Ini Biang Kerok Kaca Mobil Kamu Berjamur dan Baret Halus
Ini Biang Kerok Kaca Mobil Kamu Berjamur dan Baret Halus

Ini Biang Kerok Kaca Mobil Kamu Berjamur dan Baret Halus

17 Jan 2022 | 12:35 WIB

Penyebab Kaca Baret, Baca Artikel Ini

Penyebab Kaca Baret, Baca Artikel Ini


Kaca mobil menjadi salah satu komponen yang paling krusial, khususnya visibilitas berkendara ya, Sahabat Garasi. Namun, masih banyak pengguna mobil kurang menyadari perawatan kaca mobil yang baik dan benar, sehingga berimbas pada kondisi permukaan kaca yang berjamur hingga baret-baret halus.

Hal ini justru membahayakan para pengendara jika kaca mobil Kamu sudah kehilangan daya visibilitasnya. Untuk itu, Kamu harus mengetahui penyebab kaca mobil berjamur dan baret-baret. Ini empat penyebabnya:

Ini Biang Kerok Kaca Mobil Kamu Berjamur dan Baret Halus


  1. Cuci Mobil

Cuci mobil bisa menjadi salah satu penyebab jamur di kaca mobil jika tidak dilakukan proses pengeringan yang benar. Misalnya, setelah Kamu selesai mencuci mobil tidak langsung dikeringkan dengan lap sampai benar-benar kering, pada akhirnya timbul jamur pada kaca mobil.

Begitu juga jika mencuci mobil di bawah terik matahari, paparan matahari akan menyebabkan air pada mobil menjadi cepat kering.

  1. Kualitas Air

Kualitas air yang Kamu gunakan saat mencuci mobil juga berpengaruh pada kaca mobil. Seperti air tanah yang mengandung besi kuning, garam atau kandungan kapur yang tinggi. Jenis-jenis air tersebut dapat menimbulkan jamur sehingga kaca mobil terlihat lebih kusam. 

  1. Kena Hujan

Saat musim hujan tiba, perawatan mobil harus dilakukan lebih maksimal. Karena salah satu penyebab kaca mobil berjamur adalah akibat sisa-sisa air hujan yang menempel pada kaca tersebut. Kamu harus segera membersihkannya, karena jika didiamkan terlalu lama akan sulit hilang.

  1. Kondisi Cuaca yang Tidak Stabil

Ada saatnya kondisi cuaca tidak menentu saat Kamu sedang berkendara di perjalanan. Misalnya, cuaca sedang panas terik kemudian tiba-tiba berubah mendung lalu turun hujan, namun beberapa jam kemudian cuaca bisa kembali panas. Nah, cuaca seperti ini yang dapat menimbulkan jamur pada kaca mobilmu.

Cegah Kaca Mobil Baret dan Berjamur

Akan tetapi, Sahabat Garasi hanya perlu perawatan kaca mobil agar tidak berjamur dan baret-baret halus. Nah, ini caranya agar kaca mobil bisa terhindar dari timbulnya jamur dan baret. Yuk disimak:

Jangan Lupa Ganti Karet Wiper

Jangan Lupa Ganti Karet Wiper


  • Rutin Ganti Karet Wiper

Karet pada wiper mobil sejatinya cukup rentan menjadi keras dan getas akibat suhu panas yang tinggi ataupun usia pakai. Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya saat siang hari menegakkan tiang wiper agar karet tidak menyentuh permukaan kaca.

Jangan lupa setiap sebulan sekali cek kondisi wiper apakah masih lentur atau tidak, termasuk membersihkan permukaan karet wiper menggunakan kain.

  • Bersihkan Kaca Film

Mobil yang diaplikasi kaca film, ada baiknya memperhatikan kondisi kaca film yang tak kalah rentan dari adanya goresan. Untuk membersihkannya, Kamu bisa menggunakan pembersih kaca lembut dengan campuran air kemudian lap dengan chamois.

Usahakan untuk menghindari penggunaan produk cleaner bermaterial soda dan shampo. Sebab, fitur penahan panas yang terdiri dari beberapa lapisan ini akan terkelupas.

  • Poles Kaca Mobil

Biasanya pengguna mobil sering melakukan treatment poles body saja, padahal kaca perlu untuk mendapatkan treatment poles. Sebab, treatment poles kaca mobil bisa menghilangkan noda jamur yang menempel sekaligus baret yang bersifat minor. Hanya saja treatment seperti ini perlu dilakukan di workshop car care, tidak bisa dilakukan secara mandiri.

  • Gunakan Produk Pembersih Kaca

Jika Kamu lebih gemar merawat mobil secara mandiri, maka Kamu bisa menggunakan produk pembersih kaca yang banyak ditemui di pasaran dengan harga cukup terjangkau.

Banyak produk pembersih kaca mengandung amonia hingga formula pencegah bercak, bahkan ada yang hanya menggunakan air. Namun idealnya adalah gunakan produk pembersih kaca yang mengandung citric acid atau alkohol.

Jangan sepelekan perawatan kaca mobil Kamu, karena perubahan cuaca dari panas ke hujan atau sebaliknya yang sering terjadi beberapa waktu ini. Terlebih debu dan kotoran yang banyak di jalan. Lakukan langkah di atas agar kaca mobil Kamu tetap cerah dan mengkilap.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 20 Jan 2022 | 11:26 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifkacamobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family