Warna Cat Mobil
Ganti Warna Mobil

Ini 2 Cara Tepat Buat Kamu yang Suka Ganti Warna Mobil

30 Apr 2019 | 14:06 WIB
BAGIKAN

Terkadang kita merasa bosan dengan warna di bodi mobil yang sudah beberapa tahun menemani keseharian,ingin merubahnya agar tampilan tampak fresh, banyak alternatif merubah warna pada bodi mobil, dari cat konvensional sampai penggunaan sticker dan plastik dip.

Dari segi kepraktisannya sticker dan plasti dip dianggap mudah untuk diaplikasikan pada bodi mobil dan juga sebagai pengganti cat yang dianggap banyak memakan waktu dan biaya yang dikeluarkan untuk satu bodi cukup mahal. Apa sih kelebihan dan kekurangan dari body wrapping dan plastik dip? Seperti melansir dari laman Mobilipo.com, berikut ulasan selengkapnya.

Ini 2 Cara Tepat Buat Kamu yang Suka Ganti Warna Mobil

Body Wrapping

Body Wrapping merupakan pemasangan sticker pada seluruh bodi mobil. Dimana penggunaan body wrapping sedang tren dikalangan modifikator saat ini, dibanding mengganti warna mobil dengan cara konvensional, yaitu mengecat ulang.

Keunggulan menggunakan sticker pada bodi mobil selain cepat dan murah, cara ini juga ampuh untuk melindungi cat mobil dari panas dan hujan, serta baret dan goretan halus pada bodi mobil. Dan tidak membuat cat dasar mengelupas saat dilepas.

Namun, ada kelemahannya yaitu bodi mobil tidak dapat dipoles ataupun melakukan perawatan bodi lainnya jika terkena noda. Jika rusak, maka harus dibongkar dan diganti baru lagi. Selain itu, saat menutup lekukan ekstrim pada bodi mobil. Terpaksa, stiker harus disiasati dengan potongan.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 9 Hal Yang Menjadi Musuh Cat Mobil

Plastik Dip

Produk ini sangatlah baru di Indonesia, semacam Pylox ataupun cat konvensional yang disemprotkan ke bodi mobil. Namun tidak berbentuk cair, melainkan rubber coating, dengan kandungan bahan dasar karet.

Plastik dip fungsinya mirip dengan stiker. Jadi, bisa melapisi bagian bodi dengan warna-warna sesuai selera. Bisa dikelupas dengan mudah tanpa merusak warna asli pada bodi mobil.

Untuk melapisi satu bodi mobil dengan plastik dip, biaya yang diperlukan rupanya masih tergolong tinggi. Yakni berkisar hingga Rp 7 juta, hampir sama dengan teknik pengecatan konvensional. Namun, Plastik Dip tidak memakan waktu lama.

Namun, warna yang dihasilkan plastik dip ini tidak mengkilap, sama seperti warna doft jika diraba kasar. Maka itu, biar hasil pengecatan bagus harus disemprotkan tipis-tipis. Sehingga hasilnya sempurna dan rata.

Beberapa keunggulan Plastic DIP :

  • Peelable & Versatile: Mudah dikelupas, pengaplikasiannya dapat dilakukan pada berbagai macam permukaan body kendaraan seperti Stainlesteal, Alumunium, Plastic dan sebagainya.
  • Fleksibel: Kelenturan (flesibilitas ) yang luar biasa sehingga tidak mudah pecah / rusak saat pengaplikasian.
  • Insulates: Sifatnya insulates terhadap sengatan listrik, panas, getaran dan suara.
  • Grip: Nyaman saat dipegang / disentuh karena menghasilkan efek keset.
  • Durable: Plastic Dip memiliki daya tahan yang luar biasa terhadap air, cairan kimia, benturan, karat, baret dan panas sekaligus.
  • Assorted Colors: Pilihan warna yang beragam dan tersedia dalam bentuk literan dan siap semprot dalam kemasan aerosol

Nah Sahabat, bagaimana? tertarik dengan pemasangan body wrapping dan plastik dip untuk merubah warna mobil kesayanganmu dengan cara yang simple.  

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 30 Apr 2019 | 14:06 WIB
BAGIKAN