Musim Hujan
Berkendara saat hujan

Ini 5 Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

26 Feb 2020 | 10:37 WIB

Belakangan ini hujan sering mengguyur Jakarta. Musim hujan sering membuat kondisi jalan kerap licin karena basah, dan juga genangan yang menutupi jalan berlubang. Hal itulah yang sering menjadi penyebab terjadinya kecelakaan dijalan. Untuk menghindari hal tersebut, Sahabat harus perhatikan beberapa tips berikut ini :

1. Periksa semua lampu kendaraan

Jangan lupa periksa semua lampu kendaraan, apakah semua lampu dapat berfungsi dengan baik. Lampu tersebut bermanfaat membantu Sahabat melihat di jarak pandang yang terbatas karena hujan. Nyalakan lampu utama meskipun siang hari dan hujan rintik-rintik. Hal ini akan membantu pengendara lain melihat kendaraan Sahabat.

Ini 5 Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

2. Periksa kondisi tekanan udara dalam ban

Kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan Sahabat melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) pada saat hujan. Jangan mengambil resiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis. Sebagai tindakan preventif, periksa kondisi ban Sahabat seminggu sekali.

Ini 5 Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

3. Periksa kondisi utama komponen kendaraan 

Periksa kemudi, pedal rem, gas maupun kopling apakah sudah dalam kondisi baik atau tidak.  Berikan perawatan ekstra selama musim hujan karena untuk mengantisipasi keadaan darurat atau akibat kesalahan orang lain yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Ini 5 Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

4. Kurangi kecepatan kendaraan 

Kurangi kecepatan dalam mengendarai kendaraan karena pada saat hujan permukaan jalan licin akibat bercampurnya oli dengan air agar ban Sahabat tidak tergelincir (slip). Mengemudikan kendaraan dalam kondisi kecepatan rendah akan membuat alur ban kendaraan Sahabat lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkram ban lebih baik.

Ini 5 Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

5. Jaga jarak aman kendaraan

Jaga jarak aman dengan pengendara lain. Karena pada saat hujan jarak aman pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada kondisi kering.

Ini 5 Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

Nah Sahabat, itulah tips berkendara saat musim hujan. selain itu, saat hujan Sahabat juga perlu memilih ban mobil yang sesuai. Untuk mengetahui cara memilih ban yang sesuai dengan benar adalah sebagi berikut. 

Cara memilih ban yang tepat, agar siap hadapi musim hujan

Memasuki musim hujan seperti sekarang ini, salah satu hal penting yang perlu Sahabat lakukan adalah memeriksa ban kendaraan. Bila terlihat ban kendaraan Sahabat sudah tidak baik, sebaiknya segera lakukan penggantian. Tetapi Sahabat, memilih ban tidak bisa hanya dilihat dari kembangan ban saja ya. Karena ada ban yang sesuai dengan aturan atau sesuai rekomendasi pabrikan itu jauh lebih penting. Karena ban satu-satunya peranti penting yang langsung bersentuhan dengan aspal.

Lalu bagaimana memilih ban yang tepat ya Sahabat Garasi? Paling penting dalam memilih ban adalah, carilah ban yang ukurannya sesuai dengan anjuran produsen mobil. Kenapa demikian? Karena pastinya para produsen mobil sudah banyak melakukan studi untuk menerapkan ban yang sesuai dengan kendaraan.

Ini 5 Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

Bahkan bisa dipastikan ban yang sesuai menurut pabrikan sudah dihitung secara kombinasi yang tepat antara tekanan angin, bobot, segala macamnya. Biasanya anjuran produsen mobil mengenai ban biasanya terselip pada bagian pintu mobil.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika memilih ban adalah komponnya Sahabat Garasi. Memang orang awam akan sulit melihat keadaan kompon sebuah ban. Tapi cara yang paling jitu tentu bisa dilihat dari mereknya. Janganlah cari ban murahan ya.

Karena setelah dibeli, ban abal-abal atau murahan paling ketahuan saat pengereman di jalan basah atau kering. Pengereman itu pengaruh ban gede banget. Karena yang menempel di jalan itu hanya ban. Orang bisa tahu kompon ban dari mereknya.

Ini 5 Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

Kembangan yang terlihat bagus untuk jalan basah itu belum tentu kalau komponnya mendukung. Sehingga disarankan untuk bisa mencari informasi yang akurat ya. Sehingga klaim produsen ban itu apa atau bagaimana kualitasnya bisa terbukti.

Terakhir, jika Sahabat Garasi ingin memilih ban. Carilah produsen yang menawarkan garansi. Selain bisa membuat Sahabat lebih tenang, garansi juga bisa menjamin bahwa ban tersebut tidak cacat produksi.

Nah buat Sahabat yang bingung cari ban yang cocok, Sahabat bisa coba cek di Garasi.id. Di Garasi.id dengan fitur Jasa dan Servis kebutuhan otomotif kendaraan pribadimu bisa terpenuhi salah satunya ban dari Ottoban.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 01:42 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekastipsberkendaraamanmusimhujanlicinbasahgenangan