dongkrak ban mobil
dongkrak ban mobil

Ingin Mengganti Ban Mobil? Begini Mekanisme yang Benar Menggunakan Dongkrak Mobil Untuk Mengganti Ban

14 Jan 2020 | 14:27 WIB

Terkadang mungkin Sahabat Garasi mengalami hal yang cukup membuat kesal ketika sedang mengendarai mobil. Seperti halnya di tengah perjalanan ban mobil tiba-tiba kempes, kalau lokasinya di tengah keramaian dan dekat dengan bengkel mungkin Sahabat tidak begitu risau.

Ingin Mengganti Ban Mobil? Begini Mekanisme yang Benar Menggunakan Dongkrak Mobil Untuk Mengganti Ban

Namun apa yang terjadi jika lokasi ketika ban mobil kempes tersebut jauh dari rumah penduduk? apakah Sahabat hanya akan diam saja dan berharap ada orang yang lewat dan kemudian mau membantu? Asalkan Sahabat membawa dongkrak beserta kunci roda, masalah tersebut sebenarnya sudah bisa teratasi yakni dengan menggantinya dengan ban serep.

Langkah mendongkrak ban mobil yang benar

Mengganti ban mobil sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan sendiri Sahabat. Namun jika belum mengerti tekniknya,mungkin akan kesulitan. Nah disini kami akan sedikit memberikan tips bagaimana mengganti ban mobil dengan mudah. 

Siapkan alat-alat 

Ingin Mengganti Ban Mobil? Begini Mekanisme yang Benar Menggunakan Dongkrak Mobil Untuk Mengganti Ban

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu peralatanya. Dongkrak dan kunci ban alat utama yang dibutuhkan, kemudian tempatkan mobil di tempat yang datar. Ingat dongkrak dan pembuka kunci ban mobil harus selalu ada di dalam mobil. Komponen tersebut bukan hanya sebagai aksesoris saja tetapi hal yang penting. 

Kendorkan baut ban mobil

Banyak orang yang masih salah dalam melakukan penggantian ban mobil. Ketika ban kamu kempes atau ingin diganti dengan ban serep, yang harus kamu lakukan pertama adalah kendorkan dahulu baut roda menggunakan kunci roda. Mengapa harus begitu? Karena akan lebih mudah dalam membuka baut roda ketimbang mobil sudah diangkat oleh dongkrak.

Ingin Mengganti Ban Mobil? Begini Mekanisme yang Benar Menggunakan Dongkrak Mobil Untuk Mengganti Ban

Jika dengan menggunakan kedua tangan tidak kuat, maka bantulah dengan berat tubuh kamu. Caranya kedua tangan memegang salah satu ujung kunci, kemudian satu kaki menginjak ujung kunci yang lain. Tariklah salah satu ujung kunci dan ujung kunci yang lain ditekan menggunakan kaki. Dengan cara demikian maka baut roda akan mudah dikendorkan. 

Gunakan pipa besi tambahan

Cara lain untuk mengendorkan baut ban mobil yang sulit dibuka adalah dengan bantuan pipa besi. Dengan memperpanjang lengan ayun pada kunci tersebut maka beban untuk memutar baut akan semakin ringan. 

Buka baut ban mobil menyilang

Ingin Mengganti Ban Mobil? Begini Mekanisme yang Benar Menggunakan Dongkrak Mobil Untuk Mengganti Ban

Satu hal lagi yang harus diperhatikan yakni dalam mengendorkan baut ban mobil harus bergantian secara menyilang. Jika semua baut roda sudah kendur baru angkat mobil menggunakan dongkrak. Tapi yang perlu Sahabat tau, pada saat ingin mendongkrak, pastikan meletakkan dongkrak di sasis atau rangka mobil. Hal ini berguna sebagai letak dongkrak yang tepat agar tidak meleset saat mobil mulai naik saat di dongkrak.

Gunakan cara sebaliknya ketika akan memasang ban mobil

Ketika semua dirasa sudah aman, barulah Sahabat mulai lepaskan semua baut ban mobil diikuti melepas ban. Jika sudah pasanglah ban serep diikuti memasang baut ban. Kencangkan baut dengan cara menyilang kemudian lepaskan dongkrak secara perlahan. Langkah terakhir adalah mengencangkan semua baut ban sesuai standar. Nah dalam mengencangkan baut ban ini seharusnya menggunakan kunci momen, agar kekencanganya merata dan sesuai spesifikasi. Namun jika tidak ada kunci momen, pastikanlah baut roda tersebut benar-benar kencang. 

Ciri ban mobil yang harus segera diganti

Ban mobil adalah komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan. Bukan hanya komponen penggerak mobil, ban mobil juga berperan pada keselamatan, kenyamanan penumpang, keiritan konsumsi BBM, ketahanan komponen kaki-kaki mobil dan lain sebagainya. Jadi kondisi ban harus mendapat perhatian khusus dari pemilik mobil.

Ingin Mengganti Ban Mobil? Begini Mekanisme yang Benar Menggunakan Dongkrak Mobil Untuk Mengganti Ban

Keausan ban selalu menjadi patokan penggantian ban. Tetapi ada beberapa ciri ban mobil yang menunjukan sudah saatnya diganti untuk keselamatan pengendara. Berikut cara mengenal kondisi fisik ciri ban mobil harus diganti seperti yang dilansir di otosia.com:

Ban berumur 3 tahun

Ban mobil terbuat dari bahan karet yang elastis. Kelenturan karet ban akan terus berubah seiring waktu, semakin lama karet akan semakin berkurang elastisitasnya, hingga akhirnya menjadi getas karena kehilangan kelenturan.

7 Tanda Ban Mobil yang Bisa Membuat Kecelakaan

Usia yang ideal dari ban mobil adalah 3 tahun, jadi sebaiknya setelah usia pakai ban mencapai 3 tahun segera ganti ban mobil sobat, walau kembangnya masih tebal karena mobil jarang digunakan. Jika lebih dari 3 tahun, hal yang paling terasa adalah ban tidak lagi memberikan kenyamanan. Karena sudah mengeras atau tidak lagi lentur.

Tapak ban tipis

7 Tanda Ban Mobil yang Bisa Membuat Kecelakaan

Kondisi ini sering disebut juga ban mengalami kegundulan pada permukaannya. Ban mobil yang sudah gundul ini tentu harus segera diganti agar tak membahayakan pengendara kendaraan tersebut atau pengguna jalan lain.

Banyak tambalan

7 Tanda Ban Mobil yang Bisa Membuat Kecelakaan

Ciri ban mobil harus diganti lainnya adalah ban mobil yang penuh dengan tambalan. Biasanya ban mobil yang bocor maka solusinya ditambal di jasa tambal ban pinggir jalan atau di gerai jual beli ban. Namun jika jumlah tambalan pada permukaan ban sudah terlalu banyak maka sebaiknya kamu mengganti ban tersebut.

Dinding ban mobil atau sidewall tire yang robek

Jika permukaan atau tapak ban mobil yang bocor maka solusi sementara bisa dengan ditambal. Namun jika sudah dinding ban yang mengalami kebocoran atau robek, tentu ini sangat berbahaya bagi keselamatan pemilik kendaraan, untuk itu ban mobil harus diganti.

7 Tanda Ban Mobil yang Bisa Membuat Kecelakaan

Terdapat benjolan pada permukaan ban

Dikenal dengan istilah ban benjol, kondisi ini biasanya menjadi indikasi pertama jika dinding ban mobil akan robek atau pecah. Sebelum ban benar-benar pecah maka ada baiknya jika ban sudah benjol langsung diganti.

Karet ban mengalami getas dan pecah-pecah

7 Tanda Ban Mobil yang Bisa Membuat Kecelakaan

Indikatornya permukaan ban mobil terasa jauh lebih keras dibanding ban pada umumnya. Karet pada ban tidak lagi elastis biasanya akibat usia pakai ban yang sudah terlalu lama. Kondisi ban seperti ini sangat berbahaya karena sewaktu-waktu bisa meledak jika terkena benda tajam.

Kembang Ban Terangkat (Heel toe Wear)

Heel Toe Wear merupakan kondisi ban mobil yang kembangnya seperti terangkat. Hal ini terjadi pada ban mobil yang sering melalui jalanan yang rusak, khususnya mobil yang dipacu pada kecepatan tinggi di jalan yang tidak rata, sehingga sering mengerem cukup keras di jalanan tersebut. Hal ini juga bisa disebabkan karena bushing suspensi, bearing roda dan ball joint yang sudah aus.

7 Tanda Ban Mobil yang Bisa Membuat Kecelakaan

Ada beberapa jenis dan merk ban yang banyak dijual dipasaran. Untuk memilih mana ban yang terbaik, anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan mobil kamu. Gunakan ban dengan bentuk alur sejajar kalau dipakai pada perkotaan (jalan halus datar) karena dapat meringankan akselerasi mobil.

Pastikan juga saat mengganti roda, Sahabat mengganti satu set roda mobil (empat ban sekaligus) meski salah satu ban mobil masih baik. Ini akan berpengaruh pada stabilitas mobil, karena kalau ban yang dipakai beda jenis mobil bisa bergetar dan kurang nyaman dikendarai.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 09:38 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsmobilbanamanwanitagantibanmobilgarasiidotomotif