Cara Paling Ampuh Bersihkan Mobil Agar Terhindar dari Covid-19
Cara Paling Ampuh Bersihkan Mobil Agar Terhindar dari Covid-19

Cara Paling Ampuh Bersihkan Mobil Agar Terhindar dari Covid-19

08 Okt 2021 | 15:30 WIB

Di masa pandemi Covid-19, kebersihan mobil menjadi sangat penting ya, Sahabat Garasi. Memastikan kebersihan mobil di tengah pandemic ini menjadi hal yang wajib dilakukan pemiliknya. Untuk kebersihan mobil, kamu harus tahu cara mencuci mobil dengan benar.

Mobil merupakan sarana transportasi yang mempermudah kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, jika kebersihannya tidak terjaga, maka hal tersebut akan cukup rawan bagi pemiliknya. 

Saat ingin melakukan kegiatan apapun di tengah wabah Covid-19, hal utama yang perlu dilakukan adalah menggunakan alat yang dapat melindungi diri. Alat-alat ini berupa masker wajah maupun sarung tangan.

Baik itu masker kesehatan maupun masker kain yang sesuai dengan anjuran dari dunia medis. Untuk sarung tangan, kamu dapat menggunakan jenis sekali pakai dengan bahan karet atau plastik. Kedua alat ini akan membantu terhindar dari virus ataupun kuman yang menempel di area mobil. Jika tidak menggunakan sarung tangan, maka pastikan mencuci tangan setelah selesai.

Berikut ini jurus jitu membersihkan mobil agar terhindar dari Covid-19:

Cara Paling Ampuh Bersihkan Mobil Agar Terhindar dari Covid-19


  1. Dashboard

Dashboard menjadi salah satu bagian yang paling sering berdebu akibat banyaknya barang yang diletakkan di sana. Sebut saja kotak tisu, handphone, hingga bungkus rokok yang mungkin sudah berdebu sebelum dimasukkan ke dashboard.

Agar debunya tidak menggunung, sebaiknya bersihkan menggunakan kemoceng atau lap kain yang agak basah. Hindari mencampurkan air dengan alkohol karena ini dapat membuat debu menempel di dashboard.

  1. Karpet mobil

Selanjutnya adalah karpet mobil, bagian yang paling sering kotor karena diinjak-injak. Mengingat karpetnya terbuat dari karet, maka membersihkannya pun jauh lebih mudah. 

Cukup lepaskan karpet mobil, lalu dirikan secara vertikal agar debunya tidak menempel. Bisa juga menggunakan vacuum cleaner atau mencampurkan sabun dan air, sehingga semua debu terangkat secara sempurna. 

Cara Paling Ampuh Bersihkan Mobil Agar Terhindar dari Covid-19


  1. Jok mobil

Masih di bagian interior mobil, selanjutnya adalah membersihkan jok mobil. Tidak seperti membersihkan karpet mobil karena jok lebih simpel dibersihkan. Debu dan kotoran yang menempel juga terlihat jelas.

Ambil vacuum cleaner atau kain lap yang sudah dicelupkan dengan cairan khusus. Ingat, bukan cairan yang ada alkoholnya, ya! Sebab, alkohol dipercaya dapat merusak permukaan jok mobil kesayangan.

Cara Paling Ampuh Bersihkan Mobil Agar Terhindar dari Covid-19


  1. Bagian yang tersentuh tangan

Selain tiga poin di atas, nyatanya masih banyak bagian di dalam mobil yang sering bersentuhan dengan tangan. Ada setir mobil, kaca depan, hingga tuas transmisi. Bagian-bagian ini wajib dibersihkan agar terbebas dari virus.

Kamu tidak membutuhkan vacuum cleaner untuk membersihkannya. Cukup dengan kain lap dan kemoceng, maka area yang sering bersentuhan dengan tangan menjadi lebih bersih. Virus pun dapat menjauh dari mobil.

  1. Kaca spion

Kalau bagian interior mobil sudah beres, sekarang lanjut ke bagian eksteriornya. Ada kaca spion yang sering kali menjadi tempat debu dan kotoran menempel akibat polusi yang tersebar di udara. 

Meski sering berdebu, membersihkan kaca spion bukan pekerjaan yang sulit dan memakan waktu. Campurkan air dan sabun, lalu celupkan kain lap dan bersihkan kaca spion secara menyeluruh. Dijamin virus dan bakteri yang tadinya menempel akan terangkat.

  1. Bersihkan kaki-kaki mobil

Salah satu bagian yang sering kali diabaikan oleh pemilik kendaraan, yaitu kaki-kaki mobil. Padahal bagian ini bisa dikatakan paling kotor karena terkontaminasi langsung dengan debu dan kotoran. 

Meskipun pada dasarnya tidak dapat menyebarkan virus ke interior mobil itu sendiri, tapi alangkah baiknya dibersihkan secara rutin. Dengan demikian, performa kendaraan tetap terjaga dengan baik. 

  1. Bagasi

Bagian terakhir yang tak boleh dilupakan adalah bagasi mobil. Tempat kamu sering meletakkan barang-barang berat saat bepergian jauh. Bagian ini tidak bisa dikatakan bebas virus karena barang-barang yang dimasukkan di dalamnya belum tentu bersih.

Maka dari itu, bersihkan bagasi secara rutin. Sapu karpetnya, ambil sampah yang berserakan di bagasi, dan lap bila diperlukan. 

Alat-alat yang Dibutuhkan untuk Membersihkan Mobil

Berikut alat-alat pembersih mobil yang harus dipersiapkan sebelum mencuci mobil agar lebih maksimal membersihkannya dan lebih aman dari virus:

  1. Kemoceng, kain lap dan vacuum cleaner

Peralatan mendasar yang dibutuhkan untuk membersihkan mobil dari virus adalah kemoceng, kain lap, dan vacuum cleaner. Kamu bisa memilih mau menggunakan yang mana, tapi alangkah baiknya kalau punya semua.

Untuk bagian yang mudah dijangkau, bisa gunakan kemoceng atau kain lap. Sedangkan untuk bagian yang sulit dijangkau, seperti kolong mobil, maka bisa gunakan vacuum cleaner.

  1. Cairan bebas alkohol

Tiga alat pembersih di atas sebenarnya sudah cukup membantu membersihkan mobil, tapi tidak untuk kotoran yang menempel. Untuk membersihkannya, silahkan pakai cairan khusus tanpa kandungan alkohol.

Cairan yang mengandung alkohol dipercaya dapat merusak permukaan mobil, seperti jok, setir atau kemudi, karpet, dan dashboard mobil. Lebih baik gunakan sabun cair atau air saja.

  1. Sarung tangan

Kalau mau bersihnya maksimal, kamu bisa ganti kemoceng atau kain lap dengan sarung tangan. Alhasil, area yang mudah maupun sulit dijangkau pun bersih dengan sempurna. Pilihlah yang berbahan dasar microfiber. Bahan yang dipercaya tidak akan merusak interior kendaraan karena teksturnya lembut. 

Sebenarnya, cuci mobil yang aman dan cepat tapi tetap membuat penampilannya bersih mengkilap cukup mudah dilakukan. Apabila kamu rutin melakukannya, bisa jadi mobil kesayangan akan selalu tampak seperti baru. 

Selain body dan interior mobil, mesin mobil juga harus rutin dibersihkan. Mencuci mesin mobil tak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, teknik pencucian yang kurang tepat bisa mengakibatkan gangguan pada mesin mobil jingga mengalami kerusakan. 

Ini tahapan yang harus kamu lakukan dalam membersihkan mesin mobil:

  1. Amankan area kelistrikan

Setelah mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan, langkah berikutnya adalah mengenali area kelistrikan kendaraan untuk diamankan. Pasalnya, area satu ini sangat rentan menyebabkan terjadinya korsleting bila terkena air. Untuk itu, kamu harus membungkusnya menggunakan plastik. Pastikan, setiap bagian dibungkus dengan rapat agar air tidak memasuki celah pembungkus. 

Kamu juga bisa merekatkan plastik pembungkus dengan komponen kelistrikan mobil tersebut menggunakan isolasi. Bahkan, kamu tak perlu ragu untuk membungkus kabel-kabel yang mengelupas menggunakan isolasi khusus.

  1. Pakai air tekanan rendah

Selanjutnya basahi mesin dengan air mengalir dengan tekanan rendah. Ini dilakukan agar menghilangkan sisa-sisa debu yang masih menempel di sudut-sudut mesin. Selain itu, agar memudahkan membersihkan sela-sela mesin yang cukup sulit dijangkau. 

Saat melakukan tahapan ini, hindari menggunakan semprotan air bertekanan tinggi. Karena bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil yang dibersihkan akibat masuknya air. Untuk itu, pastikan agar tekanan air benar-benar rendah.

  1. Gunakan cairan pembersih khusus

Tahapan selanjutnya adalah membersihkan area mesin mobil dengan sabun khusus untuk mencuci mesin mobil (engine degreaser). Cairan pembersih semacam ini memang diformulasikan khusus untuk menghilangkan kotoran pada bagian mesin mobil. Biasanya, cairan ini aman dan tidak akan merusak mesin mobil. 

Pastikan sebisa mungkin untuk menggunakan produk pembersih khusus mesin mobil bukan yang lain. Sebab, alih-alih membersihkan produk yang salah bisa menimbulkan banyak masalah pada mesin mobil. 

Cara yang paling efektif saat membersihkan mesin mobil adalah dengan menyemprotkannya langsung ke mesin yang kotor. Selanjutnya, gunakan sikat halus untuk menyikat bagian mesin agar kotoran yang membandel cepat rontok.

Setelah itu, segera bilas bagian mesin menggunakan air mengalir untuk menghilangkan segala bentuk kotoran yang tersisa. Tahapan ini juga untuk membilas sisa sabun di sekitar area mesin. 

Nah, jika di rumah ada kompresor angin, tak ada salahnya menggunakan alat tersebut untuk membantu membersihkan sisa air di bagian sempit yang tak terjangkau. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 08 Okt 2021 | 15:30 WIB
Bagikan