Musim Hujan
Berkendara saat hujan

Ini 5 Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

26 Nov 2018 | 17:00 WIB
BAGIKAN

Sudah sampai di penghujung tahun, berarti artinya musim penghujan pun telah datang. Musim hujan sering membuat kondisi jalan kerap licin karena basah, dan juga genangan yang menutupi jalan berlubang. Hal itulah yang sering menjadi penyebab terjadinya kecelakaan dijalan. Untuk menghindari hal tersebut, Sahabat harus perhatikan beberapa tips berikut ini :

Ini 5 Tips Aman Berkendara di Musim Hujan

Baca Juga : Musim Hujan Butuh Mobil, Waspada Mobil Murah Bekas Banjir

1. Periksa semua lampu kendaraan

Jangan lupa periksa semua lampu kendaraan, apakah semua lampu dapat berfungsi dengan baik. Lampu tersebut bermanfaat membantu Sahabat melihat di jarak pandang yang terbatas karena hujan. Nyalakan lampu utama meskipun siang hari dan hujan rintik-rintik. Hal ini akan membantu pengendara lain melihat kendaraan Sahabat.

2. Periksa kondisi tekanan udara dalam ban

Kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan Sahabat melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) pada saat hujan. Jangan mengambil resiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis. Sebagai tindakan preventif, periksa kondisi ban Sahabat seminggu sekali.

3. Periksa kondisi utama komponen kendaraan 

Periksa kemudi, pedal rem, gas maupun kopling apakah sudah dalam kondisi baik atau tidak.  Berikan perawatan ekstra selama musim hujan karena untuk mengantisipasi keadaan darurat atau akibat kesalahan orang lain yang dapat menyebabkan kecelakaan.

4. Kurangi kecepatan kendaraan 

Kurangi kecepatan dalam mengendarai kendaraan karena pada saat hujan permukaan jalan licin akibat bercampurnya oli dengan air agar ban Sahabat tidak tergelincir (slip). Mengemudikan kendaraan dalam kodisi kecepatan rendah akan membuat alur ban kendaraan Sahabat lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkeram ban lebih baik.

5. Jaga jarak aman kendaraan

Jaga jarak aman dengan pengendara lain. Karena pada saat hujan jarak aman pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada kondisi kering.

Nah Sahabat, begitulah tips yang bisa diberikan. Selamat mencoba dan tetap berhati-hati ya Sahabat saat berkendara.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 26 Nov 2018 | 17:00 WIB
BAGIKAN