Mercedes E-Class
Mercedes E-Class

Ingin Meminang Sedan Mewah Eropa, Mercedes Benz? Coba Lirik E-Class

09 Feb 2021 | 15:01 WIB

Seri Mercedes-Benz E-Class mewakili generasi kelima dari jajaran mobil eksekutif E-Class memiliki dua model yaitu sedan (W213) dan station wagon (S213). Dijual mulai dari 2016 (sebagai model 2017), mobil ini menjadi penerus mobil E-Class W212/S212 dan masih diproduksi hingga saat ini. Secara historis, E-Class merupakan model terlaris Mercedes-Benz dengan lebih dari 13 juta unit terjual pada tahun 2015. Seri E-Class sendiri pada awalnya tersedia sebagai sedan, station wagon lima pintu, coupe, dan convertible dua pintu. Diproduksi sejak 1953, E-Class berada di garis tengah jajaran Mercedes dan dipasarkan di seluruh dunia dalam lima generasi.

Ingin Meminang Sedan Mewah Eropa, Mercedes Benz? Coba Lirik E-Class

Sebelum tahun 1993, E dalam nomenklatur Mercedes-Benz adalah penambahan, mengikuti nomor model kendaraan dari Einspritz Motor (bahasa Jerman untuk mesin injeksi bahan bakar). Baru pada peluncuran W124 facelift tahun 1993, nama E diadopsi sebagai awalan, contohnya E 220 yang secara resmi sebagai menjadi E-Class, atau E Klasse.

Desain keseluruhan E-Class

Ingin Meminang Sedan Mewah Eropa, Mercedes Benz? Coba Lirik E-Class

E-Class W212 memang masih mewarisi lampu 4 buah khas Mercy E-Class sejak Mercy New Eyes W210 namun perubahannya cukup besar dimana bentuk lampu dirubah menjadi sudut-sudut runcing yang agresif meninggalkan desain lawas berupa bentuk oval. Garis-garis ini tampak sangat sporty yang juga didukung oleh bentuk grille berlapiskan krom dengan shape menyerupai bentuk V. Aura dinamis juga terlihat melalui model bumper yang jauh dari kesan kaku dan ditunjang oleh lampu LED sebagai pengganti foglamp biasa.

Desain bagian depan

Ingin Meminang Sedan Mewah Eropa, Mercedes Benz? Coba Lirik E-Class

Di bagian depan Mercedes E-Class ,disematkan fitur canggih berupa Adaptive High Beam Assist dimana lampu jauh dapat digunakan terus-menerus karena cahayanya akan secara otomatis menghindari mobil di depan atau mobil berlawanan arah. Sementara itu, terdapat perbedaan pada grill dimana trim Avantgarde menggunakan grill 2 garis dengan lambang besar Mercedes-Benz di tengah. Sedangkan trim Elegance dan Classic hampir serupa dengan grill varian prefacelift di atas namun berkelir krom lebih tebal dan setiap sisinya lebih membulat. 

Desain bagian samping

Beralih ke bagian samping, garis desain tajam baru di area tengah bodi merupakan hal pertama kali yang diterapkan pada E-Class. Garis tajam tersebut tampak melengkung seperti tembakan panah melengkung yang dimulai di fender depan melewati gagang pintu depan dan belakang lalu berakhir di fender belakang.

Ingin Meminang Sedan Mewah Eropa, Mercedes Benz? Coba Lirik E-Class

Selain itu, di pada ujung di bawah garis tajam tersebut terdapat lipatan membulat yang terinspirasi dari sedan Mercy Ponton keluaran era 50-an yang membuatnya kurang anggun. Meski begitu, secara keseluruhan mobil ini sangat aerodinamis dimana koefisien drag W212 hanya sebesar 0,25 yang berarti aerodinamisnya sama seperti Toyota Prius dan lebih aerodinamis dari kebanyakan mobil sport coupe.

Desain bagian belakang

Perubahan desain besar juga ada di bagian belakang Mercedes Benz E-CLass.i. Pada model serie E sebelumnya, ciri khas ada pada lampu belakang berbentuk trapesium dengan potongan segitiga namun disini desainnya berubah total menjadi bentuk memanjang.

Ingin Meminang Sedan Mewah Eropa, Mercedes Benz? Coba Lirik E-Class

Teknologi lampu LED menjadi standar pada seluruh tipe dan ia menjadi generasi pertama dari Seri E-Classs yang mengadopsi lampu LED. Guna mendongkrak aura kemewahan ala E-Class, sebuah garnish berkelir krom turut dipasangkan melintang di atas posisi plat nopol. Aksen krom juga terdapat pada garis bumper belakang yang mampu menciptakan nuansa elegan khas mobil mewah.

Interior

Memasuki ke area kabin, Sahabat akan disambut oleh nuansa kemewahan ala Mercedes Modern yang merupakan pabrikan yang cukup disegani di daratan Eropa. Tampak kualitas material yang digunakan mewah sebagai sebuah sedan eksekutif. Kisi-kisi berbentuk unik mirip dengan grill depan juga menambah kemewahan sesungguhnya dari mobil sedan Eropa.

Ingin Meminang Sedan Mewah Eropa, Mercedes Benz? Coba Lirik E-Class

Dari segi skema warna, Mercedes menyediakan dalam beberapa pilihan (tergantung trim), diantaranya warna abu-abu atau coklat untuk trim Elegance sedangkan trim Avantgarde dipadukan dengan warna hitam pada dashboard dan abu-abu untuk seluruh jok. Mercedes juga memberikan fitur-fitur canggih seperti sistem pendinginan Thermotronic climate control yang dapat mengatur AC menjadi 3 zona dengan pembagian terhadap driver, penumpang depan dan penumpang belakang. AC ini juga dibekali oleh tiga mode antara lain ‘Diffuse’, ‘Medium’ dan ‘Focus’.

Ingin Meminang Sedan Mewah Eropa, Mercedes Benz? Coba Lirik E-Class

Untuk fitur standar lainnya antara lain audio steering control, MID  di panel pengemudi, layar LCD untuk sistem multimedia di tengah dashboard, jam analog di panel instrumen, cruise control, dan sunroof di beberapa trim tertentu.

Performa mesin

Ingin Meminang Sedan Mewah Eropa, Mercedes Benz? Coba Lirik E-Class

Untuk sektor dapur pacu bagi varian facelift yang dijual mulai tahun 2013 dan beberapa tipe tertentu baru dijual pada tahun 2014. Disini, tipe E200 menjadi tipe terendah dengan tenaga 181 HP pada putaran 5.500 RPM dengan torsi puncak 300 Nm pada 1.200 RPM hingga 4.000 RPM. Untuk tipe, E250 dijadikan sebagai varian menengah di antara keluarga W212 dengan output 207 HP pada 5.500 RPM dan torsi maksimum 350 Nm di putaran 1.200 RPM hingga 4.000 RPM. Kedua tipe ini menggunakan mesin yang sama yakni M274 dengan konfigurasi 4 silinder 16 katup DOHC dan disokong oleh turbocharger. Hanya saja output keduanya berbeda dikarenakan adanya perbedaan pada tuning ECU.

Ingin Meminang Sedan Mewah Eropa, Mercedes Benz? Coba Lirik E-Class

Nah itulah Sahabat review  dari model mobil sedan mewah Eropa Mercedes Benz E-Class. Bagi Sahabat yang gemar dengan mobil sedan Eropa yang elegan namun tetap memiliki performa yang mencengangkan, kamu bisa mendapatkannya di Garasi.id. Mobil-mobil Mercedes E-Class dan seri lainnya bisa kamu dapatkan dengan DP hanya 25% di Garasi.id. Tenang, walaupun mobilnya pre-owned mobil-mobil tersebut masuk dalam Mobil PIlihan Garasi.id.

Mobil Pilihan Garasi.id adalah koleksi mobil yang mempunyai kualitas terbaik seperti halnya usia mobil muda, kilometer rendah, Inspeksi menyeluruh, dan juga bebas banjir dan bebas tabrakan. Jadi kamu bisa mendapatkan mobil-mobil pre-owned berkualitas yang siap untuk digunakan. 

Honda CR-V Baru Akan Dikombinasikan Dengan Motor Listrik. Berikut Fakta Keunggulan Mobil Honda CR-V

Selain itu, Dengan fitur Kredit Kilat kamu bisa mengajukan pembiayaan kredit mobil lebih mudah. Hebatnya lagi, kamu hanya memerlukan waktu kurang dari 2 menit untuk bisa mengetahui kredit kamu memenuhi kriteria atau tidak. Dengan keunggulan tersebut, Garasi.id menjadi satu-satunya marketplace jual beli mobil bekas yang berani memberikan kredit mobil tercepat dengan DP paling ringan hanya 25% saja.

Honda CR-V Baru Akan Dikombinasikan Dengan Motor Listrik. Berikut Fakta Keunggulan Mobil Honda CR-V

Nah gimana Sahabat, mjadi tunggu apalagi, yuk buruan cek promonya dan untuk informasi lebih lanjut Sahabat juga bisa hubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di [email protected] Segera temui mobil impianmu di Garasi.id.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 09 Feb 2021 | 15:01 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mercedesbenzeclassmercedessedanmewahgarasiid