Beli Karpet  Mobil Yang Berkualitas
Beli Karpet Mobil Yang Berkualitas

Ingin Ganti Karpet Mobil, Perhatikan Hal Ini Sebelum Menyesal

28 Nov 2023 | 23:59 WIB

Sahabat pasti sudah mengetahui, karpet mobil berfungsi melindungi dasar kabin agar terbebas dari debu dan kotoran. Selain itu karpet mobil juga bisa menambah cantik dan kenyamanan kabin mobil kesayangan kamu. Namun, seiring pemakaian karpet mobil pasti akan mengalami kerusakan. Jika hal ini terjadi, kamu harus membeli karpet mobil yang baru.


Sudah banyak jenis-jenis karpet mobil yang beredar di pasaran otomotif. Ada yang terbuat dari karet, bahan sintetis, ataupun kain. Sebelum Sahabat berencana untuk mengganti karpet bawaan aslinya. Kamu harus perhatikan kesalahan yang sering terjadi pada pemilihan karpet mobil.


Karena jika dimensi karet tidak sesuai dengan ukuran lantai mobil kamu, akibatnya karpet tidak terpasang rapi dan akan mengganggu kerja pedal gas ketika kamu mengemudi. Tentu hal ini bisa merusak konsentrasi kamu ketika mengemudi dan bisa menyebabkan kecelakaan.


Pilih Karpet Mobil Yang Berkualitas

Pilih Karpet Mobil Sesuai Fungsinya


Jika Sahabat berencana mengganti karpet mobil yang baru, maka ada beberapa yang perlu diperhatikan. Apa saja? Kamu bisa simak berikut ini.


  • Sesuaikan Ukuran Karpet

Sebaiknya Sahabat tidak menggunakan karpet mobil yang ukurannya lebih besar atau lebih kecil, hal ini dilakukan agar karpet tersebut dapat terpasang dengan rapi dan mencegah timbulnya gangguan pada pedal gas dan lainnya. Pilih karpet dasar yang ukurannya telah disesuaikan dengan ukuran karpet bawaan, agar karpet dasar bisa dipasang dengan mudah.


  • Pemilihan Karpet Yang Tepat

Hindari menggunakan karpet yang terlalu tebal, karena akan mengganggu kerja sistem akselerasi (pedal gas), sistem pengereman (pedal rem) dan sistem kopling (pedal kopling). Ketika Sahabat menggunakan karpet yang tebal, maka injakan pedal gas akan tertahan oleh karpet, sehingga bukaan gas tidak bisa maksimal. Efek buruknya adalah mesin menjadi terasa tidak bertenaga.


Gunakan Karpet Mobil Sesuai Fungsinya

Gunakan Karpet Mobil Yang Fleksibel dan Mudah Dibersihkan


  • Karpet Licin

Ketika Sahabat sedang mengemudi, maka kaki kamu akan sering berpindah dari lantai ke pedal akselerator dan juga pedal rem. Gerakan ini secara tidak langsung akan menggeser posisi karpet. Ketika menggunakan karpet mobil yang cenderung licin, maka karpet akan mudah bergeser, dan dapat mengganggu kerja pedal gas maupun pedal yang lainnya.


  • Menambah Karpet Tambahan

Jika Sahabat berencana menambah karpet tambahan, usahakan setiap lantai hanya terdapat satu lapis karpet tambahan. Tidak diperkenankan memberikan beberapa lapis karpet karena hal ini cukup membahayakan posisi kamu ketika sedang mengemudi.


Lakukan Perawatan Karpet Mobil Secara Berkala

Lakukan Perawatan Karpet Mobil Secara Berkala


  • Warna dan Motif Karpet

Sahabat pasti memperhatikan warna dan motif karpet yang sesuai dengan keinginan kamu. Untuk warna, disarankan memilih warna yang serasi dengan warna mobil atau karpet bawaan. Bila ingin mobil tidak terkesan kotor, warna hitam bisa menjadi pilihan tepat. Namun, kalau Sahabat ingin menambahkan sentuhan warna yang agak cerah, warna krem layak untuk dicoba.


Lalu untuk motif, pilihlah motif yang sekiranya menarik bagi Sahabat. Jangan pilih motif yang terlalu aneh, agar tampilan interior mobil tidak menjadi aneh juga. Sudah tersedia karpet mobil dengan motif beragam, baik yang dijual online maupun offline. Sahabat tinggal memilih mana yang cocok dengan keinginan dan budget kamu.


  • Karpet Rusak

Karpet mobil yang sudah rusak mempunyai sisi yang retak atau sobek. Hal ini tidak dianjurkan untuk dipasang, tetapi sebaiknya diganti dengan karpet yang baru. Karena ujung karpet yang rusak dapat mengganggu manufer kaki dan juga dapat menyebabkan pedal gas tersangkut sehingga hal ini cukup membahayakan saat Sahabat sedang mengemudi. Selain itu juga akan mengganggu estetika di dalam mobil itu sendiri.


Ingin Ganti Karpet Mobil, Perhatikan Hal Ini Sebelum Menyesal


Bagaimana Sahabat, kamu sudah cek kondisi karpet mobil kesayangan kamu belum? Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin mengganti karpet mobil. Keselamatan berkendara dimulai dari pemasangan karpet yang benar dan juga pemilihan karpet yang tepat. Pastikan sebelum kamu berkendara, karpet mobil sudah terpasang dengan baik demi keselamatan selama berkendara.


Jangan pernah sepelekan kebersihan karpet mobil. Lakukan perawatan secara berkala keseluruh bagian interior mobil khususnya karpet mobil ya Sahabat! Siimak juga Kumpulan Artikel Tips, Event, Review dan Berita Terupdate lainnya hanya di www.Garasi.id. Semoga bermanfaat Sahabat Garasi.id!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 29 Nov 2023 | 13:23 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifkarpetmobiljeniskarpetukurankarpetkabinmobilinteriorperawatanmobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family