Beli mobil tunai
Beli mobil tunai

Ingin Membeli Mobil Secara Tunai? Ini 5 Langkah yang Wajib Kamu Ketahui

08 Mar 2021 | 10:08 WIB

Memiliki sebuah mobil adalah dambaan banyak orang. Sebagai aset mahal, memiliki sebuah mobil merupakan kemewahan sehingga butuh perjuangan keras untuk membelinya. Namun belakangan, membaiknya kondisi perekonomian membuat pertumbuhan pemilik mobil di Indonesia juga semakin meningkat. 

Salah satu faktor pendorong pesatnya pertumbuhan kendaraan yang beredar di jalan adalah kemudahan membeli kendaraan secara kredit. Hadirnya perusahaan pembiayaan (leasing) memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap pertumbuhan jumlah pemilik kendaraan roda empat tersebut.

Ingin Membeli Mobil Secara Tunai? Ini 5 Langkah yang Wajib Kamu Ketahui

Sejak jaman dahulu, sudah diketahui bahwa membeli apa saja sebaiknya adalah dengan cara tunai. Ini sudah menjadi prinsip dasar ekonomi yang akan membebaskan diri seseorang dari utang yang bisa menjadi beban baik secara moril, terlebih materil. Jika tak mampu membeli mobil secara tunai dan sudah berkeinginan besar untuk memiliki mobil, ambil kredit mobil bisa jadi solusi praktis. Kamu bisa membaca mengenai keuntungan kredit mobil di artikel Kredit Mobil Bekas itu Menguntungkan! Begini Cara Mendapatkan Mobil Bekas DP Ringan.

Ingin Membeli Mobil Secara Tunai? Ini 5 Langkah yang Wajib Kamu Ketahui

Selain kredit, tentu ada sebagian orang yang memilih untuk membeli mobil secara tunai. Ada sejumlah alasan mengapa seseorang akhirnya memutuskan membeli mobil secara tunai. Namun patut diakui bahwasannya, membeli tunai memang memiliki beberapa keuntungan dan kerugiannya.

Membeli mobil secara tunai sejatinya memang cukup menguntungkan lantaran Sahabat tidak akan terikat hutang, dan harus menanggung beban bunga yang cukup besar. Tapi kekurangannya adalah tabungan kamu bisa terkuras dalam jumlah besar. Di samping itu, tidak ada jaminan bahwa kamu akan mendapat proteksi asuransi mobil dari dealer, lain halnya ketika membelinya dengan cara kredit. 

Ingin Membeli Mobil Secara Tunai? Ini 5 Langkah yang Wajib Kamu Ketahui

Meski demikian, ada berbagai alasan mengapa seseorang akhirnya memutuskan untuk membelinya secara tunai. Berikut adalah tips cerdas membeli mobil secara tunai melansir Lifepal.co.id.

Tentukan waktu membeli

Ingin Membeli Mobil Secara Tunai? Ini 5 Langkah yang Wajib Kamu Ketahui

Tentukanlah waktu membeli mobil jauh-jauh hari sebut saja dalam waktu minimal 6 bulan atau satu tahun sebelumnya.  Mobil merupakan aset yang harganya tidaklah murah, itu sebabnya membeli mobil tentu membutuhkan perencanaan yang baik. Membeli mobil secara tunai tanpa perencanaan waktu justru akan menguras tabungan dalam jumlah besar. Apa jadinya ketika tabungan kamu terkuras secara tiba-tiba dalam jumlah besar? Apakah sisanya masih cukup untuk biaya makan perbulan, membayar tagihan air, listrik, internet, dan lainnya?

Hitung harga mobil dengan metode inflasi

Ingin Membeli Mobil Secara Tunai? Ini 5 Langkah yang Wajib Kamu Ketahui

Jika Sahabat berniat membelinya tahun depan, maka besar kemungkinan harganya tidak lagi sama dengan di tahun ini.  Anggap saja harga mobil yang kamu ingin beli saat ini adalah Rp 200 juta. Maka berapa Rupiah harga mobil tersebut di dua tahun lagi jika asumsi kenaikan harganya mencapai 10%?

Lakukanlah perhitungan dengan menggunakan metode time value of money. 

  • PV (Present Value) = Rp 100 juta
  • n (jangka waktu) = 25 tahun
  • i (bunga/tingkat inflasi) = 10%
  • FV (Future Value) = ?
  • FV = PV (1+n)i
  • FV = Rp 200.000.000 (1+0,1)2 = Rp242.000.000

Bisa dikatakan bahwasannya harga mobil yang kamu inginkan di tahun depan bukan lagi Rp 200 juta melainkan Rp 242 juta. Untuk mempermudah perhitungan ini.


Pilih instrumen investasi untuk mengumpulkan dana membeli mobil

Ketika kamu berniat membeli mobil dua tahun ke depan yang harganya Rp 242 juta, kumpulkanlah dana Sahabat di instrumen investasi rendah risiko. Dengan berinvestasi, proses pengumpulan dana akan menjadi lebih ringan. Hal itu disebabkan karena imbal hasil beberapa produk investasi jelas melebihi bunga di tabungan bank.

Ingin Membeli Mobil Secara Tunai? Ini 5 Langkah yang Wajib Kamu Ketahui

Beberapa instrumen investasi yang bisa kamu pilih untuk tujuan di bawah satu tahun hingga tiga tahun adalah deposito, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, dan surat utang negara. Bila kamu memilih reksa dana, maka kamu bisa melakukan investasi dengan metode cost averaging atau berkala. 

Kesampingkan gengsi dalam memilih mobil

Ingin Membeli Mobil Secara Tunai? Ini 5 Langkah yang Wajib Kamu Ketahui

Pilihlah mobil sesuai dengan kebutuhan. Bila kamu sudah berumah tangga dan tinggal di wilayah rawan banjir, mobil 7 seater dengan ground clearance tinggi tentu menjadi pilihan yang cerdas.Sebagian dari kita mungkin merasa gengsi saat membeli mobil dengan merek dan desain yang tidak sesuai dengan kemauan. Namun belum tentu merek dan desain yang kita inginkan memenuhi kebutuhan kita ke depan.

Jangan menyerah untuk memburu diskon

Ingin Membeli Mobil Secara Tunai? Ini 5 Langkah yang Wajib Kamu Ketahui

Usahakan untuk meminta diskon setiap kali kamu ingin membeli kendaraan roda empat ini. Dengan adanya diskon, maka kamu bisa mengalokasikan sisa dana untuk membeli mobil ke kebutuhan lain, sebut saja untuk menambah dana darurat (bila kurang) atau membayar asuransi mobil.

Kredit Kilat di Garasi.id

Nah itulah beberapa point penting yang harus kamu perhatikan saat ingin membeli mobil secara tunai. Namun jika kamu memilih untuk melakukan kredit mobil, Garasi.id punya program DP ringan 25% melalui fitur Kredit Kilat. Dengan fitur ini kamu bisa mengajukan pembiayaan kredit mobil lebih mudah. 

Beli Mobil Bekas Berkualitas Dengan Kredit Kilat Dapatkan DP Ringan Hanya 25%

Hebatnya lagi, kamu hanya memerlukan waktu kurang dari 2 menit untuk bisa mengetahui kredit kamu memenuhi kriteria atau tidak. Dengan keunggulan tersebut, Garasi.id menjadi satu-satunya marketplace jual beli mobil bekas yang berani memberikan kredit mobil tercepat. Karena kami adalah #SolusiPuas jual beli mobil bekas.

Dimana kamu bisa dapatkan fitur Kredit Kilat?

Kamu bisa menemukan fitur kredit kilat ini di listing Mobil Pilihan Garasi.id. Atau kamu bisa menemukannya di halaman depan bagian Mobil Pilihan.

Kelebihan Kredit Kilat

  • Hasil Cepat, Kamu akan mendapatkan hasil pengajuan dari kredit mobil hanya dalam 2 menit setelah kamu melengkapi semua data.
  • DP Ringan, Besaran DP yang harus dibayarkan untuk mendapatkan mobil bekas idaman kamu sangat ringan dibanding kompetitor lain.
  • Proses Mudah, Kamu bisa mengajukan kredit mobil dari mana saja, bisa melalui smartphone atau bisa juga melalui desktop kamu. 

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 10 Mar 2021 | 18:11 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

kreditmobilmobilbekasbelimobiltunaikreditkilatgarasiidlifepal