Berkendara saat hujan
Tips berkendara saat hujan

Pengendara Mobil Harus Baca Ini Bila Tidak Ingin Tergelincir Saat Hujan

07 Feb 2020 | 12:50 WIB

Saat ini, iklim di Indonesia mulai memasuki musim penghujan. Untuk para pengendara mobil khususnya, Sahabat harus menjaga dan memberikan perhatian ekstra pada kendaraan. Jalanan menjadi tidak terkendali ketika musim penghujan datang.

Pengendara Mobil Harus Baca Ini Bila Tidak Ingin Tergelincir Saat Hujan

Ada beberapa titik khususnya daerah Ibu Kota yang mudah tergenang air. Pengendara mobil sebaiknya memahami betul kendaraannya, baik ketika terpaksa memasuki daerah yang tergenang air maupun akan memasuki genangan air. Karena hal itulah yang sering menjadi penyebab terjadinya kecelakaan dijalan. Untuk menghindari hal tersebut, Sahabat harus perhatikan beberapa tips berikut ini :

1. Periksa semua lampu kendaraan

Sebagai pengendara mobil, jangan lupa periksa semua lampu kendaraan, apakah semua lampu dapat berfungsi dengan baik. Lampu tersebut bermanfaat membantu Sahabat melihat di jarak pandang yang terbatas karena hujan. Nyalakan lampu utama meskipun siang hari dan hujan rintik-rintik. Hal ini akan membantu pengendara mobil lain melihat kendaraan Sahabat.

Pengendara Mobil Harus Baca Ini Bila Tidak Ingin Tergelincir Saat Hujan

2. Periksa kondisi tekanan udara dalam ban

Pengendara mobil wajib cek kondisi tekanan ban yang cukup, karena alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan Sahabat melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) pada saat hujan. Pengendara mobil dilarang untuk jangan mengambil resiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis. Sebagai tindakan preventif, periksa kondisi ban Sahabat seminggu sekali.

Pengendara Mobil Harus Baca Ini Bila Tidak Ingin Tergelincir Saat Hujan

3. Periksa kondisi utama komponen kendaraan 

Sebagai pengendara mobil juga wajib periksa kemudi, pedal rem, gas maupun kopling apakah sudah dalam kondisi baik atau tidak.  Berikan perawatan ekstra selama musim hujan karena untuk mengantisipasi keadaan darurat atau akibat kesalahan orang lain yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Pengendara Mobil Harus Baca Ini Bila Tidak Ingin Tergelincir Saat Hujan

4. Kurangi kecepatan kendaraan 

Pengendara mobil disarankan kurangi kecepatan dalam mengendarai kendaraan karena pada saat hujan permukaan jalan licin akibat bercampurnya oli dengan air agar ban Sahabat tidak tergelincir (slip). Mengemudikan kendaraan dalam kodisi kecepatan rendah akan membuat alur ban kendaraan Sahabat lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkeram ban lebih baik.

Pengendara Mobil Harus Baca Ini Bila Tidak Ingin Tergelincir Saat Hujan

5. Jaga jarak aman kendaraan

Sebagai pengendara mobil, Sahabat wajib jaga jarak aman dengan pengendara lain. Karena pada saat hujan jarak aman pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada kondisi kering.

Pengendara Mobil Harus Baca Ini Bila Tidak Ingin Tergelincir Saat Hujan

Berbicara soal kecepatan saat berkendara, pasti para Sahabat pengendara mobil jadi bertanya-tanya. Berapa si sebenarnya kecepatan wajar saat berkendara ketika hujan? untuk lebih jelas, yuk kita simak. 

Kecepatan wajar saat berkendara mobil ketika hujan

Cuaca yang tak menentu akhir-akhir ini membuat para pengendara harus lebih berhati-hati apalagi saat berkendara mobil saat cuaca hujan. Saat hujan, potensi kecelakaan lalu lintas menjadi lebih besar ketika berkendara mobil. Hal ini terjadi kerena jarak pandang yang minim, hingga faktor lainnya.

Karena faktor ini,  Direktur Safety Defensive Cosultant Indonesia, Sony Susmana, kecelakaan itu terjadi karena kecepatan mobil berlebihan. Sehingga kontak ban hilang karena aspal licin, ditambah gaya manuver yang kasar. "Atau ban memang sudah tidak layak pakai, jadi banyak faktor dari kecelakaan itu," ujarnya.

Pengendara Mobil Harus Baca Ini Bila Tidak Ingin Tergelincir Saat Hujan

Sonny pun menambahkan, untuk menghindari hal tersebut, hal yang paling utama harus dilkukan Sahabat para pengendara mobil adalah mengurangi kecepatan, terlebih dalam kondisi hujan. 

"Kalau hujan kecepatan saat berkendara mobil jangan melebih 40 km per jam atau bisa diturunkan 10 km per jam, tergantung kondisi jalanan. Kalau di dalam tol kecepatan maksimal 60-100 km per jam menyesuaikan kondisi lalu lintas," tuturnya seperti dilansir dari Viva.co.id, beberapa waktu lalu.

Menurutnya ini berlaku untuk semua jenis mobil, meski ground clearance tinggi seperti halnya Avanza. Karena sedan juga berpotensi mengalami kehilangan kontak ban dengan aspal apabila kecepatan berlebihan dan manuver tidak beratur.

Jadi buat Sahabat, sangat dihimbau lebih berhati-hati dan segera mengurangi kecepetan saat berkendara mobil di jalan saat cuaca hujan untuk menghindari hal yang tidak di inginkan seperti kecelakaan.

Nah Sahabat para pengendara mobil, begitulah tips yang bisa diberikan. Selamat mencoba dan tetap berhati-hati ya Sahabat saat berkendara.

Foto : Garasi.id

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelitipsberkendarakecepatanidealwajaraman40kmhujanpakargarasiidotomotif