Ini Dia Perawatan mobil di atas 5 tahun
Ini Dia Perawatan mobil di atas 5 tahun

Ini Dia Perawatan mobil di atas 5 tahun

02 Mar 2022 | 11:20 WIB

Suatu barang yang peruntukannya untuk digunakan atau dikendarai seperti mobil pasti memiliki usia pakai. Tidak langsung rusak begitu saja, namun seiring berjalannya waktu pasti kinerja mobil akan jadi menurun Sahabat. Untuk membuat mobil kesayangan Sahabat tetap dalam kondisi baik mesti usia pakainya sudah cukup panjang, Sahabat mesti melakukan perawatan mobil dengan rutin sedini mungkin. Terdengar sepele, tetapi faktanya perawatan mobil yang dilakukan dengan rutin akan membuat mobil meski sudah berumur 5 tahun masih bisa nyaman digunakan untuk sehari-hari loh Sahabat. 


Ini Dia Perawatan mobil di atas 5 tahun


 

Setelah mobil berusia lebih dari 5 tahun, mobil yang kita miliki akan mengalami penurunan performa. Hal ini lantaran sejumlah komponennya perlu ada yang diganti. Karena itu, perawatan mobil di atas 5 tahun harus dilakukan lebih intensif guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat digunakan. Kalau lalai, persoalan kecil hingga serius dapat mengganggu perjalanan Sahabat. Lalu apa saja yang harus diperhatikan untuk perawatan mobil diatas 5 tahun? Simak ulasan Garasi.id berikut ini!

 

1. Ganti oli mesin secara rutin

Hal mendasar untuk perawatan mobil ialah mengganti oli mesin secara rutin. Hal ini dapat mencegah kerusakan pada komponen tertentu yang ada di dalam mesin supaya mobil bisa dipakai dengan tahan lama dan nyaman. Sahabat bisa memilih oli dengan kualitas dan spesifikasi bahan yang sesuai dengan mobil agar performanya semakin stabil dan membaik.

 

Ini Dia Perawatan mobil di atas 5 tahun



2. Cek komponen kaki-kaki

Seperti yang Sahabat tahu ada banyak komponen di kaki-kaki mobil seperti long tie rod, tie rod end, engine mounting, hingga shock absorber. Komponen-komponen tersebut seringkali bersentuhan langsung dengan aspal dan juga menahan beban yang berat maka penting adanya untuk melakukan perawatan mobil khusus di area tersebut setelah 5 tahun ke atas.

 

3. Cek kondisi ban

Perawatan mobil selanjutnya yang perlu Sahabat lakukan adalah memeriksa secara rutin kondisi ban mobil. Hal ini bisa Sahabat lakukan dengan cara melihat ketebalan ban pada indikator keausan alur telapak ban. Coba periksalah apakah ada keretakan, bagian yang terpotong, hingga kerusakan lainnya untuk menjaga keamanan Sahabat saat berkendara.

 

4. Perhatikan aki dan kelistrikan

Selanjutnya, memperhatikan aki menjadi poin yang penting pada saat perawatan mobil 5 tahun ke atas karena benda ini merupakan salah satu komponen yang rawan untuk timbul korosi hingga karat. Secara rutin, periksalah cairan baterai hingga kabel-kabel yang ada pada mobil Sahabat. Sahabat juga perlu melakukan pemeriksaan pada bagian kabel guna menghindari penurunan performa akibat tikus dan lainnya.

 

5. Cairan dan Pelumas

Perawatan mobil lainnya yang perlu dilakukan adalah rutin untuk memeriksa kondisi cairan yang ada di dalam mobil setelah 5 tahun pemakaian. Cairan-cairan tersebut di antara lain ada minyak power steering, minyak rem, dan juga cairan transmisi.

 

6. Cek Lampu

Yang bisa dilakukan saat perawatan mobil, Sahabat perlu melakukan perawatan pada sektor lampu mobil. Jangan lupa untuk selalu mengecek lampu-lampu, cek lampu bagian depan dan belakang apakah masih bekerja dengan baik atau tidak.

 

7. Karet Mobil

Karet mobil tidak bisa digunakan selamanya, khususnya yang menempel pada bodi dan pintu. Karet-karet mobil umumnya bisa mencapai lima tahun, untuk pemakaian normal. Normal di sini dihitung dari seberapa seringnya mobil terpapar cahaya matahari langsung. Namun bila sering terpapar sinar matahari langsung, pemakaiannya bisa hanya 2-3 tahun saja, dan karet-karet ini ada waktunya harus diganti, biasanya ketika performanya dirasa sudah menurun.

 

Nah Sahabat, itulah tips Perawatan mobil khususnya saat mobil mulai berusia 5 tahun. Semoga dengan melakukan perawatan sedini mungkin, meski mobil Sahabat sudah digunakan hingga 5 tahun namun tetap masih memiliki performa terbaik sehingga masih bisa digunakan untuk sehari-hari. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 02 Mar 2022 | 11:20 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifmobil5tahun