Lakukan Proses Perawatan Ban Mobil Secara Telaten
Lakukan Proses Perawatan Ban Mobil Secara Telaten

Ini Gejalanya Ban Mobil Kamu Harus Diganti Baru

11 Mar 2022 | 10:00 WIB

Kondisi ban mobil Kamu sangat mempengaruhi keselamatan perjalanan ya, Sahabat Garasi. Untuk itu, Kamu harus perhatikan benar-benar kondisi ban mobil Kamu. Bukan hanya tidak nyaman saat digunakan, ban mobil yang tidak layak juga membahayakan keselamatan Kamu lho.

Begitu banyak penyebab kecelakaan yang terjadi karena hal-hal sepele yang seharusnya bisa ditanggulangi. Salah satunya, kondisi ban mobil Kamu. Banyak yang menyepelekan kondisi ban mobil sehingga banyak pengendara yang tidak tahu bahwa ban harus diganti. Padahal, sebagai pengendara yang mementingkan keselamatan, Kamu wajib mengetahui gejala-gejala ban mobil harus diganti.


Ganti Ban Mobil Dengan Jenis Yang Tepat

Ganti Ban Mobil Dengan Jenis Yang Tepat


Apa saja sih gejalanya? Yuk cek di sini:

1.    Permukaan Ban Mobil

Kamu tahu kan dengan alur ban mobil, fungsinya agar ban tidak licin saat dipakai berkendara, terlebih lagi ketika hujan. Nah, Kamu harus selalu memperhatikan alur ban ini, jika sudah mulai menipis dan datar, maka itu adalah gejala ban mobil harus diganti. Jika membiarkan ban mobil Kamu botak, maka akan cepat bocor dan juga bisa terjadi selipan saat berkendara. Parahnya adalah ban mobil botak bisa pecah ketika sudah terlalu panas di jalanan. Ini yang membahayakan keselamatan Kamu.

2.    Ada Benjolan

Pasti Kamu sudah sering melihat benjolan di ban mobil. Tapi tahukah Kamu bahwa sebenarnya hal itu berbahaya. Sebab, benjolan ban mobil akan memancing ban untuk meledak jika terus digunakan dalam kondisi yang panas. Penyebab ban mobil bisa benjol adalah pengaturan angin ban yang tidak sesuai atau karena ada ban terlalu bergesek dengan plat mobil. Nah, jika ban mobil Kamu ada benjolan, maka hal itu adalah tanda ban mobil harus diganti. Untuk itu, tidak ada salahnya Kamu menyempatkan waktu untuk memeriksa keseluruhan ban.

3.    Ban Mobil Retak

Jika tidak ada benjolan atau alur ban mobil masih ada, namun ada retakan pada ban maka Kamu perlu memeriksakan ke bengkel. Retakan juga bisa terjadi karena adanya suhu tinggi saat menggunakan mobil. Tidak hanya itu, retakan juga terjadi karena pergantian cuaca yang begitu ekstrim sehingga membuat ban mobil jadi lebih rapuh, terkelupas, hingga terbentuknya retakan. Nah, untuk itu hal ini juga bisa jadi tanda ban mobil harus diganti. Kamu bisa cek sendiri dan membawanya ke bengkel untuk mendapatkan informasi yang lebih tepat dari ahlinya.

4.    Indikator TWI

Jika Kamu teliti dalam memerhatikan ban mobil, maka Kamu akan menyadari indikator TWI pada ban mobil. Indikator TWI (Tread Wear Indicator) adalah tanda ban mobil harus diganti. Untuk melihat indikator TWI ini, Kamu dapat mengecek pada setiap ban mobil manapun dan dapat dilihat di bagian tepi atau bagian tengah. Untuk di bagian tepi, indikator TWI biasanya berbentuk segitiga, sedangkan indikator TWI pada bagian tengah umumnya berbentuk tonjolan.

Nah, Sahabat Garasi harus bisa merawat ban mobil dengan baik. Cara merawat ban mobil yang baik bukan hanya bagus untuk dompet Kamu, tetapi juga pengalaman berkendara. Bayangkan, jika Kamu ingin keluar kota dengan mobil lalu mengalami hal-hal yang mengganggu seperti setir yang tidak balance dan oleng pada jalan yang licin karena ban gundul. Sudah berbahaya, tidak nyaman pula.


Untuk itu, ini cara merawat ban yang tepat. Yuk simak:

·         Rotasi Ban

Terdengar sepele dan sering terlupakan, namun sebenarnya angka rotasi ban sangatlah penting untuk diperhatikan. Pada dasarnya, semakin sering roda berputar dan melewati jalan, semakin terkikis karet yang ada pada ban. Pengecekan rotasi ban pun penting untuk menyamaratakan tingkat keausan pada tiap ban.

Umumnya, pengecekan rotasi ban bisa dilakukan setiap 5000-10.000 Km di bengkel atau toko ban mobil. Selain itu, Kamu juga perlu tahu tipe ban mobil uni-direction atau bi-direction, karena setiap jenis ban mobil memiliki arah rotasi dan cara perawatan yang berbeda.

·         Kondisi Angin

Kondisi angin yang kurang bisa mengikis umur ban secara perlahan. Selain, ban mobil yang kurang angin/kempes bisa mengakibatkan overheat pada ban yang bisa berujung pada pecah ban. Untuk itu, khususnya Kamu yang akan bepergian jauh, selalu cek kondisi angin pada ban mobil untuk memperlama umur ban tersebut.

·         Spooring dan Balancing

Untuk mengetahui ban mobil harus dispooring dan balancing adalah rasakan setir mobil Kamu. Jika bergetar atau oleng, itu tandanya sudah tidak seimbang. Jika hal ini terjadi, ada baiknya Kamu harus segera ke bengkel untuk balancing. Pada proses balancing, velg ban mobil akan diberi tambahan beban (timah) agar tidak timpang antar satu ban dengan yang lainnya. Balancing penting untuk menghindari kerusakan pada bearing dan shockbreaker akibat dari ban yang sudah tidak seimbang.


Lakukan Perawatan Secara Berkala


Lakukan Perawatan Ban Mobil Secara Berkala


Sedangkan, jika mobil Kamu sudah terasa berat sebelah, maka Kamu perlu service spooring. Pada proses spooring, ban mobil akan diatur agar tetap tegak lurus sehingga tidak mengacaukan orientasi stir. Seperti pengecekan rotasi ban, kedua proses ini sebaiknya dilakukan setiap 5000-10.000 Km.

·         Cara Mengemudi

Salah satu aspek yang paling penting dalam perawatan ban mobil adalah cara Kamu mengemudikan mobil. Cara mengemudi yang ekstrim dan tidak beraturan (permainan gas yang tidak halus, manuver tajam pada akselerasi tinggi, serta mengemudi di jalur yang tidak seharusnya) akan menuakan umur ban mobil dengan cepat. Untuk itu, agar kondisi ban mobil tetap terjaga, Kamu juga harus memperhatikan gaya mengemudi.


Ini Gejalanya Ban Mobil Kamu Harus Diganti Baru

Untuk itu, sebagai komitmen Garasi.id sebagai #SolusiPuas untuk semua kebutuhan mobil anda!. Sahabat bisa mendapatkan berbagai macam servis mobil, khususnya bagian ban mobil di promo Maret Makin Greget. Promo ini berlangsung hingga 31 Maret 2022.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 12 Mar 2022 | 22:09 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotiffperawatanbanspooringdanbalancing
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family