Spion mobil
Spion mobil

Ini Fungsi Fitur Auto Dimming Pada Spion

16 Agt 2019 | 17:01 WIB
BAGIKAN

Silau karena sinar lampu saat berkendara di malam hari memang menjengkelkan. Apalagi arah sinarnya datang dari mobil yang ada di belakang. Hal ini karena sinar lampu dari mobil belakang mengenai spion tengah yang berimbas pada suasana kabin menjadi terang. Sinar lampu yang menyilaukan mata bisa berdampak buruk bagi si pengendara. Nah untuk itu, ada salah satu fitur yang bisa membuat kamu tidak silau lho ketika lampu dim mobil belakang menyorot mobil kamu.


Baca juga: Ganti warna lampu kendaraan, jangan asal ada aturannya


Fitur yang satu ini mungkin tidak banyak orang yang tahu karena masih jarang ditemui pada beberapa mobil tetapi bagi anda yang suka menonton review mobil pasti sudah tidak asing dengan istilah fitur yang satu ini. Sesuai dengan pengertian dari namanya sendiri dimana auto berarti otomatis dan dimming / dim yang berarti redup, jadi dapat diartikan redup secara otomatis.

Ini Fungsi Fitur Auto Dimming Pada Spion

Auto Dimming atau lebih lengkapnya disebut Auto Dimming Rear View Mirror adalah sebuah fitur perkembangan teknologi untuk meredupkan kaca spion tengah mobil secara otomatis dengan tujuan menghindari terjadinya silau penglihatan pada pengemudi atau driver akibat sorotan sinar lampu mobil lain yang berada di belakang disaat malam hari. 

Fitur auto dimming juga dikenal dengan istilah ECM yaitu Electrochromatic Mirror. Kejadian mata silau akibat adanya sorotan lampu oleh kendaraan di belakang mobil tentunya sering dialami bagi Sahabat yang biasa berkendara dengan mobil di malam hari. Sinar lampu kendaraan di belakang mobil yang mengenai kaca spion tengah mobil akan memantulkan cahaya tersebut pada mata sehingga mengganggu penglihatan. Selain itu, tentunya kamu juga akan mengalami kesulitan jika ingin melihat keadaan di belakang mobil dengan melihat kaca spion tengah.

Ini Fungsi Fitur Auto Dimming Pada Spion

Biasanya untuk mengatasi keadaan di atas, pengemudi melakukan solusi dengan menurunkan kaca spion tengah agar dapat mengurangi pantulan silau cahaya tetapi cara tersebut kurang optimal karena kita akan tetap merasa kesulitan untuk dapat melihat ke belakang. Untuk itu, fitur Auto Dimming ini hadir dengan teknologi dapat meredupkan kaca spion tengah mobil secara otomatis ketika mendeteksi adanya berkas cahaya yang menyilaukan dengan intensitas tinggi.

Ini Fungsi Fitur Auto Dimming Pada Spion

Ketika sensor mendeteksi adanya cahaya silau maka kaca akan meredup menjadi agak gelap-gelapan dengan tujuan mengurangi efek berkas cahaya yang dipantulkan oleh sinar lampu kendaraan di belakang mobil anda. Namun ketika berkas cahaya tersebut mulai berkurang, maka kaca spion akan kembali dalam keadaan normal dengan sendirinya.

Foto: Garasi.id



Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 16 Agt 2019 | 17:01 WIB
BAGIKAN