Ini Dampak Dari Asal Modifikasi Setir Mobil
Ini Dampak Dari Asal Modifikasi Setir Mobil

Ini Dampak Dari Asal Modifikasi Setir Mobil

07 Mar 2022 | 09:40 WIB

Sebagai pemilik mobil, Sahabat pasti pernah merasa kurang puas dengan desain mobil bawaan pabrik. Karena hal itu, tak jarang dari Sahabat atau pemilik kendaraan lain yang melakukan modifikasi biar mobil semakin bergaya. Dengan melakukan modifikasi, banyak juga nih yang melakukannya baik secara sederhana atau ekstrim seperti halnya modifikasi setir mobil.

Perlu diingat Sahabat, merubah tampilan dari bawaan pabrik berarti Sahabat juga harus memikirkan konsekuensinya, seperti mengganggu kenyaman dan keselamatan saat berkendara. Setir pada umumnya sudah dilengkapi dengan airbag yang dapat mengembang dalam keadaan tertentu seperti tabrakan, untuk melindungi bagian vital pengemudi seperti kepala. Saat setir mobil di modifikasi, ada kemungkinan airbag menjadi tidak berfungsi dengan semestinya atau bahkan dihilangkan sama sekali. 

Nah biar nggak nyesel, ada baiknya Sahabat mengetahui beberapa konsekuensi yang harus ditanggung bila melakukan penggantian setir yang menjadi alasan dari pabrikan untuk tidak merekomendasikan hal tersebut.

Jangan Asal Memodifikasi Setir Mobil Ya Sahabat

Jangan Asal Memodifikasi Setir Mobil Ya Sahabat


1. Beda Ukuran Setir Berpengaruh Pada Rasa Berkendara

Hal pertama harus diketahui adalah ukuran setir aftermarket bisa jadi berbeda dengan setir asli. Diameter yang berbeda bisa memberikan rasa berkendara yang berbeda.

2. Korbankan Safety Dan Kenyamanan

Konstruksi dari setir asli pabrikan sudah dihitung untuk faktor safety dan kenyamanan. Dengan menggantinya, mungkin Sahabat jadi mengorbankan kedua hal tersebut.

Ini Dampak Dari Asal Modifikasi Setir Mobil


3. Mengganggu Fungsi Dan Fitur

Terakhir, mobil mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya dengan setir yang berbeda. Setir mobil pada umumnya tidak hanya untuk membelokkan ban.

Tetapi juga terdapat banyak tombol untuk mengatur berbagai informasi di MID dan sistem audio yang ada pada di kendaraan.

Selain itu, airbag juga otomatis hilang dengan penggantian setir bila setir yang diganti tidak memiliki airbag.

Sehingga, tingkat keselamatan pun otomatis akan berkurang. Begitu juga dengan cruise control karena pengaturannya ada pada setir.

Nah sudah tau dong dampak yang akan timbul bila Sahabat modifikasi setir mobil. Namun kalau Sahabat ingin membuat tampilan setir mobil tidak seperti biasa, Sahabat bisa mengganti cover setir mobil. Dengan mengganti cover setir mobil, Sahabat tidak akan menemui dampak yang bahaya namun sebaliknya yaitu manfaat.

Tidak hanya sebagai aksesoris yang mempercantik tampilan setir, cover setir juga memiliki 3 manfaat yaitu :

1. Melindungi Setir Mobil

Biasanya setir mobil terbuat dari bahan plastik yang dilapisi dengan sejenis karet yang akan sangat panas dan tidak nyaman jika digenggam setelah terkena sinar matahari secara langsung. Untuk itu Sahabat perlu menggunakan cover setir, karena cover setir ini mampu menangkal panasnya sinar matahari dan menjaga setir Sahabat dalam jangka waktu yang lama.

2. Tidak membuat pengendara mudah lelah

Saat menempuh perjalanan jauh, cover setir ampuh bagi pengendara sehingga tidak membuat pengendara mudah lelah. Pilihlah cover setir yang biasanya terbuat dari bahan kulit sehingga tidak licin dan tidak membutuhkan tenaga ekstra. 

3. Penyelamat perjalanan

Jika Sahabat adalah tipe orang yang mudah berkeringat, sarung setir mobil jadi solusi agar setir yang Sahabat genggam tidak licin dan membahayakan perjalanan. Sahabat akan mantap dalam menggenggam setir mobil dan terhindar dari bahaya kecelakaan.

Itulah 3 manfaat bila setir mobil Sahabat menggunakan cover. Jadi mulai sekarang, pilih cover setir itu tidak boleh sembarangan ya Sahabat. Pilihlah yang berkualitas tinggi, sehingga bisa membuat Sahabat semakin nyaman dan aman saat berkendara. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 07 Mar 2022 | 09:40 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifsetirmobilsetirbergetarspooringbalancing
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family