Pentingnya Spooring dan Balancing Buat Mobil Kamu
Pentingnya Spooring dan Balancing Buat Mobil Kamu

Ingat! Ini Pentingnya Spooring dan Balancing Mobil Kamu

20 Nov 2021 | 15:55 WIB

Balancing adalah proses menyeimbangkan kombinasi berat ban dengan velg agar putaran radius yang ada di roda menjadi lurus dan tidak godeg. Ada beberapa kondisi yang menjadi tanda bahwa mobil kamu perlu dilakukan balancing, seperti lingkar kemudi bergetar, laju mobil ke kiri atau ke kanan, kemudi terasa sangat berat dan mobil terasa miring .

Balancing Ban Mobil

Balancing Ban Mobil


Balancing adalah proses menyeimbangkan kombinasi berat ban dengan velg agar putaran radius yang ada di roda menjadi lurus dan tidak godeg. Pada saat ban dan velg berputar di permukaan jalan, maka mereka akan menyalurkan gaya dan juga torsi pada sumbu roda. 

Balancing ini memastikan beban yang ditahan oleh velg dan ban terdistribusi dengan baik secara merata. Jika sudah dibalancing dan kembali normal, maka ban akan berputar dengan sempurna serta tingkat keausan akan merata sehingga awet digunakan.

Berikut ini manfaat dari balancing mobil kamu ya, Sahabat Garasi:

  • Efisiensi Bahan Bakar

Ketika beberapa bagian mobil tidak tertata dengan baik, maka ban mobil akan bekerja seperti yang tidak seharusnya. Karena masalah ini, mesin mobil akan menjadi bekerja lebih keras agar mobil dapat melaju ke depan. Dan dampak dari masalah ini tentu saja pemakaian bahan bakar akan meningkat dibandingkan dengan kondisi sebelumnya.

Dengan dilakukannya balancing roda, maka masalah yang disebutkan di atas tentu saja tidak akan terjadi lagi. Dan otomatis, penggunaan bahan bakar pun akan menjadi normal bahkan cenderung efisien.

Spooring Balancing Bisa Hemat Biaya Operasional Mobil Kamu

Spooring Balancing Bisa Hemat Biaya Operasional Mobil Kamu


  • Mengurangi Biaya Perbaikan Mobil

Bagian mobil terutama ban yang tingkat keausannya tidak merata bisa menyebabkan mobil menjadi rusak sebelum waktunya tiba. Ketika ban mobil melindas lubang di jalan, setir mobil dan juga sistem suspensinya akan terkena imbas buruknya. Dan ketika bagian-bagian tersebut mengalami kerusakan, tentu saja kamu akan mengeluarkan biaya perbaikan yang cukup mahal.

  • Berkendara Jadi Mulus

Ketika ban mobil belum di balancing, biasanya kamu akan merasakan pada saat berkendara bahwa kemudi setir bergerak sendiri ke arah kanan dan kiri padahal posisi kemudi sedang lurus. Dan akibat masalah ini, proses mengemudi pun menjadi tidak mulus serta tidak nyaman.

  • Tingkat Keselamatan Menjadi Terjamin

Dengan melakukan perawatan mobil secara rutin, maka seluruh komponen yang ada pun akan bekerja dengan baik, termasuk kaki-kaki mobil. Terlebih bagian kaki-kaki adalah bagian yang cukup vital di sektor keamanan mobil. Untuk itu, jangan lupa untuk lakukan balancing roda yah.

Usia Ban Kamu Jadi Lebih Awet

Usia Ban Kamu Jadi Lebih Awet


  • Memperpanjang Usia Ban Mobil

Seperti yang diketahui, ban mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting dan juga memiliki harga yang cukup mahal. Ban akan menjadi cepat rusak apabila pemeliharaan dengan balancing tidak dilakukan secara rutin. Apabila mobil selalu tepat waktu untuk dilakukan balancing, maka ban akan menjadi awet dan tentunya pemilik tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk menggantinya. Kecuali memang apabila ban benar-benar rusak.

Namun, sebelum melakukan balancing, kamu juga harus spooring terlebih dahulu. Spooring mobil adalah proses dimana berguna untuk menyeimbangkan serta menyelaraskan kaki-kaki mobil yang berlawanan. Jadi, antara roda depan kanan dan kiri, serta roda belakang kanan dan kiri semuanya wajib di kondisi seimbang.

Proses spooring dilakukan oleh pihak berpengalaman dengan mengatur posisi camber, caster, toe angle (toe-in atau toe-out), dan turning radius. Fungsi spooring sendiri adalah untuk menjaga kestabilan mobil, setelah mobil dispooring maka kemudi akan menjadi ringan, menghasilkan gaya putar kembali setelah belok, mencegah mobil belok sendiri setelah kemudi dilepas, hingga mengurangi tingkat keausan pada komponen ball-joint dan juga roda. Kamu harus mengetahui tanda-tanda mobil km perlu di-spooring:

  • Permukaan ban sudah tidak rata, bisa di salah satu atau keduanya

  • Apabila terdapat aus di salah satu ban mobil, salah satunya timbul benjolan pada ban. Maka itu artinya ada masalah pada sistem suspensi mobil.

  • Ketika mobil parkir di tempat yang datar dan juga lurus, namun rodanya terlihat ada yang miring.

  • Ban mobil belakang tidak sejajar dengan bagian depan. Untuk melihatnya kamu bisa mengambil langkah beberapa meter dari belakang.

  • Amati ban belakang apakah ada pergeseran yang membuatnya tidak presisi dari posisi semula?

  • Pada saat mengendarai mobil, apabila posisi setir condong ke satu sisi, hal ini bisa menjadi tanda bahwa mobil perlu segera di spooring.

  • Lakukan spooring apabila pada saat berkendara setir terasa lebih berat dan susah dikendalikan.

  • Ketika melewati jalanan mulus yang lurus dan tanpa halangan, lalu kamu berbelok merasakan hal yang salah, maka ada baiknya segera llakukan spooring.

  • Pada saat berkendara, timbul getaran yang sangat mengganggu kenyamanan dan kestabilan mobil.

Jangan lupa untuk melakukan spooring pada saat waktunya tiba, kurang lebih lakukan spooring ini setiap mobil melakukan perjalanan 15.000 km atau empat bulan sekali. Sahabat Garasi juga bisa lakukan spooring dan balancing dengan cek website www.garasi.id atau klik link ini ya.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 20 Nov 2021 | 15:55 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilmatictipsotomotifmantapspooringbalancing