bagian dalam sangatlah mempengaruhi keamanan dalam berkendara. Jika komponen ini tidak diperhatikan akan berpeluang membahayakan Sahabat saat mengemudi. 

Kebersihan kaca bagian depan sangatlah penting karena akan mempengaruhi jarak pandang mata pengemudi. Debu dan kotoran yang menempel akan membuat jarak pandang terlihat samar-samar. Sedangkan untuk kaca bagian kanan dan kiri wajib juga untuk dijaga kebersihannya karena jika kotor akan mempengaruhi aktivitas pada saat akan mendahului kendaraan lain atau saat akan berbelok.

Sering Semprot Disinfektan Bagian Interior Mobil? Ini Bahayanya

Cara membersihkannya cukup mudah, gunakan air pada lap kanebo untuk mengangkat debu yang menempel. Setelah itu gunakan lap kering agar air yang tersisa tidak menimbulkan bercak di kaca. Selain itu ada cara lain untuk membersihkan kaca mobil yaitu menggunakan cairan khusus pembersih kaca. 

Bersihkan Bagian Pijakan Kaki

Perawatan interior mobil yang ketiga adalah membersihkan bagian pijakan kaki. Banyaknya kerikil-kerikil kecil dan juga tanah yang terbawa masuk ke dalam mobil kita oleh sandal ataupun sepatu membuat pijakan kaki kita menjadi tidak nyaman. Hendaknya Sahabat sering membersihkannya dengan menggunakan sapu khusus mobil secara rutin.

Sering Semprot Disinfektan Bagian Interior Mobil? Ini Bahayanya

Selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal bisa memanfaatkan vacuum cleaner agar sisa-sisa debu bisa terangkat. Dengan demikian pijakan kaki di mobil Sahabat menjadi lebih terasa nyaman.

Perawatan interior mobil bagian setir

Bagian setir merupakan salah satu bagian yang berinteraksi langsung dengan kedua tangan. Jadi kamu wajib menjaga kebersihan nya dan melakukan perawatan interior mobil di bagian ini. Jika dibiarkan, kuman dan kotoran pada setir akan menempel pada tangan.

Sering Semprot Disinfektan Bagian Interior Mobil? Ini Bahayanya

Untuk itu sering-sering lah membersihkan setir mobil Sahabat menggunakan kanebo lembab agar debu dan bakteri yang ada pada bagian permukaan kemudi bisa terangkat. Selanjutnya bersihkan juga bagian-bagian sekitar kemudi yang berinteraksi langsung dengan tangan agar selalu terjaga kebersihan nya

 Bersihkan Bagian Spion Dalam

Perawatan interior mobil di bagian ini wajib hukumnya. Spion yang ada di bagian dalam mobil di tengah-tengah atas mempunyai fungsi untuk membantu melihat area belakang sehingga bisa memudahkan Sahabat saat parkir ataupun bisa untuk mengamati situasi saat dalam perjalanan.

Sering Semprot Disinfektan Bagian Interior Mobil? Ini Bahayanya

Bayangkan saja apabila kaca spion ini buram karena bekas pegangan tangan atau pun banyak debu yang menempel. Pasti fungsinya tidak akan bisa sempurna karena area yang kita lihat di spion tidak terlihat jelas.

Bersihkan Lubang Ventilasi AC

Perawatan interior mobil selanjutnya adalah merawat ventilasi AC. Komponen AC merupakan komponen yang sangat penting ketika kamu menginginkan udara di dalam kabin sejuk. Kotoran, bakteri, virus dan debu bisa saja menempel pada ventilasi AC sehingga kamu wajib menjaga kebersihan nya.

Sering Semprot Disinfektan Bagian Interior Mobil? Ini Bahayanya

Sahabat bisa membersihkannya dengan menggunakan kemoceng berbahan lembut terlebih dahulu, kemudian melakukan penggelapan menggunakan kanebo lembab. Jika AC mobil bersih, maka sirkulasi udara di dalam mobil pun ikut bersih dan tentu saja lebih sehat.

Bersihkan Bagian Dashboard Mobil

Perawatan interior mobil di bagian dashboard sangatlah penting. Sahabat yang sedang berkendara akan banyak meletakkan barang perlengkapan termasuk makanan di bagian ini.  Nah jika Sahabat malas membersihkan permukaan dashboard mobil, bisa beresiko mengganggu kesehatan yang datang melalui makanan yang dimakan pada saat sedang berada di dalam mobil.

Sering Semprot Disinfektan Bagian Interior Mobil? Ini Bahayanya

Cara membersihkannya pun cukup mudah, bersihkan dulu dengan menggunakan kemoceng untuk mengangkat debu yang ada pada permukaan. Untuk mengangkat semua debu yang masih tersisa, anda bisa mengelapnya menggunakan kanebo lembab dan menyemprotkan anti bakteri.

Pentingnya perawatan interior mobil

Cukup mudah bukan Sahabat untuk melakukan langkah-langkah dalam perawatan interior mobil diatas. Melakukan perawatan mobil tidak hanya dilakukan pada perawatan eksterior mobil saja tapi perawatan interior mobil juga harus diperhatikan. Perawatan interior mobil dan eksterior diperlukan supaya mobil memberikan manfaat yang maksimal dalam penggunaanya. Tidak sedikit pemilik mobil lebih senang merawat eksterior mobil mereka dibanding perawatan interior mobil. 

Sering Semprot Disinfektan Bagian Interior Mobil? Ini Bahayanya

Padahal, dengan melakukan perawatan interior mobil, akan membuat suasana berkendara Sahabat semakin nyaman lho. Selain itu, kamu juga akan terhindar dari debu, kotoran dan bakteri yang dapat menggangu kesehatan. So, ayo lakukan perawatan interior mobil agar kamu selalu nyaman berkendara.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 21 Mei 2021 | 11:14 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

covid19perawataninteriordisinfektanmobilmobilmobilbekasgarasiidtipsgarasi