HSA Fitur Keamanan
HSA Mobil

Hill Start Assist Bikin Mobil Kamu ‘Anti’ Mundur

14 Jan 2021 | 10:58 WIB

Kebanyakan mobil modern saat ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Mulai untuk menunjang sisi kenyamanan, hiburan, sampai terkait masalah keselamatan berkendara. Nah, untuk masalah keselamatan berkendara, salah satu fitur canggih yang sudah banyak diaplikasi pada mobil bertransmisi otomatis adalah Hill Start Assist (HSA).

Hill Start Assist Bikin Mobil Kamu ‘Anti’ Mundur di Tanjakan

Namun, banyak pecinta otomotif yang belum tahu apakah Hill start Assist Control (HSA) pada mobil? Fitur ini sudah mulai banyak ditemui karena kini Hill Start Assist ini dibenamkan pada mobil-mobil kelas bawah sekalipun (tidak hanya untuk kelas menengah/medium), padahal dulu Hill Start Assist Control hanya ditanamkan pada mobil kelas menengah seperti CR-V, Pajero Sport dan lain-lain akan tetapi sekarang Honda BR-V pun sudah memakai fitur ini "Hill Start Assist Control".

Hill Start Assist adalah sederhananya bisa dikatakan fitur penahan mobil di tanjakan atau fitur anti mundur pada jalan menanjak, dengan memiliki fitur ini mobil akan mendeteksi jika melewati jalan tanjakan dan sensor Hill Start Assist akan mendeteksi arah putaran roda meskipun sangat pelan sampai hampir diam, jika mobil tidak kuat menanjak atau roda berputar mundur/ pengemudi melepaskan injakan rem saat di tanjakan maka mobil akan otomatis mengerem agar tidak mundur dan jika sudah menginjak gas lagi secara otomatis akan melepaskan rem tersebut selaras dengan injakan gas.

Nah aman bukan fitur Hill Start Assist Control (HSA), penggunaan HSA sangat terasa fungsinya saat kita melewati jalan tanjakan yang macet seperti di puncak apa lagi jika pengemudinya masih pemula dipastikan akan sangat bingung menghadapi macet di tanjakan akan tetapi dengan fitur Hill Start Assist ini seorang pemula pun akan bisa melewati tanjakan dengan jauh lebih mudah. 

Fitur Hill Start Assist pada mobil juga sangat membantu pengemudi wanita yang secara alamiah sikap refleknya tidak sebagus laki-laki yang lebih responsif terhadap arah navigasi, perempuan yang sering bingung mengerem dan gas di tanjakan akan sangat terbantu dengan fitur Hill Start Assist Control.

Pengendara Mobil Manual

Kadang-kadang pengemudi mobil manual ketika terkena macet di jalan tanjakan "berhenti di tanjakan" akan kesulitan saat melepas pedal rem untuk berganti ke pedal gas dan sementara kopling harus tetap ditekan, pada detik ini biasanya jika tidak dilakukan dengan cepat maka mobil akan mundur (ketika pedal rem dilepas lalu berpindah ke pedal gas setelah itu gas harus langsung diinjak dan perlahan melepaskan pedal kopling ), hal ini cukup sulit untuk pengemudi pemula, oleh karena itu sekarang Hill Assist Control sudah mulai banyak digunakan pada mobil jaman sekarang.

Hill Start Assist Bikin Mobil Kamu ‘Anti’ Mundur di Tanjakan

Berapa lama Hill Start Assist Control akan mengerem atau menahan mobil untuk tidak mundur di tanjakan? sekali aktif rata-rata fitur ini akan menahan mobil selama 5 detik setelah rem dilepaskan atau setelah mobil tertahan untuk tidak mundur akan tetapi jika rem diinjak lagi pada detik ke 4 misalnya maka HSA ini akan menghitung ulang mereset 4 detik sebelumnya. Jadi cukup waktu sebanyak 5 detik ini jika dipersiapkan dengan baik.

Jenis mobil yang gunakan Hill Start Assist

Mobil-mobil apakah yang biasanya ditanami HSA, standarnya mobil ini memang dibenamkan pada banyak mobil kelas medium ke atas meskipun berjenis sedan atau hatchback akan tetapi paling banyak/ paling luas penggunaannya adalah pada mobil berjenis SUV atau Crossover karena mobil SUV atau Crossoverlah yang sering ke medan-medan tanjakan, untuk sistem safety maka dibenamkanlah fitur ini pada banyak SUV.

Hill Start Assist Bikin Mobil Kamu ‘Anti’ Mundur di Tanjakan

Nah Sahabat, begitulah penjelasan tentang sistem keselamatan HSA yang dibenamkan pada mobil-mobil sekarang. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Sahabat ya.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 14 Jan 2021 | 10:58 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsmobilbarubekasjualfiturkeamananHSAremmaticmanualfungsipenjelasanGarasiidotomotif
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family