Ketahui Cara Mengatasi Bahan Bakar Mobil Boros
Ketahui Cara Mengatasi Bahan Bakar Mobil Boros

Hindari Hal Ini, Jika Bensin Mobil Mulai Boros

03 Nov 2023 | 23:57 WIB

Jika Sahabat belum mengetahui, sebenarnya ada berbagai macam penyebab bensin boros. Karena pemborosan bensin bisa terjadi tidak terduga, biasanya tanpa disadari, jumlah kamu melakukan pengisian bahan bakar menjadi lebih banyak dan akhirnya kamu melakukan pembelian bensin lebih sering dari biasanya.


Sebaiknya Sahabat jangan sepelekan masalah ini, tentu saja akan menjadi semakin merugikan, ditambah dengan harga BBM yang secara terus menerus mengalami kenaikan harga. Tapi kamu masih memiliki pilihan lain, yaitu mencari tahu penyebab borosnya bahan bakar dan memperbaiki kondisi tersebut. Jika semakin dini terdeteksi tentu saja akan semakin cepat teratasi. 


Penyebab Bensin Mobil Boros

Penyebab Bensin Mobil Boros


Nah Sahabat, berikut ini beberapa penyebab jika mobil kesayangan kamu mengalami pemborosan bensin. Sebaiknya Sahabat simak dibawah ini.


  • Gaya Mengemudi

Tidak banyak pengendara mobil yang menyadari bila gaya mengemudi akan mempengaruhi tingkat penggunaan bahan bakar. Tingkat efisiensi bahan bakar bisa bergantung dari cara pengemudi saat mengendarai mobil. Bila Sahabat merupakan pengemudi yang agresif, bensin bisa menjadi lebih boros. Bentuk perilaku agresif ini seperti melakukan akselerasi secara mendadak atau menginjak pedal rem dengan kekuatan penuh. 


Ini penting untuk Sahabat ketahui, melakukan akselerasi mendadak bisa menaikkan suplai bensin hingga ke batas maksimal, sedangkan melakukan pengereman secara berlebihan bisa membuat mobil harus di gas lebih dalam agar memiliki tenaga untuk bergerak kembali. Dengan cara berkendara yang agresif seperti ini, tingkat pemborosan bahan bakar bisa mencapai 33% ketika dalam kecepatan tinggi dan 5% ketika dalam kecepatan rendah.


Jangan Salah Dalam Pengisian BBM

Jangan Salah Dalam Pengisian BBM


  • Salah Menggunakan Bahan Bakar

Penyebab bensin mobil boros lainnya adalah menggunakan bahan bakar yang kurang tepat. Mungkin Sahabat sendiri sering melihat pengguna mobil mengisi kendaraannya dengan bahan bakar yang tidak tepat. 


Padahal, BBM tidak boleh dipilih dengan sembarangan. Perlu kamu diketahui, tidak semua bahan bakar yang dijual cocok dengan kompresi mesin mobil. Bila terlalu sering menggunakan bahan bakar sembarangan, semakin lama timbul kerak. 


Selain timbul kerak pada mesin mobil, kerja mobil juga menjadi semakin berat dan akhirnya penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar pada umumnya. 


Gunakan Ban Mobil Sesuai Ukuran Standar

Gunakan Ban Mobil Sesuai Ukuran Standar


  • Ukuran Ban Lebih Besar

Melakukan modifikasi mobil sebenarnya menjadi hal yang umum dilakukan, namun Sahabat harus berhati-hati jika melakukan modifikasi pada bagian roda. Modifikasi mobil dengan mengganti ban memang bisa menambah estetika karena mobil terlihat lebih keren. 


Namun, hal ini juga menambah bobot serta gaya gesek ban, selain itu laju dari rolling resistance menjadi semakin terhambat hingga akhirnya mobil menjadi boros bahan bakar karena membutuhkan tenaga ekstra dan memakan lebih banyak bahan bakar untuk melaju. 


  • Menyalakan AC Terlalu Dingin

Mengendarai mobil tanpa menghidupkan AC tentu akan membuat Sahabat dan penumpang menjadi tidak nyaman. Ditambah saat ini kondisi cuaca dengan suhu yang panas di siang hari. Karena begitu pentingnya AC, ketika Sahabat mengatur AC ke suhu yang paling dingin, konsumsi bahan bakar bisa meningkat. 


Gunakan AC Mobil Sewajarnya

Gunakan AC Mobil Sewajarnya


Saat AC dinyalakan, nantinya mesin akan memutar kompresor pompa dengan melakukan pembagian daya. Daya mesin yang dibutuhkan tentu tidak sedikit sehingga kompresor AC harus bekerja lebih lama karena power yang diatur menjadi semakin banyak. 


Dari berbagai macam penyebab bensin boros di atas, apakah Sahabat melakukan salah satunya? Jika demikian, tidak ada salahnya mulai dari sekarang kamu mengurangi kebiasaan tersebut agar lebih hemat bensin ya Sahabat!


Hindari hal Ini, Jika Bensin Mobil Mulai Boros


Sebagai e-commerce otomotif yang peduli untuk kebutuhan mobil kesayangan Sahabat, kamu harus mengetahui Apa itu Garasi.id? karena Garasi.id dipercaya bisa memberikan layanan jasa servis terbaik untuk mobil Sahabat. Nikmati Promo Gebyar November yang berikan diskon hingga 80% untuk layanan ganti oli, servis AC, perawatan mobil, cuci mobil, spooring & balancing serta uji emisi agar mobil kesayangan Sahabat kembali prima. Pilih partner bengkel yang sudah terjamin kualitas dan pelayanannya sesuai kota tercinta kamu dibawah ini.


Terus lakukan pembelian hanya di website Garasi.id ya Sahabat! Ikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. Jangan ragu hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id jika ada kendala.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 07 Nov 2023 | 08:22 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifbensinmobilbensinborosacmobilbanmobilperawatanmobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family