Pemilik mobil baru dari pabrikan sebaiknya melakukan servis dalam jangka pemakaian 1.000 kilometer pertama, hukumnya wajib servis. Tentu bisa ke bengkel resmi. Wajar, namanya juga mobil baru. Ada keinginan langsung membawanya beraktivitas. Apalagi saat weekend, tentu menyenangkan bisa membawa keluarga berlibur pakai mobil baru. Meski begitu, sebetulnya banyak hal yang harus Sahabat perhatikan saat pertama mengendarai mobil idaman.
Langkah paling awal, membaca buku manual untuk mempelajari spesifikasi teknis dan berbagai fitur yang dimiliki. Jangan langsung memacunya di jalan, agar tak salah langkah. Banyak pemakai yang merasa bisa mengendarai mobil dan mengabaikan buku manual.
Padahal ada panduan penggunaan fitur dan cara menangani beberapa kendala. Nah, setelah menguasai spek mobil, mulai berkendaralah dengan rileks dan sesuai dengan kondisi lalu lintas. Tidak perlu bertindak agresif. Seperti kebut-kebutan atau mengendalikan mobil secara kasar.
Hal ini ada berkaitan dengan komponen mobil, yang butuh waktu untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan. Memang teknologi terkini membuat kualitas material spare part meningkat dan celah kesalahan semakin kecil. Toh tetap saja butuh waktu, agar terjalin kerjasama yang baik antar komponen. Sehingga mereduksi potensi kerusakan. Yang tidak kalah penting, bagi pengguna mobil baru wajib menjalani servis berkala 1.000 km atau satu bulan pertama. Mana yang sekiranya tercapai lebih dulu.
Servis 1.000 km pertama menjadi menu wajib
Tujuannya untuk memastikan kondisi kendaraan sesuai standar. Mobil harus dipastikan mampu bekerja atau berfungsi optimal, setelah digunakan pelanggan dalam kurun waktu 1 bulan dari penyerahan. Selain itu, servis berkala 1000 km atau satu bulan pertama, memastikan mobil baru milik pelanggan berada dalam kondisi prima. Soalnya, ada beberapa komponen mekanikal dan elektronik yang harus dicek. Meski ada jaminan dari produsen, namanya benda elektronik kadang ada error atau alami kerusakan.
Manfaat lain, ada komunikasi antara pemakai dengan mekanik bengkel resmi. Bisa saja cara Sahabat menggunakan mobil kurang pas, sehingga menimbulkan kerusakan komponen mobil, atau bahkan memperpendek usia komponen. Deteksi dini membuat kerusakan tidak bertambah besar dan menjalar. Sehingga langsung bisa diperbaiki dan Anda terhindar dari risiko perbaikan lebih besar.
Yang tak kalah penting, servis berkala 1.000 km merupakan salah satu pertimbangan pemberian garansi. Sebab, syarat utama warranty atau garansi adalah rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi.
Ambil contoh, ada masalah sepele di mobil Sahabat. Tapi karena lupa atau malas melakukan servis berkala bulan pertama, kerusakan malah semakin membesar. Bahkan membuat kamu harus mengganti komponen yang rusak. Walau sampai ini terjadi, ada potensi klaim warranty kamu ditolak oleh bengkel resmi.
Sangat disayangkan. Saat servis berkala, maka seluruh komponen bergerak di mobil Sahabat, dilakukan pemeriksaan secara detail. Bagian yang dicek meliputi fungsi dari seluruh komponen interior atau ruang kemudi, seperti sistem kemudi, sistem keamanan, fungsi kelistrikan, AC dan head unit.
Setelah itu, pengecekan dilanjut ke bagian eksterior. Meliputi bodi, pintu dan fungsi penunjang seperti lampu mobil serta wiper. Lanjut ke bagian yang agak berat yakni mesin. Dilakukan pemeriksaan oli mesin, tegangan fan belt, volume air radiator, minyak rem, fluida-fluida lainnya dan pengecekan fungsi mesin secara umum. Kemudian menuju sistem penggerak seperti transmisi dan kopling.
Tak lupa dicek bagian sasis yakni fungsi shock absorber dan rem mobil. Jika ada kerusakan, langsung dilakukan tindakan penggantian secara gratis. Tentu untuk komponen yang dijamin oleh garansi mobil dan bukan kerusakan akibat salah perlakuan oleh pemilik mobil.
Seperti diketahui, meski bentuknya kecil, namun busi memiliki peran penting pada mobil. Fungsinya sebagai pemercik api di ruang bakar tak bisa dianggap remeh, karena bila kondisinya sudah tidak baik maka otomatis bisa mempengaruhi performa kerja mesin. Service rutin umumnya dilakukan pengecekan pada mobil secara ringan. Untuk mobil baru setelah menempuh jarak 1.000 km kamu harus melakukan service pertama kali ke bengkel. Setelah itu kelipatan 5.000 km kamu harus melakukan service berkala.
Supaya tidak terlewatkan servis berkala yang krusial ini, Sahabat bisa kunjungi www.Garasi.id dan pilih jasa servis sesuai kebutuhan mobil. Ada Tim Customer Servis Clara dari Garasi.id yang akan membantu 24 jam bila ada kendala pembelian jasa servis mobil berkala.
Servis mobil berkala memang penting, tetapi jangan lupa merawat mobil agar tampilannya tetap mempesona dengan cuci mobil. Bila tidak sempat, coba manfaatkan jasa cuci mobil home service. Tanpa perlu keluar rumah, partner bengkel terpercaya akan hadir membantu Sahabat agar mobil kembali bersih dan wangi.
Nikmati promo Gaspol In Love dengan jasa layanan terbaik seperti cuci mobil, perawatan AC, spooring dan balancing yang memberikan diskon hingga 80% dengan cara klaim kode kupon : GSPLV50, transaksi hanya berlaku sampai dengan 28 Februari 2023 selama promo berlangsung.
Tunggu apalagi, segera lakukan pembelian jasa servis untuk mobil kesayangan Sahabat sekarang dan rasakan pengalaman performa mesin mobil akan selalu terjaga dan memiliki usia yang panjang. Hanya Garasi.id yang memberikan solusi perawatan serta kenyamanan berkendara yang optimal.