Fungsi Fog Lamp
Fungsi Fog Lamp

Ini dia Fungsi dan Manfaat Fog lamp Mobil

08 Mar 2023 | 10:41 WIB

Fog lamp mobil artinya lampu kabut dalam bahasa Indonesia. Fog lamp mobil adalah fitur keselamatan yang memiliki fungsi untuk membantu menerangi pandangan pengemudi saat kondisi jalanan dalam gangguan cuaca.

Fog lamp digunakan untuk menghadapi cuaca ekstrim, seperti hujan deras, kepulan asap, atau melintasi di daerah berkabut.

Fog lamp mobil

Sesuai dengan namanya, Fog lamp mobil adalah lampu kabut yang berada di depan mobil. Kegunaanya, untuk dapat membantu pengemudi untuk memberikan kecerahan dan memecah kabut atau hujan tebal di depan mobil.

Biasanya Fog lamp mobil memiliki jangkauan sekitar 10 meter dan pancaran sinarnya menyebar. Fog lamp mobil efektif untuk membantu penglihatan jarak dekat sehingga Sahabat bisa lebih waspada pada kondisi jalan, seperti lubang, bahu atau marka jalan.

Dengan begini Fog lamp mobil juga bisa disebut dengan fitur keselamatan dalam sebuah mobil. Kemudian, Fog lamp mobil juga biasanya diletakan di bawah, mencegah agar tidak membuat silau pengguna jalan lain dari depan.

Oleh sebab itu, memaksimalkan fungsi Fog lamp mobil dengan mengaktifkannya saat dibutuhkan.

Fog lamp belakang

Rear Fog lamp artinya sama juga dengan Fog lamp belakang. Berbeda dengan front fog lamp yang dipasang tidak bersama headlamp, Fog lamp belakang dipasang menyatu dengan lampu belakang mobil yang memancarkan warna merah terang.

Fungsi rear Fog lamp adalah masih untuk mendukung keamanan dalam berkendara di tengah cuaca buruk dan berkabut. Jika Fog lamp depan lampu kabut depan untuk membantu penglihatan pengendara, maka fog lamp belakang berguna untuk membantu pengguna jalan di belakang.

Rear Fog lamp memberikan pandangan yang jelas bagi mobil di belakang ke mobil kalian. Sehingga meskipun dalam kabut tebal atau hujan lebat, mobil belakang tahu jika ada mobil di depannya.

Namun perlu diingat, lampu mobil ini hanya digunakan saat cuaca buruk saja. Dalam kata lain rear Fog lamp artinya tidak bisa Sahabat gunakan di kondisi cuaca normal.

Hal ini karena posisi rear fog lamp dibuat agar dapat terlihat jelas oleh pengemudi lain di belakang sehingga menyilaukan saat dinyalakan tidak pada waktunya.

Selain itu, Fog lamp belakang biasanya menggunakan simbol setengah lingkaran seperti batok lampu juga. Bedanya, arah 3 sinar lurus ke kanan disertai potongan garis bergelombang.

Pada panel instrumen, simbol lampu kabut depan berwarna hijau, sedangkan lampu kabut belakang berwarna kuning. Supaya tidak sampai salah mengoperasikan, sebaiknya pelajari dulu posisi dan cara penggunaan lampu kabut.

Fog lamp mobil: perbedaannya dengan headlamp 

Masih banyak orang yang kurang paham kegunaan Fog lamp. Beberapa bahkan tidak menggunakan karena merasa fungsinya sama seperti headlamp. Namun perlu dipahami nih Sahabat, bahwa baik Fog lamp dan headlamp memiliki kegunaan yang berbeda.

Fog lamp mobil dinyalakan hanya pada saat cuaca berkabut atau hujan deras. Sorotan Fog lamp mobil lebih fokus ke satu arah untuk dapat menembus kabut. Sementara cahaya headlamp lebih menyebar yang berfungsi sebagai penerang utama jalan.

Namun karena kurangnya pemahaman masyarakat, sering kali mereka menyalakan Fog lamp mobil bersamaan dengan lampu utama daytime running lights (DRL). Hal itu selain berbahaya untuk pengendara mobil di depannya karena silau, aki juga jadi boros.

DRL sendiri merupakan fitur penunjang keselamatan berkendara pada lampu utama yang awalnya diterapkan di mobil-mobil Eropa dan Amerika Serikat (AS). Sementara headlamp, lebih ke sistem pencahayaan dari lampu utama.

Jenis headlamp banyak, ada bohlam, halogen, HID (light irradiation distance) dan lampu mobil LED. Penempatan DRL dan LED biasanya berbeda, ada yang terpisah dari headlamp, ada juga menyatu dengan rumah lampu utama.

Ini dia Fungsi dan Manfaat Fog lamp Mobil


Jangan asal menghidupkannya

Fog lamp mobil kini sudah banyak disematkan pada mobil-mobil baru dan modern. Hal ini kadang kurang dipahami dan jadi masalah. Para pemilik mobil tersebut masih banyak yang belum memahami kegunaan sesungguhnya.

Sering pasti kalian temui di jalan pengendara mobil dengan bangganya menyalakan lampu kabut pada malam hari, padahal ini salah kaprah. Bahkan yang lebih lucu, lampu utama tidak dinyalakan saat malam hari, dan hanya Fog lamp saja.

Beberapa belum paham bahwa untuk menyalakan Fog lamp tak lain ketika hujan lebat, terutama malam hari atau saat jalanan sedang berkabut.

Hal ini karena sorotan Fog lamp cenderung melebar daripada pendaran cahaya lampu utama yang lebih jauh ke arah depan.

Jika dinyalakan tanpa kenal waktu, dampaknya akan mencelakai pengemudi lain. Sorot lampu Fog lamp membuat silau pengemudi di depan kalian, maupun di belakang khusus bagi rear Fog lamp.

Untuk itu ada baiknya Sahabat  memahami kegunaan yang benar dari Fog lamp. Lampu kabut ini bukan hanya sekedar aksesoris kemewahan, namun memiliki kegunaan yang khusus.

Namun bagi Sahabat yang tidak memiliki Fog lamp mobil, sebaiknya memasang lampu kabut dari aksesoris resmi pabrikan mobil.

Hal ini tentunya untuk mencegah pemasangan yang tidak presisi, atau malah mengganggu pengendara di depan karena sorotan lampu kabut yang sangat tajam.

Ini dia Fungsi dan Manfaat Fog lamp Mobil


Manfaat Fog lamp

Manfaat Fog lamp mobil adalah untuk memecah kabut dan menerangi jalanan di tengah cuaca ekstrim. Namun ada juga beberapa hal manfaat lain dari Fog lamp. Apa saja itu? berikut penjelasanya

Penerang dalam kegelapan

Jika kalian tengah jalan di trek yang gelap sekali hingga pekat, maka gunakanlah Fog lamp. Pastikan dahulu tidak ada pengendara lain di sekitar kalian atau bahkan warga setempat.

Fungsi fog lamp untuk keamanan berkendara di malam hari, namun jika jalanan ramai sebaiknya gunakan headlamp LED saja. Penggunaan Fog lamp bisa membahayakan pengendara lain di jalan raya, yang ada di depan atau di belakang kendaraan kalian.

Jangan sampai, kesalahpahaman soal fungsi Fog lamp membuat pengendara lain tidak nyaman karena sinar fog lamp Sahabat yang menyala tidak tepat waktu. Prioritaskan keselamatan berkendara Sahabat dan mobil lainnya di jalan.

Membabat trek di tengah hujan lebat

Selain untuk menerangi kegelapan, Fog lamp mobil diperuntukkan untuk perjalanan di hujan lebat. Sama seperti kabut, hujan lebat juga bisa mengganggu daya visibilitas pengendara. Sorotan Fog lamp memang cenderung lebih lebar daripada pencahayaan headlamp.

Sorot lampu Fog lamp tentu membantu kalian dalam berkendara lebih nyaman dan aman di tengah hujan lebat. Sehingga kalian bisa membabat jalanan dengan aman di tengah hujan lebat.

Sapu kabut bikin perjalanan bebas takut

Terakhir, sesuai dengan namanya Fog lamp berguna untuk perjalanan di lintasan berkabut Terlebih bagi kalian yang sering melaju mobil di jalanan pegunungan, tentu akan lebih aman dengan Fog lamp.

Kontur jalanan pegunungan yang tak hanya berkabut, juga penuh kelokan dan menanjak, jadi lebih siap dijalankan dengan bantuan Fog lamp. Pancarannya yang cenderung lebih kuat dan lebar akan membantu Sahabat melihat dengan jarak pandang lebih jauh meski pandangan terhalang kabut.

Situasi lainnya, Sahabat bisa menggunakan Fog lamp mobil ketika berkendara di jalanan dengan kepulan asap tebal. Fog lamp yang terletak pada bagian bawah mobil akan menunjang penglihatan pengendara untuk mengetahui di mana jejak mobil di depan, atau pembatas jalan.

Sahabat itulah penjelasan rinci tentang fungsi dan manfaat dari Fog lamp mobil. Semoga dengan informasi ini, tidak ada lagi Sahabat Garasi yang bingung kegunaan dari Fog lamp mobil ya. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 08 Mar 2023 | 10:41 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobilfoglamp
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family