Ini Dia Penyebab Asap Knalpot Mobil Kamu Bau
Ini Dia Penyebab Asap Knalpot Mobil Kamu Bau

Ini Dia Penyebab Asap Knalpot Mobil Kamu Bau

30 Jan 2023 | 10:24 WIB

Mobil menjadi salah satu alat transportasi darat yang cukup banyak peminatnya. Bahkan kini model dan mereknya semakin beragam. Karena banyaknya merek mobil yang bisa Sahabat dapatkan, tentu perlu melakukan perawatan dan memilih kendaraan yang nyaman. Kenyamanan tersebut bisa hadir jika Sahabat berikan perawatan pada mobil secara tepat.

Kenyamanan menjadi faktor penting saat mengemudi. Dengan perawatan rutin, membuat komponen mobil bisa bekerja secara optimal. Sehingga mampu terhindar dari asap knalpot mobil bau. Asap knalpot mobil bau bisa menjadi pertanda sesuatu terjadi pada kendaraan kesayangan Sahabat loh. Maka dari itu, sebaiknya Sahabat perlu banget nih buat tau apa saja yang bisa terjadi pada kendaraan kamu mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya.

Ini Dia Penyebab Asap Knalpot Mobil Kamu Bau


Kerusakan atau kebocoran pada komponen kendaraan memang sering terjadi. Hal tersebut membuat asap knalpot sangat mengganggu. Salah satunya menimbulkan bau busuk atau menyengat. Maka dari itu, sebagai pemilik kendaraan, Sahabat perlu melakukan penanganan yang tepat dan cepat. Agar tidak menimbulkan kerusakan yang semakin parah. Bahkan akan mengganggu kenyamanan saat ada dalam perjalanan. Jika perjalanan terganggu, bisa mengakibatkan hal buruk terjadi. Selain itu, dengan asap knalpot mobil yang bau, juga mampu mengganggu pengendara lain.

Ini Dia Penyebab Asap Knalpot Mobil Kamu Bau


Sumber Masalah Asap Knalpot Mobil Bau

Kendaraan memiliki performa dengan komponen yang berbeda-beda. Mobil tersusun dari banyak komponen dengan fungsi yang berbeda. Namun, sebagai pemilik kendaraan, Sahabat perlu merawatnya dengan tepat. Hal ini bertujuan agar komponen bisa bekerja secara optimal.

Salah satu gejala mobil bermasalah pada komponennya melalui asap knalpot. Ketika asap bau sangit atau menyengat, berarti timbul masalah. Asap knalpot mobil yang bau bisa terjadi karena banyak hal. Bahkan gejala tersebut bisa muncul di mana dan kapan saja. Ketika masalah ini Sahabat alami, sebaiknya jangan panik.

Sahabat bisa mengatasinya dengan beberapa cara. Pastikan Sahabat tahu pasti apa jenis kerusakan yang terjadi. Jika sudah tahu, segera atasi dengan langkah yang benar.

Berikut ini ada beberapa masalah yang bisa mengakibatkan asap knalpot mobil bau. Sebab, jika hal ini terjadi, tentu ada masalah pada beberapa komponen.

Oli Terbakar

Masalah pertama yang bisa mengakibatkan asap knalpot mobil bau karena oli terbakar. Bau sangit akan terjadi karena oli terbakar pada ruang pembakaran. Pada umumnya, hal ini terjadi karena adanya kebocoran pada mesin. Sehingga mengakibatkan oli merembes ke saluran pembakaran.

Ketika hal ini terjadi, asap knalpot akan menimbulkan bau menyengat. Sebaiknya cek kondisi mesin agar tidak memberikan dampak buruk pada kendaraan.

Catalytic Converter Tidak Berfungsi

Masalah lain yang bisa terjadi yaitu catalytic converter tidak berfungsi. Catalytic converter itu sendiri merupakan komponen penting dalam mobil. Fungsi komponen tersebut yaitu menyaring hidrogen sulfida pada bagian knalpot. Ketika komponen bermasalah, tentu bisa menyebar ke seluruh bagian mobil. Bau yang terjadi tersebut akan mengganggu kenyamanan pengemudi. Bahkan bisa menimbulkan tingkat ketidaknyamanan tinggi. Penting untuk mengatasi asap knalpot mobil bau.

Kopling Selip

Masalah pada mobil cukup beragam. Tidak hanya pada kedua kerusakan sebelumnya. Namun, kini juga bisa terjadi pada kopling mobil yang selip.

Hal ini bisa terjadi karena adanya keausan pada kopling. Ketika masalah ini terjadi, sebaiknya segera mengatasinya. Sebab, bisa menimbulkan bahaya. Maka dari itu, Sahabat perlu mengecek asap knalpot mobil yang bau. Jika kampas aus, segera ganti dengan yang baru. Sebab, keausannya tersebut bisa menurunkan performanya. Sebagai pemilik kendaraan, sebaiknya lakukan perawatan dan pengecekan secara rutin.

Asupan Bensin Berlebih

Masalah yang satu ini bisa saja terjadi ketika mobil dijalankan. Kondisi yang terjadi, yaitu rasio asupan bensin lebih banyak dari udara. Sehingga menimbulkan bensin tidak terbakar sempurna dalam ruang bakar. Ketika knalpot mengeluarkan aroma bensin, menjadikan gejala masalah tersebut terjadi.

Hal ini mengakibatkan mobil lebih boros bahan bakar. Sebaiknya bawa ke bengkel untuk bisa diatasi segera. Namun, jika Sahabat tahu dunia otomotif, tidak ada salahnya melakukan perbaikan sendiri.

Cara Mengatasi Bau Asap Knalpot Mobil

cara pertama yang bisa dilakukan bila asap knalpot sampai ke kabin mobil adalah melakukan pengecekan actuator pengatur sirkulasi udara di tombol pendingin ruangan (AC). Pada tombol sirkulasi tertera sirkulasi udara dalam dan sirkulasi udara luar ke dalam.

Apabila posisinya menunjukkan tombol sirkulasi udara luar ke dalam kabin, otomatis udara luar akan tercium masuk ke dalam kabin. Cara mendeteksinya, jika di dekat kendaraan Sahabat ada truk bermuatan sampah maka baunya akan tercium ke dalam mobil, dan tidak akan hilang selama posisi mobil di dekat truk itu.

Solusi untuk kondisi seperti ini, pindahkan setelan tombol pengatur sirkulasi udara ke posisi sirkulasi udara kabin. Sebagai tambahan, jangan terlalu sering melakukan penyetelan sirkulasi udara luar  atau fresh air  karena bisa menimbulkan evaporator kotor.

Seandainya setelan actuator sirkulasi udara sudah diubah tetapi masih tercium bau asap yang berasal dari luar kabin, perlu mewaspadai adanya masalah di bagian mekanisme actuator.

Masalah ini sebaiknya diserahkan ke mekanik ahli di bengkel resmi agar dapat dilakukan pemeriksaan dan perbaikan di actuator-nya.

Karet-karet pintu yang sudah robek atau mengeras juga dapat menyebabkan bau asap knalpot menyusup ke dalam kabin.

Memperbaiki karet-karet yang terbuka atau terlepas cukup mudah dilakukan sendiri. Hanya perlu memeriksa bagian lantai mobil atau belakang mesin yang berhubungan dengan kabin.

Apabila ada yang terlepas, pasang kembali karet penutupnya. Jika penutupnya hilang, untuk sementara bisa menggunakan selotip atau double tape sebelum mengganti penutupnya.

Nah Sahabat, itulah info soal penyakit kendaraan yang bisa timbul dari asap knalpot mobil yang bau. Semoga informasi ini bermanfaat ya Sahabat.  

 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 30 Jan 2023 | 10:24 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifknalpot
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family