FORWOT
Car Of The Year FORWOT

Ini Dia 5 Finalis FORWOT Car Of The Year, Ada Mobil Sahabat?

18 Sep 2018 | 17:00 WIB

Garasi.id - Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) kembali menggelar penghargaan bergengsi FORWOT Car of the Year (FCY) 2018. Pada ajang bergengsi ini, FORWOT Car of the Year berhasil menghimpun 23 mobil benar-benar baru bukan minor change, major change, dan penambahan varian dari pabrikan asal Jepang, Korea, Amerika, hingga Eropa.

FORWOT Car of the Year 2018 diselenggarakan untuk memberikan rekomendasi mobil-mobil terbaik yang diluncurkan dalam periode yang telah kami tentukan. Di sini, kami meninjau dan menimbang dari berbagai aspek untuk menilai mobil apa saja yang layak dan pantas masuk guna diadu dan keluar sebagai mobil terbaik.

Ini Dia 5 Finalis FORWOT Car Of The Year, Ada Mobil Sahabat?

Dalam pemilihan tahap pertama melibatkan seluruh anggota FORWOT. Hasilnya, mayoritas suara menjatuhkan pilihan pada lima model (berdasarkan abjad) yaitu: DFSK Glory 580, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Toyota Rush, dan Wuling Cortez.

Proses penjurian mengacu pada "Car of the Year" dari Car of the Year Committe atau www.caroftheyear.org yang dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa namun telah disesuaikan dengan kondisi pasar otomotif di Tanah Air.

"Dalam pemilihan FORWOT Car of the Year 2018 ada beberapa catatan menarik. Pertama, dua brand asal Cina untuk pertama kalinya masuk dalam daftar finalis. Kedua, lima finalis juga menggambarkan pasar Indonesia yaitu MPV (3 model) dan SUV (2 model). Dan ketiga, jumlah mobil baru yang masuk kategori penilaian turun dari 32 model pada tahun 2017 lalu menjadi hanya 23 model pada tahun ini. Hal tersebut menunjukkan kondisi pasar Indonesia yang masih kurang bergairah," ujar Wakil Ketua Umum FORWOT Zainal Abidin melalui keterangan tertulisnya kepada Garasi.id, Senin (17/9/2018).

Baca Juga : Mau Beli Mobil Bekas Berkualitas, Coba Mobil Pilihan Garasi.id

Selanjutnya, penjurian FORWOT Car of the Year 2018 akan memasuki tahap menentukan satu mobil terbaik. Pengumuman FORWOT Car of the Year 2018 sendiri akan digelar pada Jumat, 28 September 2018, di Jakarta. 

"Pada FORWOT Car of the Year 2018 kami melibatkan partisipasi seluruh anggota FORWOT untuk memberikan penilaian, tidak hanya terbatas pada panel juri. Hal ini diharapkan bisa memberikan penilaian yang lebih beragam dan komprehensif," kata Ketua Dewan Juri, Raju Febrian.

Berikut mekanisme penilaiannya:

1. Menjaring 23 model baru yang meluncur pada periode Agustus 2017 - Juli 2018.

2. Anggota-anggota FORWOT memilih lima mobil terbaik untuk kemudian disaring menjadi lima finalis.

3. Lima finalis ini nantinya akan dipilih kembali oleh satu panel juri berdasarkan voting. Tiap juri akan diberikan 25 poin yang didistribusikan pada para finalis.[DeF]

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:42 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbelipenghargaanawardyear2018FORWOTMPVSUV
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family