Mencuci Mobil Ada Waktu Idealnya
Mencuci Mobil Ada Waktu Idealnya

Idealnya Mencuci Mobil Berapa Kali?

02 Mar 2023 | 10:00 WIB

Mencuci mobil adalah salah satu aktivitas yang penting dilakukan agar kendaraan kita tetap bersih dan terawat. Ada orang yang mencucinya secara rutin, tetapi ada juga yang baru mencucinya ketika kondisi mobilnya sudah sangat kotor. Nah, kalau Sahabat bagaimana?


Idealnya Mencuci Mobil Berapa Kali?


Waktu Ideal Mencuci Mobil

Sebenarnya, mencuci mobil tidak harus setiap hari dan menunggunya sampai kotor. Namun, ada beberapa waktu ideal mencuci mobil yang bisa kamu lakukan. Seperti apa? Simak berikut ini. 

1. Pertimbangkan kondisi jalan

Agar lebih mudah mengetahui kapan saat yang tepat buat mencuci mobil, kamu bisa mempertimbangkan kondisi jalan yang dilalui kendaraan kamu setiap harinya.

Jika mobil kamu selalu melewati jalanan yang berdebu, kamu dapat mencuci minimal 2 hari sekali ya, Sahabat.

Tidak harus menggunakan sampo mobil, kamu bisa membersihkannya cukup dengan menyemprotkan air dan mengeringkannya. 

Namun, jika kamu ingin mencucinya menggunakan sampo, kamu bisa melakukannya seminggu sekali saja agar lapisan cat mobilmu tidak terkikis. 

Idealnya Mencuci Mobil Berapa Kali?


2. Perhatikan cuaca

Selain kondisi jalan, kamu juga harus memperhatikan cuaca. Jika dalam kondisi panas, usahakan untuk mencucinya 1-2 kali dalam seminggu. 

Namun, saat musim penghujan, usahakan untuk langsung mencuci mobil setelah terkena air hujan. Jadinya, mobil kamu tidak timbul flek-flek air yang mengering. 

3. Saat jarang digunakan

Biasanya, ketika mobil jarang digunakan, pasti akan muncul debu di bagian luar, sedangkan bagian interior mobil, bisa saja mengalami jamuran.

Oleh karena itu, kamu juga harus sering membersihkannya, terutama saat debu masih belum terlalu tebal. Cukup semprotkan dengan air dan keringkan dengan lap. 

Kamu juga dapat mengelap bagian dashboard dan jok mobil agar tidak muncul jamur. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan bagian dalam mobil. 

4. Terkena getah pohon

Saat pergi ke suatu tempat, mungkin kita akan parkir di bawah pohon. Ternyata, hal tersebut dapat membuat getah pohon menempel dan mengotori  mobil kamu, lho.

Nah, kalau sudah begini, kamu harus segera mencucinya agar tidak semakin menghitam dan merusak vernis mobilmu. 

5. Cuci saat pagi hari

Waktu yang paling tepat untuk mencuci mobil adalah saat pagi hari. Soalnya, udara masih terasa hangat dan sinar matahari juga tidak terlalu menyengat.

Selain itu, air dan sabun tidak akan mudah mengering di mobil ketika kamu mencucinya di pagi hari.

Hal ini tentunya sangat baik untuk menghindari munculnya flek air yang membekas di mobil kamu. 

Nah, itu dia 5 waktu yang tepat untuk mencuci mobil kamu. Sekarang Sahabat perlu tahu juga nih dampak dari terlalu sering mencuci mobil.

Dampak Terlalu Sering Mencuci Mobil

Berdasarkan keterangan yang dikutip Garasi.id dari beberapa dealer dan bengkel rekanan, sebaiknya mobil tidak terlalu sering dicuci, namun juga jangan terlalu jarang.

Mencuci mobil secara keseluruhan di rumah sebaiknya dilakukan paling sering sepekan sekali. Sedangkan jika dibawa ke tempat pencucian, sebaiknya dilakukan maksimal dua kali dalam sebulan.

Mencuci di tempat umum bisa membersihkan bagian bawah kendaraan yang banyak kotoran menempel bekas hujan. Sedangkan untuk pembersihan sehari-hari cukup dilap menggunakan bahan halus saja.

jangan membiarkan kendaraan tidak dicuci dalam jangka waktu lama setelah terkena hujan. Jika mobil terus-menerus terkena air maka akan membuat bodi ataupun mesin menjadi lembab. kondisi lembab bisa membuat karat dan jamur singgah di kendaraan.

Sementara jika mobil terlalu lama tidak dicuci, air hujan dan kotoran yang menempel di rongga sasis dan komponen-komponen suspensi bisa mengakibatkan oksidasi pada besi yang menimbulkan karat.

Jamur yang timbul akibat butir air hujan yang menempel pada mobil juga bisa membuat cat terlihat kusam, dan cukup sulit untuk mengembalikan cat mobil yang kinclong.

Pencucian menggunakan lift hidrolik dapat menjadi solusi untuk membasmi permasalahan musiman tersebut, namun tidak disarankan untuk melakukan pencucian dengan lift hidrolik terlalu sering karena dapat membuat komponen suspensi mobil melemah.

Saat mobil diangkat, sistem suspensi dan kemudi mobil dalam kondisi menggantung dapat mengganggu kestabilan mobil karena spooring dan balancing dapat berubah. Mencuci mobil menggunakan lift hidrolik disarankan maksimal dua kali dalam sebulan.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 02 Mar 2023 | 10:00 WIB
Bagikan

Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family