Kegiatan Modifikasi Berjalan Mengikuti Perkembangan Jaman Dan Teknologi
Kegiatan Modifikasi Berjalan Mengikuti Perkembangan Jaman Dan Teknologi

Ini Dia Modifikasi Stance Dari Komunitas GASRUKGANK Banten

18 Feb 2023 | 11:00 WIB

GASRUKGANK Banten atau disingkat GG Banten secara resmi berdiri di tanggal 06 Maret 2021, para pendiri telah mempunyai visi untuk menjadikan GASRUKGANK Banten tidak hanya sebagai wadah komunitas otomotif, tetapi juga sebagai "Rumah Kedua" bagi para anggota GASRUKGANK Banten. Sejalan dengan nafas tersebut banyak kegiatan GASRUKGANK Banten yang tidak hanya terpaku kepada kegiatan otomotif, tetapi juga kegiatan kegiatan lainnya seperti sosial, olahraga, pariwisata dll.


Irwan Nawawi merupakan seorang modifikator mobil yang sudah mencoba berbagai aliran modifikasi. Adapun spesialisnya saat ini adalah modifikasi bergaya stance. Irwan tergabung di dalam komunitas GASRUKGANK Banten sejak 06 maret 2021 sekaligus mengikuti tren komunitas ini yang mengharuskan seluruh membernya memodifikasi mobil dengan aliran stance dan memakai camber roda belakang yang agresif. 


Modifikasi stance mengutamakan sektor kaki-kaki mobil yang proper. Fokus utamanya adalah modifikasi pada bagian velg dan ban mobil agar tampilannya terlihat lebih menarik. Bagi Irwan, performa dan kenyamanan adalah prioritas utama dalam melakukan modifikasi mobil. Itulah salah satu alasan dirinya memilih velg Linea Estalato yang dibalut ban Accelera di mobil Toyota Calya.


Ini Dia Modifikasi Stance Dari Komunitas GASRUKGANK Banten


"Saya suka dengan kualitas velg Linea Estalato ini, karena bahannya yang ringan dapat meningkatkan performa mobil di jalanan. Selain kualitasnya yang sudah terbukti bagus, desain velg ini juga sangat menawan dan bisa custom sesuai keinginan. Jadi, selain performa tampilan mobil juga makin keren," ucap Irwan Nawawi.


Salah satu mobil yang sudah dimodifikasi oleh Irwan adalah Toyota Calya mobil tipe LCGC tersebut memakai velg Linea Estalato dengan spesifikasi ring 18 Inch, PCD 4 x 100 lebar depan 10 inch lebar belakang 11 Inch ET 10/-5. Desain model spoke chamber ini dibentuk deep concave atau cekung ke dalam, diberi tambahan outer lips yang dibentuk lebar membuat velg ini tampil lebih agresif dan tidak meninggalkan gaya klasiknya.


Sementara pemilihan ban Accelera karena memiliki banyak ukuran dan cocok dikombinasikan dengan velg Linea Estalato "Ban Accelera dapat menunjang gaya modifikasi yang saya terapkan pada mobil dengan kombinasi velg Linea Estalato" Segala ukuran tersedia untuk mobil city car maupun mobil sport," lanjut Irwan yang juga sedang mengerjakan modifikasi mobil tipe LCGC.


Ini Dia Modifikasi Stance Dari Komunitas GASRUKGANK Banten


Tips Modifikasi Irwan Nawawi

Irwan juga memberikan sedikit tips modifikasi. Menurutnya modifikasi mobil itu cukup simple dan proper. Sementara untuk ground clearance bisa disesuaikan kebutuhan asal tidak mengganggu kenyamanan pengendara maupun kendaraan lain.


"Jika ingin menurunkan ketinggian mobil bisa dengan memasang lowering kit agar mobil tampil lebih ceper dan masih enak dilihat. Tapi, yang perlu diingat jangan sampai mobil terlalu ceper. Karena akan mengganggu performa dan kenyamanan saat berkendara," tegas Irwan.


Selain itu, untuk modifikasi audio juga bisa dilakukan agar suara musik terdengar lebih indah dan jernih. Sehingga bisa mencairkan suasana saat sedang sedang berada di tengah kemacetan ibukota.


Ini Dia Modifikasi Stance Dari Komunitas GASRUKGANK Banten


Modifikasi Audio

Mobil dengan perangkat pemutar musik yang bagus menjadi dambaan sejumlah orang. Tidak bisa dipungkiri, masyarakat gemar mendengarkan musik ketika berkendara. Ada beberapa komponen wajib dalam memodifikasi perangkat musik pada mobil, tergantung dari jenis modifikasinya.


Semua perangkat tersebut harus sesuai besaran daya serta frekuensinya agar suara yang dihasilkan optimal. Selain itu pemasangan perangkat yang baik dan benar juga berpengaruh terhadap hasil. "Daya head unit misal, itu wattnya harus sepadan dengan speaker, jika terlalu kecil maka speaker tidak akan optimal mengeluarkan suara yang bagus, jadi memang harus butuh penyesuaian". "Selain daya perangkat harus sesuai, pemasangan juga harus tepat, ini sering disepelekan padahal sangat berpengaruh terhadap hasil suara yang dikeluarkan oleh speaker" ucap Irwan.


Ini Dia Modifikasi Stance Dari Komunitas GASRUKGANK Banten


Berikut komponen audio yang sudah di modifikasi oleh Irwan Nawawi.

Spec Audio

• Subwoofer 12 inch Groundzero 2 pcs

• Speaker 8 inch groundzero 8 pcs

• Speaker 6 inch groundzero 4 pcs

• Tweeter ground zero 6 pcs

• Power ground zero 4 channel 1 pcs

• Power ground zero 2 channel 6 pcs

• Monoblock momentum DX5000 2 pcs

• Prosesor crescendo 2 pcs

• Pilar 3way Foss genetic


Kosmetik 

• Laser 4 mata 1 pcs

• Laser 2 mata 2 pcs

• Asap fogging 3 pcs

• Monitor 5 inch 4 pcs

• Monitor 7 inch 3 pcs

• Hu utama pioneer series 8 

• Hu ke 2 android 10 inch


Menjalani car contest dari tahun  2021 sampai sekarang bukanlah hal yang mudah bagi Irwan Nawawi karena merasa harus merogoh kocek yang besar dan ekstra keras berjuang. Namun, hasil yang diraih memang tidak main-main, secara perorangan dirinya pernah menjuarai kontes modifikasi dan audio battle seperti juara 1,2 dan 3 di beberapa asosiasi seperti USACI (United Stated Autosound Competition International), I-CAN (Indonesia Car Audio Network), IASCA, Pro 2 sub di profesional extreme dan event-event komunitas lainnya.


Ini Dia Modifikasi Stance Dari Komunitas GASRUKGANK Banten


GASRUKGANK Banten juga dalam waktu dekat tepatnya tanggal 5 Maret 2023 akan merayakan 2nd Anniversary di Mall Ciputra Tangerang. Adapun maksud diadakannya event ini selain Anniversary, juga ada car contest untuk mempererat tali silaturahmi sesama member dan mempunyai rasa memiliki terhadap komunitas.


Selain itu tujuan diadakannya event ini, antara lain:

  • Memberikan acara yang inspiratif dan edukatif untuk member "GASRUKGANK Banten" dan juga umumnya kepada masyarakat luas melalui media. 
  • Dapat mengajak pengguna Kendaraan roda empat untuk gabung menjadi member GASRUKGANK Banten dan menjadi perhatian masyarakat umum agar tertarik untuk ikut dalam program sosial kemasyarakatan yang diadakan oleh Komunitas GASRUKGANK Banten.


Kegiatan positif ini jelas didukung para sponsor besar dan menjadi landasan untuk membangun kerjasama yang baik antar member komunitas dan sponsor agar terjalin lebih baik di event Tahun 2023.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 30 Jun 2023 | 11:59 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

otomotifkomunitasmodifikasianniversarygasrukgankbanten
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family