Biaya Detailing Mobil
Biaya Detailing Mobil

Ini Dia Info Paling Lengkap Soal Detailing Mobil

08 Agt 2022 | 10:50 WIB

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk perawatan mobil, salah satunya dengan melakukan detailing mobil. Karena memelihara mobil tidak hanya selalu tentang merawat mesinnya saja, tetapi tampilan eksterior juga jadi salah satu hal yang tak boleh terlewatkan. 

Namun soal perawatan mobil, masih ada segelintir orang yang belum memahami dengan baik jenis-jenis perawatan kendaraan yang sebenarnya punya fungsi dan tujuan berbeda. Salah satunya auto detailing atau biasa disebut sebagai detailing mobil.

Agar tidak keliru dan semakin memahami tentang detailing mobil, Sahabat Garasi perlu menyimak informasi berikut ini.

Apa Itu Detailing Mobil?

Sederhananya, auto detailing atau detailing mobil adalah teknik untuk merawat dan mempercantik penampilan kendaraan, agar tampil sempurna. Pada mobil, hal ini meliputi bagian eksterior dan interior, bahkan hingga ke bagian mesin. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan tangan, atau menggunakan mesin.

Mengapa detailing perlu dilakukan? Sebab para pemilik kendaraan pasti mengetahui bagaimana kendaraannya terkena berbagai macam kotoran setiap saat. Debu, aspal jalanan, oli, hujan, goresan kerikil, kotoran burung, getah pohon, sinar matahari dan lainnya. Hal-hal tersebut yang secara berangsur akan membuat tampilan kendaraan semakin tidak sedap dilihat oleh mata. Untuk melawan hal tersebut, maka proses auto detailing perlu dilakukan.

Perbedaan detailing mobil dengan coating mobil

Sahabat mungkin penasaran dengan perbedaan detailing mobil dan coating, atau laminating mobil, yang sama-sama ada bagian mempercantik kendaraan. Memang, auto detailing mencakup coating mobil, yaitu proses mempercantik bodi mobil agar semakin mengkilap dengan lapisan khusus.

Namun, proses coating hanya mempercantik bagian luarnya saja, tidak mencakup bagian interior seperti auto detailing yang jauh lebih kompleks daripada itu. Bisa dibilang, lebih baik melakukan auto detailing ya karena mobilmu bisa dicek hingga ke bagian mesin sebagai perawatan lebih lanjut.

Manfaat Detailing Mobil

Bagian luar atau eksterior mobil diibaratkan sebagai ‘muka’ ketika berkendara. Jangan sampai ‘muka’ tersebut terlihat kusam dan tidak lagi elok dipandang. Untuk membuat mobilmu terlihat layaknya mobil baru, perawatan rutin, termasuk detailing mobil diperlukan. Detailing mobil dapat menghilangkan beragam noda pada kaca dan bodi mobil. Berikut adalah 4 manfaat utama detailing mobil, antara lain:

Memudahkan Perawatan

Mobil yang sudah mendapatkan polesan lebih mudah dibersihkan. Tentunya Sahabat tidak perlu bersusah payah untuk menekan terlalu dalam. Cukup disiram dan semua noda dan kotoran akan dengan mudah luntur. Jika dibandingkan dengan mobil yang belum terpoles, usaha atau kerjamu untuk membersihkan sekaligus merawat mobil menjadi tidak mudah. Hati-hati pada tekanan berlebih karena hal tersebut dapat merusak cat.


Melapisi Cat dengan Cairan Pelindung

Sahabat dapat melakukan poles dan waxing untuk membuat cat terlapisi cairan pelindung. Cairan tersebut akan bekerja layaknya permukaan pada daun talas. Beragam noda, termasuk cipratan air tidak akan mudah menembus cat dan merusak warna. Bandingkan dengan mobil yang tidak dipoles dan di-wax, kotoran dan noda akan berdiam dan mengendap. Jika terus dibiarkan kotoran dan noda tersebut akan merusak dan sulit dibersihkan.


Memperlambat Penuaan

Sinar ultraviolet (UV) ternyata memberikan dampak yang buruk pada bodi mobil. Selain sinar UV cipratan air juga memberikan dampak yang buruk. Bagaimana jika keduanya dikombinasikan? Tentu efeknya akan semakin buruk. Terlebih, Indonesia adalah negara dengan iklim tropis dimana panas dan hujan datang silih berganti. Semakin hari, kedua cuaca tersebut semakin sulit untuk diprediksi.


Ini Dia Info Paling Lengkap Soal Detailing Mobil



Efek buruk cuaca tersebut akan ditambah juga polusi udara dan debu jalanan. Akibatnya, mobil akan cepat menua, khususnya bagian eksterior di mana bagian tersebut adalah bagian yang paling terekspos. Dengan melakukan detailing mobil secara rutin, mobilmu akan lebih tahan lama dan proses penuaan akan diperlambat. Manfaat detailing mobil tersebut merupakan manfaat jangka panjang yang tidak boleh diabaikan.


Tampilan Menjadi Lebih Fresh dan Mengkilap

Tampilan fresh dan mengkilap adalah manfaat detailing mobil yang bisa langsung dilihat. Tampilan mobil akan sedap dipandang dan memberikan kesan baru bagi orang-orang yang memandangnya. Manfaat kosmetik ini juga akan memberikanmu kenyamanan dan kepercayaan diri ketika berkendara. Manfaat detailing mobil cukup lengkap. Sebab, detailing mobil tidak hanya memberikan perlindungan tetapi juga memberikan penampilan.


Proses atau Cara Detailing Mobil

Memiliki proses yang sangat detail secara menyeluruh, bagaimana proses pelaksanaan detailing mobil yang sebenarnya? Berikut proses atau cara detailing mobil yang harus dilewati untuk membuat kendaraan tetap tampil sempurna walau sudah dimiliki dalam waktu yang cukup lama.

Ini Dia Info Paling Lengkap Soal Detailing Mobil


1. Proses Pembersihan (Cleaning)

Sebelum melakukan perawatan dan mempercantik mobil, tentu saja hal utama yang harus dilakukan adalah membersihkan mobil. Proses mencuci mobil ini menjadi tahap awal untuk membersihkan debu yang menempel di body mobil.

Sahabat bisa melakukan proses cleaning sendiri karena kegiatan ini adalah kegiatan dasar yang bisa dilakukan siapa pun. Namun, jika tidak dilakukan dengan baik bisa merusak body mobil seperti merusak cat hingga memberikan baret.

Itu dia alasan tahap cleaning di proses detailing mobil dilakukan hingga ke dua upaya selanjutnya, yaitu claying dan paint cleaning. Claying adalah upaya untuk membersihkan debu dan kotoran membandel, sedangkan paint cleaning adalah proses untuk membersihkan body mobil tanpa merusak permukaan cat sehingga tetap mulus.

2. Proses Preparasi (Paint Correction)

Gores, baret, oksidasi dan berbagai cacat lain pada permukaan kendaraan adalah hal-hal yang tak diinginkan oleh pemilik kendaraan. Namun jika hal tersebut terlanjur terjadi, maka yang bisa dilakukan adalah melakukan koreksi pada permukaan kendaraan.

Paint correction bisa dilakukan dengan compounding, polishing dan glazing, serta produk-produk lain yang dibuat untuk mengatasi persoalan-persoalan spesifik pada permukaan kendaraan.

Biasanya, para detailer menganggap bahwa tahapan preparasi/paint correction ini merupakan bagian paling penting untuk hasil akhir yang maksimal. Karena di sesi inilah persoalan-persoalan pada tampilan kendaraan dapat diperbaiki.

3. Proses Perlindungan (Protection)

Jika tahapan preparasi atau paint cleaner dilakukan dengan baik, maka hasilnya akan terlihat secara kasat mata. Namun proses tersebut tidak memberikan perlindungan apa pun pada kendaraan. Oleh sebab itu, tahapan preparasi harus diikuti dengan tahapan proteksi.

Proteksi pada permukaan kendaraan kendaraan dilakukan dengan memberikan lapisan wax, sealant, atau coating di permukaan cat. Produk yang berbeda dibutuhkan untuk melindungi permukaan lain seperti ban, metal, krom, trim dan sebagainya. Dengan memberi lapisan, maka kotoran menjadi tidak mudah terakumulasi pada permukaan kendaraan. Pada beberapa produk, wax atau sealant bahkan mempunyai kemampuan untuk membuat debu dan air tak menempel pada kendaraan.

Selain memberikan perlindungan atau proteksi pada permukaan kendaraan, produk-produk yang termasuk dalam jenis ini juga mampu menambah kesempurnaan tampilan kendaraan setelah melalui tahap preparasi atau paint protection.

4. Maintenance

Proses yang terakhir adalah maintenance. Proteksi yang diberikan pada kendaraan bersifat sementara. Durasinya bisa berbeda, tergantung pada kemampuan produk masing-masing. Untuk menjaga agar kemampuan perlindungan bertahan optimal, maka perlu dilakukan perawatan secara berkala.

Untuk melakukan perawatan secara berkala, produk-produk yang digunakan disebut detailer, finishing, last touch, atau sejenisnya. Tujuannya untuk mencegah sedini mungkin kotoran melemahkan kemampuan proteksi.

Perlu diingat, meski dilakukan secara rutin, namun tidak semua tahapan ini harus dilakukan setiap saat. Tahapan preparasi atau paint protection dan proteksi hanya dilakukan dalam jenjang waktu bulanan, atau tergantung kebutuhan. Begitu juga dengan claying dan paint cleaning. Yang perlu dilakukan secara rutin hanyalah mencuci dan maintenance.

Harga Detailing Mobil

Harga detailing mobil cukup beragam, tergantung dengan jenis pekerjaan yang ditawarkan serta ukuran dari kendaraan. Semakin besar kendaraan tentunya akan membuat harga jasa detailing menjadi lebih mahal dibandingkan yang lain.

Selain itu, harga juga menentukan apa saja yang didapatkan oleh pelanggan. Tentunya semakin detail pekerjaan yang dilakukan maka akan semakin besar pula harga jasa dari detailing tersebut. Terlebih bila mobil yang dikerjakan berada dalam kondisi kotor dan penuh noda membandel sehingga sulit untuk dikerjakan.

Nah untuk menemukan harga detailing yang pas, Sahabat bisa banget nih cek Garasi.id. Di Garasi.id lagi ada promo Merdeka Servis Mobil dari tanggal 1-31 Agustus dengan diskon hingga 50%. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 12 Agt 2022 | 18:02 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifdetailingmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family