Bahaya Jika Salah Menempatkan Pengharum di Kabin Mobil
Bahaya Jika Salah Menempatkan Pengharum di Kabin Mobil

Ini Alasan Jangan Menempatkan Parfum di Ventilasi AC Mobil

26 Agt 2023 | 23:57 WIB

Menjaga mobil untuk tetap harum dengan menggunakan parfum mobil adalah hal yang paling biasa Sahabat lakukan. Berkendara santai bersama mobil kesayangan semakin segar dan rileks dengan keberadaan parfum mobil.


Beragam jenis model parfum pun banyak dijual di pasaran, mulai yang berbentuk gel, cairan hingga sprei. Biasanya sering ditemui pengendara yang menempatkan parfum mobil di ventilasi AC atau di kipas mobil. 


Memang tidak ada salahnya menempatkan parfum di ventilasi AC atau di kipas mobil, karena memang bisa membantu mengharumkan kabin mobil dengan cepat tersebar dalam waktu yang singkat.


Gunakan Pengharum Mobil Beraroma Sejuk

Gunakan Pengharum Mobil Beraroma Sejuk


Tapi, tahu enggak sih Sahabat, kalau ternyata menempatkan parfum di ventilasi AC itu berbahaya? Faktanya, jika kamu menempatkan parfum di ventilasi AC bisa berdampak buruk pada komponen mobil. Ini karena zat kimia yang dimiliki oleh parfum masuk ke evaporator.


Sebenarnya tidak semua parfum mobil berbahaya, tapi beberapa jenis parfum mobil memiliki efek samping pada komponen mobil. Tidak disarankan menempatkan pewangi di ventilasi AC, apalagi yang berbahan gel dan memiliki aroma buah yang asam.


Bila terus menerus digunakan, lama-lama membuat bahan kimia di pewangi bisa terserap ke dalam evaporator AC. Zat-zat kimia parfum yang masuk ke evaporator, ternyata bisa menimbulkan kerak pada pipa.


Bersihkan Ventilasi AC Mobil Secara Berkala

Bersihkan Ventilasi AC Mobil Secara Berkala


Pipa yang berfungsi untuk menyalurkan udara dingin ke kabin mobil yang berkerak bisa membuat mobil jadi kurang sejuk. Jika sering terjadi, kerak yang terus menumpuk pada pipa mobil bisa membuat AC mobil jadi rusak. Disarankan sebaiknya mulai dari sekarang Sahabat mencari parfum yang biasa saja, seperti yang digantung di atas kaca spion tengah.


Hal yang lainnya juga penting untuk Sahabat lakukan adalah dengan rajin membersihkan AC mobil. Tentunya bertujuan untuk membersihkan evaporator AC tersebut. Agar tidak terdapat jamur yang menumpuk dan tentu sangat berbahaya bagi kesehatan.


Karena AC mobil ini sangat sensitif terhadap berbagai kotoran atau debu yang ada pada kabin mobil Sahabat. Terlebih saat kamu sering membuka kaca jendela mobil, sehingga udara dalam kabin terdapat banyak kotoran. Hal ini harus selalu diperhatikan, agar menjaga kabin mobil kamu tetap sejuk.


Lalu, bagaimana jika AC mobil kesayangan Sahabat sudah mengalami kerusakan? Sebaiknya kamu langsung membawa ke tempat spesialis AC mobil untuk dibersihkan secara mendetail.


Ini Alasan Jangan Menempatkan Parfum di Ventilasi AC Mobil


Sahabat bisa cek www.Garasi.id sekarang. Partner bengkel terpercaya Rotary Auto berikan layanan Perawatan AC Hemat dengan harga 178Ribu untuk layanan evaporator maintenance, kondensor maintenance blower maintenance dan sterilisasi atomizer. Kamu juga bisa nikmati promo paket AC mobil segerr biar kabin mobil makin dingin. Syarat dan ketentuan berlaku. Jika Sahabat ada kendala silahkan hubungi tim Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 29 Agt 2023 | 15:07 WIB
Bagikan

Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family