Indikator Bensin E, Berapa Jarak Yang Bisa Ditempuh?
Indikator Bensin E, Berapa Jarak Yang Bisa Ditempuh?

Indikator Bensin E, Berapa Jarak Yang Bisa Ditempuh?

16 Mei 2022 | 23:00 WIB

Apa yang terjadi jika lampu indikator bensin menyala? Berarti hanya ada sedikit bahan bakar yang tersisa di dalam mobil kita. Lalu, bagaimana jika hal ini terjadi ketika kita sedang dalam perjalanan dan tidak menemukan pom bensin maupun penjual eceran di tepi jalan. Apakah kita harus terus berjalan? Jika iya, berapa lama kendaraan kita bisa bertahan?


Indikator Bensin E, Berapa Jarak Yang Bisa Ditempuh?



Mungkin kehabisan bahan bakar maupun lampu penanda di dashboard yang berkedip pernah kita alami. Beruntung jika lampu tersebut berkedip di daerah perkotaan dengan banyak pom bensin atau penjual bensin eceran. Tapi bagaimana jika hal ini terjadi ketika sedang di jalan tol atau sedang menempuh perjalanan luar kota.

Yang perlu diketahui dan menjadi catatan Sahabat. Lampu indikator bensin menyala itu bukan menandakan bahan bakar Sahabat sudah benar-benar habis, tetapi menunjukkan bahan bakar yang ada pada tangki tinggal sedikit. Meskipun lampu bahan bakar menyala, mobil masih bisa digunakan berkendara beberapa kilometer lagi untuk memudahkan Sahabat mencari tempat pengisian terdekat.

Huruf 'E' sebenarnya bentuk peringatan agar pengendara mengarahkan mobil ke SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum). Sebagian besar mobil setidaknya menyimpan 7 liter bahan bakar. Tapi, cadangan bahan bakar ini berbeda untuk setiap pabrikan, bahkan model yang berbeda dalam satu pabrikan.


Untuk perbandingan, biasanya ketika lampu indikator menyala, masih ada sekitar 26 mil (atau sekitar 41 km) lagi sebelum mobil benar-benar kehabisan bahan bakar. Jarak tersebut akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan beberapa faktor yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar. Misalnya kecepatan mobil, pengereman dan akselerasi, serta perawatan pada mobil.

Biasakan isi bensin sebelum indikator bensin E

Kendati mobil masih bisa berjalan beberapa kilometer, bukan berarti Sahabat bisa abai dengan indikator bensin E. Jangan membiasakan melakukan pengisian ketika sudah mendekati indikator tersebut.

Tangki BBM jika dibiarkan dengan kapasitas bahan bakar yang isinya sangat sedikit rentan mengalami kondensasi karena space udara di dalam tangki juga besar. Ini yang sebenarnya yang bikin masalah.

Ujung-ujungnya kondisi di dalam tangki timbul karat. Fuel pump jadi bekerja tidak maksimal dan mudah rusak karena lebih banyak menyedot kotoran (serpihan karat). 

5 masalah yang akan timbul ketika sering isi bahan bakar saat indikator bensin E

Munculnya karat di tangki

Tangki yang lebih sering kosong bisa memicu korosi akibat ruang kosong yang terlalu lebar di dalam tangki terisi oleh angin akibat sedikitnya bensin. Bensin jadi lebih gampang menguap dan pada akhirnya menimbulkan karat pada dinding tangki. Serpihan karat tersebut juga akan mengendap di dasar tangki.

Filter bensin tersumbat

Kotoran-kotoran yang mengendap di dasar tangki tersebut juga menyebabkan filter bensin tersumbat karena tersedot oleh fuel pump. Apalagi jika kondisi tangki lama tidak dikuras dan diganti filter bensinnya.

Fuel pump cepat rusak

Selain berfungsi sebagai sumber proses pembakaran, bensin juga berfungsi untuk mendinginkan fuel pump. Dalam kondisi bensin full, pompa bensin tersebut akan terendam penuh di tangki bahan bakar. Sebaliknya, jika sering kosong maka fuel pump ini tidak terendam dan jika dipaksa terus bekerja bisa menyebabkan terjadinya overheat di bagian tersebut. Pompa bensin akan rusak sebelum waktunya.

Sistem pengapian terganggu

Fuel pump yang overheat atau rusak memicu kerusakan ke bagian mesin lainnya seperti pada sistem pengapian. Sistem pengapian yang terganggu ini jelas membuat mobil mogok atau tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. 

Indikator bensin jadi tidak akurat

Bukan itu saja, tangki bensin yang keseringan kosong juga ternyata bisa berdampak pada pelampung yang jadi indikator bensin di MID. Lama-lama jarum indikator bensin jadi tidak akurat. Bisa saja posisi jarum di huruf F (full), tapi kondisi tangki sebenarnya justru sudah kosong atau bensin-nya sisa sedikit. 

Sahabat tidak mau dong mobil kesayangan memiliki masalah seperti poin-poin diatas. Untuk itu jangan sering-sering isi bensin nunggu E ya Sahabat. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 16 Mei 2022 | 23:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifindikatorbensin