Untuk meningkatkan efisiensi produsen mobil menyematkan turbo di mesin kecil mobilnya.
Selain irit bahan bakar, mobil turbo juga bertenaga

Ini Dia Mobil-Mobil Turbo yang Irit dan Bertenaga

19 Jan 2020 | 20:32 WIB

Seiring dengan perkembangan teknologi dan regulasi kendaraan bermotor khususnya roda empat, banyak produsen mobil yang menggunakan mesin berkapasitas kecil namun menambahkan turbo pada mobilnya. Isu terhadap efisiensi konsumsi bahan bakar yang kini menjadi perhatian banyak produsen mobil, membuat penggunaan mesin kapasitas kecil menjadi pilihan. Namun kebutuhan pasar terhadap mobil bertenaga atau mobil turbo tak bisa diabaikan produsen mobil.

Ini Dia Mobil-Mobil Turbo yang Irit dan Bertenaga

Penggunaan turbocharger pada mobil dengan kapasitas mesin kecil menjadi salah satu solusi yang saat ini ditawarkan banyak produsen mobil. Di pasar otomotif nasional sendiri sudah ada beberapa produsen yang menawarkan produk terbarunya dengan spesifikasi kapasitas mesin kecil dengan turbocharger.

Mesin berkapasitas kecil dengan komponen turbo pertama kali diterapkan pada mesin berbahan bakar Diesel. Setelah terasa banyak perubahan baik pada tenaga, kadar emisi hingga konsumsi bahan bakar, maka hal itu dibenamkan pula untuk mesin bensin.

Nah di Indonesia, sebenarnya banyak mobil-mobil yang telah dilengkapi turbo baik itu mobil baru atau bekas. Nah, mari simak beberapa mobil turbo bekas yang ada di Garasi.id 

Toyota Fortuner

Siapa yang tidak tahu mobil SUV andalan Toyota, Toyota Fortuner. Walaupun hanya menggunakan mesin berkapasitas 2.494 cc 4-silinder common-rail, tapi kemampuan Toyota Fortuner bisa naik sekitar 42 dk dan 85 Nm.

Ini Dia Mobil-Mobil Turbo yang Irit dan Bertenaga

Dengan bentuk Toyota Fortuner yang besar, memang tampilan nya jadi gagah. Apalagi kalau yang Sahabat beli adalah untuk tipe TRD Sportivo atau VRZ, pasti lebih mantap. Sisi sporty-nya terlihat lebih mengagumkan dengan aksesoris-aksesoris khas TRD, membuat mobil turbo Toyota Fortuner semakin gagah. 

Mitsubishi Pajero Sport

Mobil turbo yang berkompetisi di segmen SUV bersama mobil turbo Toyota Fortuner ini dibekali mesin berkapasitas 2.477 cc 4-silinder dengan kombinasi teknologi common-rail, turbo variabel, serta intercooler. Mitsubishi Pajero Sport mempunyai tenaga sebesar 176 dk dengan torsi 350 Nm. Saat dites, Mitsubishi Pajero Sport ini punya akselerasi 10,7 detik untuk 0-100 km/jam.

Ini Dia Mobil-Mobil Turbo yang Irit dan Bertenaga

Memakai transmisi matik konvensional 5-speed, mobil turbo ini punya kelebihan pada ketahanan mesin yang mantap.

BMW 320i

Mobil turbo BMW Seri-3 generasi kelima ini mengusung rancangan atau styling yang lebih modern daripada generasi yang sebelumnya. Bentuk dari kerangka body diantaranya jauh berbeda. Tampilan depannya tampak lebih sporty, ditambah lagi dukungan adanya garis grille yang menyatu dengan bumper mulai atas hingga ke bagian bawah.

Ini Dia Mobil-Mobil Turbo yang Irit dan Bertenaga

Pada model prefacelift belum mengadopsi lampu proyektor, E90 khususnya BMW tipe 320i. Memiliki mesin Twin Turbo berkapasitas 2.0 liter, mampu menghasilkan tenaga maksimal 301 dk pada 5.800 Rpm dan torsi maksimal 406 Nm pada 1.200 Rpm.

Mercedes-Benz C200

Menggunakan mesin dengan kapasitas mesin 1.796 cc 4-silinder dengan tenaga 204 dk, Mercedes-Benz C200 adalah mobil yang berturbo. Akselerasi mobil turbo ini dari 0-100 km/jam bisa dicapai dalam 8 detik. Belum cukup disitu, mobil turbo Mercedes-Benz memberikan turbocharge yang terintegrasi dengan sistem mesin, sehingga meskipun hanya memiliki kapasitas mesin 1796 cc, mobil turbo ini bisa menghasilkan 181 dk dan torsi maksimal 270 Nm dengan transmisi otomatis 7-speed. Ini lebih besar dibanding mesin i-VTEC K24 2400cc legendaris Honda yang dipasang di Honda Accord.

Ini Dia Mobil-Mobil Turbo yang Irit dan Bertenaga

Pada sisi eksterior mobil turbo ini yang menarik adalah bentuk lampu depan yang melebar ke arah kap mesin. Sementara pada bagian interior, bentuk dasbor dan layar tengah mobil turbo ini seperti pada seri E-Class

Chevrolet Captiva

Mobil turbo SUV keluaran Negeri Paman Sam ini memiliki teknologi turbo di varian Chevrolet Captiva. Mobil turbo yang menggunakan mesin berkapasitas 1,998 cc 4-silinder ini mampu mencapai tenaga 163 dk dengan torsi maksimum 400 Nm. Transmisi otomatis 6-speed yang juga dilengkapi teknologi AWD, membuat mobil turbo ini berupaya untuk menjaga traksi pada level optimal.

Ini Dia Mobil-Mobil Turbo yang Irit dan Bertenaga

VW Golf GTI

Salah satu inovasi terdepan datang dari Volkswagen yang berhasil menghadirkan sosok mesin bensin sempurna dalam wujud 1.4 TSI. Mengapa pantas disebut sempurna? Karena meski hanya memiliki kapasitas 1.400 cc dan sanggup menelurkan daya setara dengan mesin 2.300 cc tanpa mengorbankan konsumsi bbm-nya. Sungguh luar biasa.

Ini Dia Mobil-Mobil Turbo yang Irit dan Bertenaga

Kunci dari kesaktian mesin 1.4 TSI adalah berkat kehadiran apa yang dinamakan sebagai twincharger. Ya, mesin 1.4 TSI dilengkapi dengan turbocharger dan supercharger sekaligus! Sebuah solusi radikal demi menghadirkan performa dan efisiensi.

Semua mobil-mobil turbo di atas bisa kamu dapatkan di Garasi.id loh Sahabat, kapan lagi punya mobil turbo tapi tetap irit bahan bakar. Eits tapi selalu ingat untuk berkendara dengan aman ya!

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 03 Apr 2020 | 09:07 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinegarasiidotomotifberkualitasjasaservisperawatanpromomudik2019jabodetabek